Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Trik Mengembalikan File iPhone Yang Terhapus

cara mengembalikan file iphone yang terhapus

Last updated on 10 Juni, 2024

Unbox.idPernah tak sengaja menghapus file di iPhone? Mengembalikan file iPhone yang terhapus tak menjadi masalah jika kamu memiliki backup data tersebut.

Bila file yang terhapus adalah foto, jangan panik dulu, foto yang terhapus masih akan tersimpan dalam folder sampah yang menyimpan foto yang dihapus selama 30 hari. Untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone kamu, buka aplikasi Photos, temukan album Recently Deleted, pilih menu Select, dan pilih foto terhapus yang ingin dikembalikan dan klik Recover.

baca artikel menarik lainnya tentang : kenapa file di hilang

Bila rutin melakukan backup, kemungkinan besar data masih tersimpan dalam iCloud. Perlu diingat, iPhone akan mengalami restart ketika mengembalikan data dengan iCloud. Semua data baru yang tersimpan dalam iPhone akan dihapus dan dikembalikan ke data yang telah di backup. Jangan samapai kehilangan data penting lainnya ya!

Pastikan juga iPhone terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil. Pertama-tama, klik Settings pada iPhone. Pilih General kemudian Reset. Klik Erase All Content and Settings.

mengembalikan file iPhone dari backup

Baca juga: Cara Me-reset iPhone Dan Perbedaan Berbagai Macam Reset

Lalu, set up iPhone dari awal. Pada bagian Apps & Data, klik Restore from iCloud Backup. Setelahnya, tunggu sampai semua data di kembalikan.

Cara lain mengembalikan file iPhone yang terhapus adalah dengan restore data lewat iTunes Backup. Buka iTunes pada komputer dan sambungkan dengan iPhone. Pilih perangkat saat muncul di iTunes dan klik Restore Backup. Terakhir, tinggal pilih file yang akan di kembalikan.

Namun perlu diingat, sama seperti iCloud, mengembalikan data atau restore iTunes ini akan menghapus data-data baru yang bertambah setelah backup terakhir.

Mengembalikan File Tanpa Backup

Namun bagaimana jika file tersebut belum sempat diamankan terlebih dulu, padahal kamu membutuhkan data tersebut?

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara agar data tersebut bisa kembali seperti semula.

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Recover dari app store. Aplikasi ini mengklaim bisa mengembalikan pesan, kontak, dan berbagai file yang terhapus.

Menurut situs TechGenyz, proses backup aplikasi ini akan memakan waktu yang lama. Selain itu, belum tentu semua data bisa di backup.

Cara alternatifnya adalah mencoba aplikasi Phone Rescue. Aplikasi ini khusus dibuat untuk mengembalikan data yang hilang dari perangkat berbasis iOS.

Cara penggunaan PhoneRescue juga sangat mudah. Kamu dapat mengembalikan jenis file apapun dan memilih file mana saja.

Baca juga: Lima Fitur iPhone yang Tidak Diketahui Fungsinya

phone rescue

Untuk menggunakannya, unduh dan install aplikasi Phone Rescue. Hubungkan iPhone dengan komputer.

Lalu, klik Recover from iOS Device dan pilih data yang ingin dikembalikan.

Mengembalikan file iphone yang terhapus

Kamu bisa melihat preview data sebelum memilih akan mengembalikan data tersebut di komputer atau iPhone.

Baca juga: Jika iPhone Anda Tidak Bisa Di-Restart, Lakukan Hal Ini !!!

Masih ada banyak aplikasi recovery data yang bisa kamu coba, diantaranya EaseUs MobiSaver, Aiseesoft Free iPhone Data Recovery, MiniTool Mobile Recovery, dan Disk Drill. Namun aplikasi-aplikasi ini tidaklah gratis, agar semua fiturnya dapat digunakan, pengguna diwajibkan untuk membelinya.

Bila hanya ingin melihat file yang sudah dihapus di iPhone, Disk Drill dapat menjadi pilihan karena dapat menunjukkan prefiew file sebelum di restore. Tampilannya simple dan mudah dipahami.

Sangat mudah, kan? Kini, kamu tak perlu khawatir lagi jika kehilangan data pada iPhone. Tapi sebisa mungkin lakukan backup data secara rutin. (Ytn/Crs)

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
1 Comment

1 Comment

  1. julia

    April 25, 2020 at 15:09

    apakah aplikasi itu berbayar?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – iOS 18, pembaruan pada sistem operasi seluler Apple, diharapkan memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang penting. Apple mengakui iOS 18 akan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang bersiap meluncurkan jam tangan pintar barunya yang disebut-sebut akan diberi nama Apple Watch Series 10. Apple Watch Series 10...

Software

Unbox.id – Apple memperkenalkan fitur Perlindungan Perangkat yang Dicuri di iOS 17.3. Seperti namanya, fitur ini akan memberikan perlindungan tambahan terhadap data pribadi pengguna...

Tech Industry

Unbox.id – Apple akan terus melakukan proses secara bertahap saat merilis layanan Intelijen Apple ke publik. Diketahui, fitur-fitur yang diperkenalkan pada WWDC 2024 ini...