Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

2 Cara Transfer Pesan SMS dari iPhone ke Android

2 Cara Transfer Pesan SMS dari iPhone ke Android (sumber: howtogeek.com)
2 Cara Transfer Pesan SMS dari iPhone ke Android (sumber: howtogeek.com)

Jakarta, Unbox.id – Saat ini, pesan SMS mungkin terdengar sedikit aneh karena sudah sangat jarang sekali orang menggunakan pesan SMS untuk berkomunikasi. Hal itu berkat adanya aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram dan sebagainya. Namun jika Anda memiliki pesan SMS penting dan hendak memindahkankannya ke perangkat lain, berikut terdapat 2 metode yang dapat Anda ikuti dengan mudah.

Menggunakan iTunes dan iSMS2Droid Android

iSMS2Droid (sumber: ios-data-recovery.com)

iSMS2Droid (sumber: ios-data-recovery.com)

Selain memutar media, iTunes dapat membantu Anda mengelola data Anda di iPhone dan mengambil cadangan yang diperlukan. Setelah dicadangkan, Anda dapat memilih file SMS dan memulihkan semua percakapan Anda menggunakan aplikasi iSMS2Droid di Android. Berikut ini adalah beberapa langkahnya.

  • Instal iTunes dan sambungkan iPhone ke PC Anda.
  • Klik ikon Perangkat di sebelah tombol Musik untuk melihat detail iPhone Anda yang terhubung.
  • Selanjutnya, pilih opsi ‘This Computer’ di bawah bagian ‘Automatically Back Up’ dan klik tombol ‘Back Up Now’ untuk membuat cadangan baru iPhone dan di PC Anda. Pastikan untuk Hapus centang pada ‘Encrypt Local Backup’.
  • Jika pencadangan iPhone Anda selesai, buka aplikasi File Explorer di PC Windows Anda dan arahkan ke folder berikut: C:\Users\paras\AppData\Roaming\Apple Computer\MobileSync\Backup

Baca juga: Cara Lihat dan Bagikan Password Wifi di iOS 16

  • Lalu cari folder bernama 3D dan cari nama file yang diakhiri dengan angka ’28’ dan copy file tersebut. File ini berisi semua Pesan SMS dari cadangan iPhone Anda.
  • Selanjutnya, transfer file ke perangkat Android Anda melalui kabel untuk penyimpanan file atau bisa menggunakan Google Drive.
  • Sekarang, instal Aplikasi iSMS2Droid di perangkat Android Anda dan ketuk opsi ‘Import Messages’.
  • Lalu berikan izin akses aplikasi yang diperlukan dan telusuri file cadangan yang Anda transfer sebelumnya.
  • Ketuk tombol ‘Import All’ dari pop-up untuk memindahkan semua SMS dari iPhone Anda ke aplikasi perpesanan Android Anda.

Baca juga: Cara Gunakan Fitur Action Mode di iPhone 14

Menggunakan CopyTrans

CopyTrans (sumber: informer.com)

CopyTrans (sumber: informer.com)

CopyTrans adalah merupakan aplikasi alternatif yang juga dapat mengekspor pesan SMS dari iPhone Anda ke Android. Meskipun aplikasi ini hadir dengan fungsionalitas terbatas, Anda tetap dapat mengekspor pesan iPhone dalam berbagai format untuk melihatnya di perangkat apa pun. Berikut ini adalah beberapa langkahnya.

  • Instal aplikasi CopyTrans di PC Anda dan buka aplikasinya.
  • Selanjutnya, instal aplikasi CopyTrans Contacts dan klik tombol Mulai.
  • Hubungkan iPhone Anda ke PC menggunakan kabel dan beralih ke tab Pesan untuk memuat semua pesan di iPhone Anda. Agar aplikasi ini berfungsi dengan baik, Anda terlebih dulu harus mencadangkan iPhone Anda ke PC menggunakan iTunes.
  • Selanjutnya, pilih pesan yang diinginkan dalam daftar dan klik tombol Ekspor di bagian atas.
  • Terakhir, pilih format ekspor dan transfer ke perangkat Android Anda untuk melihatnya. Untuk hasil terbaik, Anda dapat mengekspor pesan dalam format PDF atau Halaman Web untuk melihat percakapan dengan mudah melalui berbagai perangkat.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: howtogeek.com, informer.com, ios-data-recovery.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami masalah saat dibuka. Beberapa pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplikasi menampilkan layar hitam, sehingga pengguna tidak...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...