Kamera Panasonic Video

Review Panasonic ZS100, Kamera Compact All Around

Ada banyak kamera compact yang mumpuni baru-baru ini di pasaran. Dari deretan kamera yang ada tersebut, kami ingin mengulas lebih jauh lagi tentang kamera compact Panasonic ZS100, yang tidak lain merupakan salah satu deretan kamera terbaik pada tahun 2017 ini. Ya, ia bisa disebut sebagai entri baru yang kuat ke dalam pasar kamera compact dengan zoom yang besar dan merupakan kamera seri ZS pertama yang menyertakan lensa sensor tipe 1 yang mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat mengesankan. Dengan lensa zoom 10x dan beragam fitur video dan foto 4K yang serbaguna, menjadikannya sebagai salah satu kamera traveling terbaik untuk saat ini. Berikut ini review lebih jauh tentang kamera Panasonic ZS100:

Spesifikasi utama

Basic Specifications
Full model name: Panasonic Lumix DMC-ZS100
Resolution: 20.10 Megapixels
Sensor size: 1 inch
(13.2mm x 8.8mm)
Lens: 10.00x zoom
(25-250mm eq.)
Viewfinder: EVF / LCD
Native ISO: 125 – 12,800
Extended ISO: 80 – 25,600
Shutter: 1/16000 – 60 seconds
Max Aperture: 2.8
Dimensions: 4.4 x 2.5 x 1.7 in.
(111 x 65 x 44 mm)
Weight: 10.9 oz (309 g)
includes batteries
Availability: 03/2016
Manufacturer: Panasonic

Desain

Dengan kamera digital Lumix ZS100, Panasonic merubah seri ZS yang sudah berjalan lama dengan menjadikannya model pertama dalam jajaran ZS yang berbasis pada sensor gambar 1 inci yang relatif besar, bukan sensor 1/2.3-inch atau lebih kecil lagi. Yang nampaknya dirancang untuk bersaing dengan kamera yang berorientasi antusias dari kamera Canon, Nikon dan Sony.

Mungkin tidak kebetulan, sensor Panasonic ZS100 memiliki resolusi efektif 20,1 megapixels, sama seperti pada FZ1000 dan CM1. Namun, alih-alih memasangkan sensor gambarnya ke lensa zoom optis 16x yang kuat dengan aperture maksimal f / 2.8-4.0 yang terang seperti pada FZ1000, Panasonic juga memilih lensa zoom 10x dengan aperture maksimal, dari f / 2.8 pada sudut lebar sampai f/5,9 dengan posisi telephoto. Dengan perubahan tersebut, kamera ini menjadi jauh lebih kecil dari kamera  FZ1000. Faktanya, Panasonic ZS100 hanya berjarak sepersepuluh inci lebih besar di setiap arah daripada pesaing populer, Sony RX100 IV. Dan kamera Panasonic ini telah tersedia sejak Maret 2016 dalam warna hitam dan perak serta dibenderol dengan harga sekitar USD700-600.

Perfoma

Karena Panasonic ZS100 adalah kamera seri ZS pertama dengan sensor 1 inci, yang menempatkan ZS100 ini mengebrak persaingan yang sangat ketat di pasar kamera kompak premium. Ya, kamera Panasonic ini terbukti menunjukkan dirinya terbaik dengan menawarkan perpaduan yang berbeda antara ukuran kamera, ukuran sensor dan rentang zoom.

Meskipun memiliki lensa zoom 10x, jendela bidik built-in dan sensor CMOS tipe 1, Panasonic ZS100 mempertahankan desain compactnya, meskipun tidak seramping kamera Sony RX100. Namun masih pas dengan mudah di simpan di saku baju atau celana Anda. Namun sayangnya, Pada permukaan body halus masih terasa licin, hanya sedikitbahan cengkeraman atau pelapis di sekitar area handgrip akan berjalan jauh. Tombol juga tidak terasa bagus, tapi kamera memang menawarkan banyak kontrol dan cepat merespon.

