Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Trik Mengembalikan File iPhone Yang Terhapus

cara mengembalikan file iphone yang terhapus

Last updated on 4 Desember, 2021

Unbox.idPernah tak sengaja menghapus file di iPhone? Mengembalikan file iPhone yang terhapus tak menjadi masalah jika kamu memiliki backup data tersebut.

Bila file yang terhapus adalah foto, jangan panik dulu, foto yang terhapus masih akan tersimpan dalam folder sampah yang menyimpan foto yang dihapus selama 30 hari. Untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone kamu, buka aplikasi Photos, temukan album Recently Deleted, pilih menu Select, dan pilih foto terhapus yang ingin dikembalikan dan klik Recover.

Bila rutin melakukan backup, kemungkinan besar data masih tersimpan dalam iCloud. Perlu diingat, iPhone akan mengalami restart ketika mengembalikan data dengan iCloud. Semua data baru yang tersimpan dalam iPhone akan dihapus dan dikembalikan ke data yang telah di backup. Jangan samapai kehilangan data penting lainnya ya!

Pastikan juga iPhone terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil. Pertama-tama, klik Settings pada iPhone. Pilih General kemudian Reset. Klik Erase All Content and Settings.

mengembalikan file iPhone dari backup

Baca juga: Cara Me-reset iPhone Dan Perbedaan Berbagai Macam Reset

Lalu, set up iPhone dari awal. Pada bagian Apps & Data, klik Restore from iCloud Backup. Setelahnya, tunggu sampai semua data di kembalikan.

Cara lain mengembalikan file iPhone yang terhapus adalah dengan restore data lewat iTunes Backup. Buka iTunes pada komputer dan sambungkan dengan iPhone. Pilih perangkat saat muncul di iTunes dan klik Restore Backup. Terakhir, tinggal pilih file yang akan di kembalikan.

Namun perlu diingat, sama seperti iCloud, mengembalikan data atau restore iTunes ini akan menghapus data-data baru yang bertambah setelah backup terakhir.

Mengembalikan File Tanpa Backup

Namun bagaimana jika file tersebut belum sempat diamankan terlebih dulu, padahal kamu membutuhkan data tersebut?

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara agar data tersebut bisa kembali seperti semula.

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Recover dari app store. Aplikasi ini mengklaim bisa mengembalikan pesan, kontak, dan berbagai file yang terhapus.

Menurut situs TechGenyz, proses backup aplikasi ini akan memakan waktu yang lama. Selain itu, belum tentu semua data bisa di backup.

Cara alternatifnya adalah mencoba aplikasi Phone Rescue. Aplikasi ini khusus dibuat untuk mengembalikan data yang hilang dari perangkat berbasis iOS.

Cara penggunaan PhoneRescue juga sangat mudah. Kamu dapat mengembalikan jenis file apapun dan memilih file mana saja.

Baca juga: Lima Fitur iPhone yang Tidak Diketahui Fungsinya

phone rescue

Untuk menggunakannya, unduh dan install aplikasi Phone Rescue. Hubungkan iPhone dengan komputer.

Lalu, klik Recover from iOS Device dan pilih data yang ingin dikembalikan.

Mengembalikan file iphone yang terhapus

Kamu bisa melihat preview data sebelum memilih akan mengembalikan data tersebut di komputer atau iPhone.

Baca juga: Jika iPhone Anda Tidak Bisa Di-Restart, Lakukan Hal Ini !!!

Masih ada banyak aplikasi recovery data yang bisa kamu coba, diantaranya EaseUs MobiSaver, Aiseesoft Free iPhone Data Recovery, MiniTool Mobile Recovery, dan Disk Drill. Namun aplikasi-aplikasi ini tidaklah gratis, agar semua fiturnya dapat digunakan, pengguna diwajibkan untuk membelinya.

Bila hanya ingin melihat file yang sudah dihapus di iPhone, Disk Drill dapat menjadi pilihan karena dapat menunjukkan prefiew file sebelum di restore. Tampilannya simple dan mudah dipahami.

Sangat mudah, kan? Kini, kamu tak perlu khawatir lagi jika kehilangan data pada iPhone. Tapi sebisa mungkin lakukan backup data secara rutin. (Ytn/Crs)

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
1 Comment

1 Comment

  1. julia

    April 25, 2020 at 15:09

    apakah aplikasi itu berbayar?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Harga iPhone 15 series di Indonesia mengalami penurunan di toko retail khusus produk Apple di jaringan Erajaya dan iBox. Berkat diskon hingga...

Apple

Unbox.id – Meski iPhone SE 4 belum terungkap secara resmi, bocoran informasi mengenai iPhone baru Apple semakin banyak beredar di Internet. Kabar terbaru mengenai...

Apple

Unbox.id – Bocoran berbagai produk Apple baik iPhone, Mac, atau iPad memang selalu menarik perhatian dan menggugah rasa penasaran banyak orang. Setelah MacBook Air...

Tech Industry

Unbox.id – Bocoran mengenai iPhone 16 semakin meningkat tahun ini, padahal iPhone 15 masih tergolong baru. Beberapa bocoran informasi mengenai iPhone 16 juga telah...