Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Cara Gunakan Wifi SD Card Untuk Transfer Foto

Wifi SD Card_1a
Wifi SD Card. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Teknologi kamera smartphone semakin canggih dan menawarkan kemudahan dalam mengabadikan momen bersama keluarga dan teman, saat Anda sedang berlibur di pinggiran kota, bahkan dengan orang asing sekalipun. Namun tidak dapat disangkal, pengguna kamera biasa masih ada. Di era fotografi digital saat ini, kamera DSLR dulunya merupakan peralatan canggih karena mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kamera jenis lain. Seiring berjalannya waktu, teknologi kamera pocket dan mirrorless semakin berkembang dan mampu bersaing dengan DSLR. Kemudian setiap era memiliki kebutuhan yang berbeda, kualitas foto kamera biasa masih menjadi salah satu prioritas, namun saat ini pengguna kamera di era media sosial menginginkan kamera yang dapat menghasilkan foto dan video yang dapat ditransfer secara nirkabel ke ponsel, untuk mengedit. dan diunggah langsung ke Instagram atau YouTube.

Cara Kerja Wi-Fi SD Card

Kartu SD Wi-Fi adalah kartu memori yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan kartu SD biasa, perbedaannya terletak pada fiturnya, dimana kartu SD Wi-Fi sudah mendukung jaringan nirkabel untuk mentransfer foto dan video.

Fitur ini memungkinkan foto dan video yang tersimpan di dalamnya dapat ditransfer langsung ke smartphone atau laptop tanpa harus melepasnya dari kamera dan tanpa menggunakan kabel data sebagai perantara.

Kapasitas memori produk Wi-Fi SD Card sama saja, mulai dari 8GB, 16GB, 32GB, dan lainnya. Selain itu, ada produk Wi-Fi kartu SD tanpa memori internal. Sedangkan untuk yang terakhir biasanya dilengkapi dengan slot kartu microSD sehingga fungsi utamanya adalah sebagai adaptor. Pengoperasian kartu SD Wi-Fi sedikit berbeda dari kartu SD biasa.

Karena menggunakan jaringan nirkabel, kartu SD Wi-Fi biasanya dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang dapat dipasang di smartphone. Melalui aplikasi ini, proses transfer foto dan video bisa dilakukan.

Baca juga: Tips Beberapa Cara Tambah Kapasitas Memori Internal Ponsel

Cara Menggunakan Wi-Fi SD Card

Wifi SD Card_2b

Wifi SD Card. (Sumber: Made in China)

Budaya YouTube dan media sosial membuat para pembuat konten masa kini semakin sibuk berlomba menampilkan konten terbaiknya dengan target waktu posting sedini mungkin. Istilah kerennya, Fear of Missing Out (FOMO).

Saat ini kita memang bisa mengandalkan kamera smartphone, tetapi beberapa kreator konten lebih suka menggunakan DSLR atau kamera mirrorless. Jika Anda memiliki anggaran lebih, kamera dengan kemampuan Wi-Fi bisa menjadi pilihan karena cepat dan efisien dalam mentransfer foto atau video.

Jika kamera tidak memiliki fungsi Wi-Fi, solusi yang bisa Anda pilih adalah menggunakan kartu SD Wi-Fi. Memang, beberapa kamera menggunakan kartu memori jenis lain, tetapi pada umumnya kartu SD paling banyak digunakan. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat memeriksa dan memastikan sebelum membeli.

Inilah yang harus diperhatikan dan cara menggunakan kartu SD Wi-Fi untuk mentransfer foto dan video ke smartphone.

  • Pastikan kamera menggunakan jenis kartu memori SD Card.
  • Pastikan kamera yang digunakan sudah kompatibel dengan Wi-Fi SD Card.
  • Install aplikasi bawaan Wi-Fi SD Card ke smartphone.
  • Pasang Wi-Fi SD Card ke dalam slot kartu memori pada kamera.
  • Pada pengaturan kamera, gunakan mode “remote” agar kamera tetap menyala meski tidak digunakan memotret.
  • Bila ingin mengambil gambar, gunakan kamera seperti biasa untuk memotret atau merekam video.
  • Untuk melakukan transfer foto atau video ke smartphone, pastikan jaringan Wi-Fi di hp sudah diaktifkan.
  • Proses pemindahan foto atau video akan terlihat di layar smartphone. Tunggu hingga selesai.
  • Foto atau video dari kamera sudah disalin ke smartphone dan siap untuk diedit.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Jakarta, Unbox.id — Menurut laporan terbaru dari berbagai sumber, Huawei kabarnya sedang berupaya memperkenalkan perangkat penyimpanan data canggih miliknya. Perangkat penyimpanan canggih tersebut adalah...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Asus baru-baru ini telah merilis stasiun dok Thunderbolt 4 baru yang mereka namai sebagai Triple 4K Thunderbolt 4 Dock DC500.  Ini...

Hardware

Jakarta, Unbox.id – XGIMI telah merilis proyektor 3-in-1 yang mengesankan bersama dengan proyektor lainnya dengan kecerahan maksimum di AS. XGIMI Aladdin adalah proyektor 3-in-1...

LG

Jakarta, Unbox.id – Menjelang CES 2024, LG telah mengumumkan banyak perangkat baru. Ini termasuk laptop LG Gram Pro 2024 , TV LED Mini ,...