Tetapi dari sisi perfoma , Panasonic ZS100 ini menawarkan pengalaman pengguna yang baik karena kinerjanya. Ya, ZS100 memberikan pengalaman pengguna secara keseluruhan dengan baik. Yang menarik, meski beberapa pertunjukan mengecewakan pada akhir yang lebih panjang, adalah lensa bermerek DC Vario-Elmarit 25-250mm setara f / 2.8-5.9. Lensa zoom optik 10x ini memberikan banyak fleksibilitas, secara dramatis lebih banyak daripada yang Anda dapatkan dari lensa rasio zoom 2.92x yang ditemukan di Sony RX100 IV, misalnya. Ini sebenarnya menawarkan zoom lebih banyak daripada yang akan Anda temukan di Sony RX10 II.

Namun ada efek samping yang tidak menguntungkan dari pengepakan zoom 10x ke dalam laras lensa kompak yang berarti lensa ini bukan lensa cepat untuk telephoto. Bukaan maksimum dimulai pada f/2.8 memang bagus, tapi mudah cepat turun hingga f/4,1 dengan panjang fokus 50mm dan f / 5.6 x 123mm. Dari 160 sampai 250mm, aperture maksimum adalah f/5.9, yang cukup redup untuk semua kecuali cahaya terbaik. Selanjutnya, saat memotret pada 250mm, lensa agak lembut di seluruh bingkai. Namuan ada hal yang bagus, yakni fiturjendela bidik elektronik-nya. Fitur ini belum termasuk mengesankan , namun tapi tetap berguna untuk dimiliki karena hal ini cukup tajam juga, dengan resolusi 1.160K, dan memberikan cakupan pandang 100%. Jadi, alih-alih menggunakan EVF kecil, Anda bisa menggunakan layar sentuh 3 inci fixed-camera dari kamera. Layar sentuh terbukti bekerja sangat baik di lapangan, namun artikulasi penuh atau bahkan tampilan miring pasti menyenangkan.

Sebagai kamera compact premium, Panasonic ZS100 ini perlu untuk tidak hanya tampil dengan baik bagi fotografer yang antusias, tapi juga bagi mereka yang ingin menggunakan kamera dalam mode otomatis sepenuhnya. Pilihan cerdas beberapa kamera, center-weighted dan spot metering banyak bekerja dengan baik dalam berbagai kondisi. Sementara di sisi perfoma sensor tipe sensor 20,1 megapiksel pada kamera Panasonic  memberikan hasil yang baik Serupa dengan itu, sensor CMOS tipe 1 “tipe 20.1 megapiksel’, kamera bisa menangkap gambar padat yang agak lembut dari kamera karena penajaman kamera konservatif dan lensa yang agak lembut. Namun, detailnya masih bagus untuk kamera kelas ini. Seperti hasil gambar berikut ini;

250mm equivalent (91mm actual), f/6.3, 1/1000s, ISO 125

Untuk kamera compact te=ravelking dengan zoom besar, Panasonic ZS100 menawarkan performa ISO tinggi yang mengesankan. Sensor tipe 1 yang relatif besar (dibandingkan sensor 1/2.3 ” yang ditemukan pada saudara kandung ZS100, ZS60) membantu mempertahankan kualitas gambar yang dapat diterima melalui ISO 1600. Pada ISO 3200, sensor mencapai batasnya, dan Pengurangan kebisingan menghilangkan banyak detail halus pada gambar. Terlebih pada ISO 6400, 12800 dan 25600 semuanya menghasilkan gambar yang buruk secara keseluruhan. Meskipun demikian, mengingat kinerjanya di ISO 1600 yang tetap menghasilkan gambar yang bagus, Menjadikan adalah kamera ini bisa dihandalkan sebara kamera saku yang bisa dihandalkan dalam traveling Anda.

25mm equivalent (9.1mm actual), f/3.5, 1.6s, ISO 125

Terlebih pada performa autofocus cukup bagus pada Panasonic ZS100 karena kinerja tetap bisa dihandalkan dan konsisten, meskipun tidak canggih atau bagus dalam melacak subjek yang bergerak. Ya, kinerja autofocus single-shot-nya sangat cepat, terutama untuk kamera yang hanya menggunakan kontras mendeteksi autofocus.Hal tersebut dikarenakan fitur autofocus 49 titik-nya bekerja dengan baik dengan autofocus 1 area dan layar sentuh hingga memindahkan titik autofocus disekeliling layar sangatlah sederhana dan intuitif begitupun dengan memindahkan area eksposur otomatis di layar juga.

