Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Sony PlayStation 5 Pro Rilis September 2024, Simak Bocoran Spesifikasinya

Sony
Bocoran Sony Playstation 5 Pro | foto: Gizmochina

Jakarta, Unbox.id – Perang konsol generasi kesembilan terus berlanjut dengan kecepatan penuh. Sony, Nintendo, dan Microsoft bersaing ketat untuk menjual lebih banyak konsol, game, dan langganan bulanan. Namun, waktu terus berjalan dan teknologi berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. 

Misalnya, Switch yang akan rilis pada tahun 2017 sudah cukup ketinggalan jaman, dan penggantinya saat ini sudah dalam penantian. Dan situasinya tidak jauh berbeda di bagian depan PS5. Meski baru muncul dalam pengumuman pada November 2020, dan belum ada rilis game seperti GTA VI, perangkat tersebut sudah menunjukkan umurnya. 

Pengungkapan yang bocor menunjukkan bahwa inilah alasan Sony bersiap untuk menyegarkan teknologinya dengan produk sementara. Berikut spesifikasi teknis PlayStation 5 Pro. Berikut detailnya…

Bocoran PlayStation 5 Pro Sony yang Akan Datang

Dengan adanya pengumuman rilis GTA VI yang akan hadir pada tahun 2025, rumor mengenai PlayStation 5 Pro pun semakin meningkat. Oleh karena itu, Sony bertujuan untuk memanfaatkan momentum di balik game tersebut, yang awalnya akan eksklusif untuk konsol.

Baca juga: Gionee Rilis OpenAir Open-Back Headphones dengan Pemutaran Hingga 48 Jam

Perusahaan berencana untuk meluncurkan konsol baru mereka pada akhir tahun 2024. Selain itu, bocoran spesifikasinya telah bermunculan hingga saat ini, termasuk beberapa detail teknisnya baru-baru ini. Kini, semakin banyak informasi yang muncul di forum.

Bocoran baru di forum ResetEra telah mengungkap dugaan detail dan spesifikasi tambahan untuk model PS5 Pro Sony mendatang. Kabarnya, ia akan rilis pada September 2024. Informasi tersebut berasal dari seorang pengguna yang mengaku mendapatkan detail tersebut dari sumber terpercaya. Berikut adalah hal-hal penting dari kebocoran tersebut:

  • Viola terkenal di TSMC N4P.
  • GFX1115
  • CPU Viola mempertahankan arsitektur zen2 yang terdapat di PS5 untuk kompatibilitas, tetapi frekuensinya akan kembali dinamis dengan puncak 4,4GHz. 64 KB cache L1 per inti, 512 KB cache L2 per inti, dan 8 MB L3 bersama (4 MB per CCX).
  • Mati Viola adalah 30WGP ketika menyala sepenuhnya, tetapi hanya akan memiliki 28WGP (56 CU) yang aktif untuk silikon di unit ritel PS5 Pro.
  • Trinity adalah puncak dari tiga teknologi utama. Penyimpanan cepat (kompresi dan dekompresi yang lebih cepat di perangkat keras, sudah menjadi teknologi utama PS5), penelusuran sinar yang lebih cepat.

Baca juga: Redmi Luncurkan Speaker Komputer Dengan Konfigurasi Akustik 4 Unit

  • Arsitekturnya adalah RDNA3, tetapi memerlukan peningkatan penelusuran sinar dari RDNA4. Traversal BVH mengandalkan perangkat keras RT khusus daripada sepenuhnya bergantung pada shader. Ini juga akan mencakup penataan ulang thread untuk mengurangi perbedaan data dan eksekusi, mirip dengan Ada Lovelace SER dan TSU Intel Arc.
  • 3584 shader, 224 TMU, dan 96 ROP.
  • 16GB dari GDDR6 18GBps. Bus memori 256-bit dengan bandwidth memori 576 GB/s.
  • Target frekuensi GPU adalah 2,0 GHz. Hal ini menempatkan TFLOP terbitan ganda di kisaran 28,67 puncak TFLOP (224 (TMU) * 2 (operasi, terbitan ganda) * 2 (jam inti)). 14.33 TFLOP jika kita mengabaikan faktor masalah ganda.
  • Peningkatan rasterisasi sebesar 50-60% ketimbang Oberon dan Oberon Plus, dua kali lipat kinerja RT mentah.
  • NPU XDNA2 akan muncul dengan tujuan mempercepat teknik peningkatan pembelajaran mesin temporal buatan Sony. Ini akan menjadi salah satu fokus inti PS5 Pro, seperti yang kita lihat pada rendering kotak-kotak untuk PS4 Pro. Tujuannya adalah output 4K yang meningkat dan stabil secara temporer pada lebih tinggi dari 30 FPS.
  • Pengungkapan September 2024

Sumber: Gizmochina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — ViewSonic telah meluncurkan monitor ultra lebar melengkung baru, VX4518, dengan layar besar 44,5 inci dengan rasio aspek 32:9. Monitor ini saat...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Spesifikasi PS5 Pro yang bocor menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan, membuat marah Sony. Investigasi telah diluncurkan untuk menemukan pelakunya. Saat ini Sony...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – PlayStation 5 Pro diperkirakan akan segera dirilis. Sejumlah bocoran mengenai konsol terbaru Sony mulai tersebar. Sebagai informasi, PlayStation 4 Pro dirilis tiga...

Tech Industry

Unbox.id – Setelah Sony meraih kesuksesan di bisnis konsol game PS5, perusahaan asal Jepang tersebut dikabarkan akan meluncurkan penggantinya, PlayStation 6. Ada rumor yang...