Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Widget Alami Kesalahan yang Mengganggu Fungsi di Seluruh Perangkat

Google
Widget Google | foto: Gearrice.com

Jakarta, Unbox.id – Pengguna Android saat ini menghadapi tantangan tak terduga dengan widget At a Glance Google. Alat praktis ini, yang biasanya merupakan kebutuhan pokok untuk akses informasi cepat di layar beranda Android, tidak berfungsi di berbagai perangkat. 

Kesalahan ini muncul dalam berbagai bentuk, beberapa di antara pengguna menyaksikan widget muncul sebentar sebelum menghilang. Sementara sebagian yang lain mengalami crash, dan beberapa merasa widget tidak muncul sama sekali.

Baca juga: Google Meet Punya Fitur Baru, Angkat Tangan Untuk Mulai Bicara

Masalahnya memengaruhi perangkat yang menjalankan Android 12 dan yang lebih baru. Masalah ini tidak terbatas pada satu model atau merek saja; ini mencakup beberapa perangkat Android. Mulai dari Google Pixel terbaru hingga seri Samsung Galaxy dan ponsel OnePlus. 

Ancaman Kesalahan pada Widget Google 

Masalah ini juga terjadi pada versi Android yang berbeda, sehingga memengaruhi perangkat yang menjalankan Android 12 hingga Android 14. Kejadian yang meluas ini menunjukkan adanya masalah yang lebih sistemik ketimbang kasus yang terisolasi.

Google

Peringatan error pada widget Google | foto: Google Help

Pengguna Google Pixel menghadapi rintangan tambahan. Bagi mereka, menghapus widget yang tidak berfungsi dari layar beranda bukanlah suatu pilihan, sehingga membuat mereka terjebak dengan fitur yang rusak.

Baca juga: Resmi Hadir Di Indonesia, Huawei Watch FIT SE Tawarkan Fitur Kesehatan Fisik dan Mental

Yang menambah kejengkelan pengguna adalah sifat pesan kesalahan yang menyertai gangguan ini. Pesan-pesan ini sarat dengan istilah-istilah teknis, menjadikannya kurang ramah pengguna dan lebih berorientasi pada pengembang. 

Upaya Pencegahan Masalah yang Tak Terduga

Bahasa teknis ini menambah lapisan kompleksitas tambahan bagi rata-rata pengguna yang mencoba memecahkan masalah. Meskipun beberapa pengguna telah melaporkan perbaikan sementara, seperti memperbarui aplikasi Google, hal ini tidak selalu efektif, sehingga banyak yang masih mencari solusi.

Google belum secara resmi mengakui atau mengatasi masalah ini, sehingga menimbulkan kesenjangan dalam komunikasi dan penyelesaian. Situasi yang sedang berlangsung ini menyoroti tantangan dalam dunia teknologi.

Fitur-fitur yang telah tersebar secara luas dan tampaknya stabil pun dapat menghadapi masalah yang tidak terduga. Artinya, ia dapat mengingatkan penggunanya akan pentingnya kemampuan beradaptasi dan kesabaran di era digital.

Sumber: Gizmochina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

ZTE

Jakarta, Unbox.id – Di MWC 2024, ZTE memperkenalkan sejumlah perangkat baru buatan mereka. Beberapa di antaranya termasuk Pad 3D II, ponsel NubiaMusic, dan smartphone...

Huawei

Jakarta, Unbox.id – Ponsel Huawei baru, dengan nomor model FIN-AL60a, telah muncul di sertifikasi MIIT Tiongkok. Produk yang nomor modelnya telah muncul tersebut menjadi...

Tech Industry

Unbox.id – iPhone semakin mengukuhkan posisinya sebagai smartphone terpopuler di dunia. Meski Android memiliki fitur yang tak kalah menarik, namun konsumen di seluruh dunia...

Apps & Games

Unbox.id – Saat ini smartphone sudah menjadi sebuah alat yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah kebutuhan untuk mengambil foto. Masyarakat modern gemar mengabadikan...