Dari sis kinerja teknisnya, kamera compact panasonic ini sangat bagus untuk kelasnya. Kenapa? Karena Panasonic ZS100 dapat merekam JPEG hampir 10 frame/detik dan dapat merekam gambar RAW sekitar 9.5fps. Kecepatan mengesankan ini dengan autofocus terkunci. Dengan autofocus terus menerus, ZS100tentu saja bisa melambat hingga 5fps. Perlu dicatat bahwa pembersihan buffer dan kinerja keseluruhan dapat dipengaruhi oleh sejumlah variabel, termasuk kartu SD yang digunakan. Selain mode pemotretan resolusi penuh,Panasonic  ZS100 juga menawarkan mode Super High Speed ​​(HS) yang merekam gambar JPEG 5 megapiksel pada kecepatan 50fps selama 60 frame.

77mm equivalent (25mm actual), f/5.0, 1/800s, ISO 125

Waktu tembakan tunggal sangat cepat dan performa keseluruhan sangat bagus untuk kelasnya. Kami menemukan bahwa hampir setiap aspek kinerja teknisnya, mulai dari siklus hingga kecepatan autofokus sangat mengesankan. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah baterai yang agak mengecewakan yang hanya mampu 300 tembakan saat menggunakan LCD dan 260 tembakan saat menggunakan EVF. Tetapi ini adalah hasil yang layak, karena Andapun mbisa menggunakan baterai kedua yang sesuai dengan liburan traveling anda nantinya.

Fitur 4K Foto dan Video serta kualitasnya

Video 4K serta fitur Foto 4K telah menjadi bagian besar kamera Panasonic terbaru tidak terkecuali seri ZS ini. Video 4K dapat direkam sampai 30fps dan video 1080p sampai 120fps, dan kami menemukan bahwa kinerja video 4K cukup baik. Kecepatan video dan kecepatan autofokus sangat mengesankan, namun yang lebih mengesankan adalah variasi mode video 4K dan 4K yang tersedia, terutama mengingat harga dan kelas kamera ini. Berikut hasil tes sample video dari Panasonic ZS100;

Fitur 4K Live Cropping pada ZS100 ini, memungkinkan Anda mengubah area zoom dan crop dari bingkai 4K dan merilis video 1080p. Dan fitur foto 4K termasuk merekam gambar 8 megapiksel (4K) hingga 30fps dan 4K post-focus ini memungkinkan Anda merekam semburan gambar, dan tentunya semua dengan titik fokus berbeda, untuk memilih titik autofocus yang ditentukan.

Kesimpulan

Setelah membahas esain dan prerfomanya, kali ini kita bisa mengambil mennarik simpul bahwa Panasonic ZS100 memang bisa dijadikan kamera compact traveling dengan fitur video dan foti yang serba guna dan menyenangkan liburan Anda bersama keluarga, teman ataupun sang kekasih. Jadi intinya, kamera Panasonic ZS100 adalah kamera berkemampuan dan serbaguna yang hanya memiliki sedikit kekurangan yang tentu saja masih bisa diabaikan perfomanya yang cukup luar biasa untuk kamera compact di kelasnya.

Nilai Plus

– Bodi kamera compact kokoh

– Lensa zoom 10x yang serbaguna

– Kinerja ISO tinggi yang relatif baik

– Kinerja autofocus yang cepat

– Banyak fitur video dan foto 4K yang bagus.

Minusnya

– Fitur Lensa dengan fokus yang lebih panjang yang agak sulit

– Tidak ada tampilan miring pada layar sentuhnya

– Jendela bidik elektronik kecil

– Bodi kamera masih terasa agak licin.

 

Related posts

Panasonic Hadirkan Bioskop di Rumah dengan 4K TV GX800

Irianto Bina Dirgantara

Canon Patenkan Penutup Lensa Anti Hilang

Yuriantin

Firefox Send, Transfer File Gratis Hingga 2,5GB

Leave a Comment