Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

ARM Luncurkan Sederet CPU Generasi Terbaru dengan Performa Mumpuni

ARM
ARM perkenalkan sederet CPU terbaru | foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Salah satu pengembang teknologi perangkat elektronik, ARM telah resmi merilis beberapa model prosesor terbaru di pekan ini. Perusahaan meluncurkan CPU terbaru ini pada ajang pameran teknologi Computex 2023 di Taiwan.

Ada 3 jenis perangkat CPU ARM yang mereka perkenalkan, yakni Cortex-X4, Cortex-A720 serta Cortex-A520. Ketiga perangkat ini akan menjadi prosesor andalan bagi flagship terbaru buatan Mediatek selanjunya, yang tentunya membuat perangkat semakin mumpuni.

Baca juga: Meta Meluncurkan Perangkat Virtual Reality Terbaru, Meta Quest 3

Kendati tiga prosesor buatan ARM tersebut memiliki nama yang variatif, akan tetapi semua punya kesamaan yang mendasar. Kesamaan di antara ketiganya adalah arsitektur 64 bit yang memiliki fungsi tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya.

ARM Mengklaim Performa yang Lebih Mumpuni

CPU Cortex-A4 memiliki kemampuan luar biasa dengan menunjang beban kinerja perangkat smartphone lebih bertenaga dan kencang. Kecepatan pemrosesan dapat mencapai angka 3,4 GHz. Performa ini lebih cepat dari CPU Cortex-A3 pada level daya yang setara.

Setelah itu, CPU Cortex-720 yang menjadi prosesor dengan daya kerja ringan, tidak banyak memakan ruang sistem pada ponsel. ARM sendiri mengakui bahwa CPU tersebut memiliki efisiensi sebesar 20 persen daripada tipe Cortex-A715.

Baca juga: Tengok Laptop Asus Intel Gen 13 Terbaru Dengan RTX 40 Series

Kemudian, ada CPU Cortex-A520 yang cocok untuk mengatasi bermacam-macam aplikasi yang beroperasi di latar belakang. Pengoperasian sistem yang ada di ponsel juga dapat berjalan lancar tanpa membuang banyak tenaga pada baterai.

Informasi Lainnya

Setelah ini, ketiga prosesor tersebut dapat berkolaborasi dalam satu jenis chipset menggunakan bantuan dari DSU-120. DSU-120 sendiri adalah teknologi yang dapat mengolah chipset untuk memanfaatkan tenaga dari beberapa CPU dari berbeda jenis.

Untuk konfigurasinya, perangkat bisa memiliki delapan inti dengan paduan 1+5+2. Artinya para pengembang teknologi CPU ini dapat melakukan konfigurasi pada satu jenis prosesor dari gabungan ketiganya.

Tidak hanya di CPU saja, kabarnya perusahaan juga merilis beberapa sistem pengolah grafis alias GPU terbaru. Setidaknya ada 3 GPU yang akan meluncur pada generasi kelima seri tersebut. Ketiganya adalah Immortals-G720, GPU Mali-G720 dan Mali-G620.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon 7+ Gen 3 yang dilengkapi dengan kemampuan AI umum pada perangkatnya. Dijelaskan bahwa chipset Snapdragon ini mampu menjalankan...

Infinix

Unbox.id – Infinix akan mengirimkan chip Cheetah X1. Chip ini akan digunakan untuk meningkatkan manajemen daya di seri smartphone mereka yang akan datang. Infinix...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Qualcomm baru-baru ini mengumumkan agenda konferensi peluncuran produk baru pada hari Senin, tanggal 18 Maret 2024. Rencananya, mereka akan meluncurkan prosesor...

Software

Jakarta, Unbox.id — MediaTek kini berhasil menyaingi dominasi SoC Snapdragon dari Qualcomm dengan seri Dimensity 9000 miliknya. Hal ini terbukti dari skor milik Oppo...