Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Tips Cara Merawat Macbook Pro Agar Lebih Awet

Macbook Pro_1
Ada beberapa tips bagi para pengguna Macbook Pro untuk membuat perangkatnya jadi lebih awet. (Sumber: Pemmzchannel)

Unbox.id – Ada berbagai macam pilihan perangkat gadget yang modern pada saat ini. Bermacam-macam gadget tersebut mampu mendukung aktivitas para penggunanya sehari-hari di mana menjadikannya sebagai sebuah bagian yang tidak dapat dipisahkan. Dan dari berbagai macam gadget yang ada, Macbook Pro adalah salah satu perangkat yang menjadi pilihannya. Seiring dengan penggunaannya, terdapat beberapa tips cara untuk merawat perangkat Macbook Pro agar lebih awet dan terjaga bagi para penggunanya.

Pembaruan Pada Software

Macbook Pro_2

Lakukan sistem pembaruan secara berkala untuk bisa membuat sistem perangkatnya jadi lebih awet. (Sumber: BliBli)

Tips pertama yang perlu diketahui oleh para pengguna Macbook Pro adalah mengenai sistem pada perangkatnya tersebut. Sebuah sistem sangatlah penting guna menjaga performa dari kinerja perangkatnya itu. Dan hal ini juga menjadi bagian yang penting di dalam Macbook Pro di mana sistemnya bisa dikatakan canggih.

Untuk hal ini, pihak Apple juga sering memberikan pembaruan atau update untuk sistem macOS yang menjadi basis sistemnya tersebut. Pembaruan ini juga dilakukan guna memberikan kenyamanan maupun peningkatan sistem agar platform Macbook Pro tersebut bisa berjalan dengan lancar dan mumpuni.

Ketika sedang melakukan pembaruan sistem macOs pada perangkatnya, para pengguna diharapkan tetap menyalakan perangkat Macbook-nya tersebut agar pembaruan sistem dapat berjalan dengan baik dan selesai sesuai ketentuan pembaruan sistemnya itu.

Baca juga: Facebook Watch Hentikan Akses Layanan Di Apple TV

Perhatikan Penggunaan Baterai

Hal berikutnya yang menjadi perhatian bagi para pengguna Macbook Pro adalah tentang penggunaannya. Memang perangkat besutan dari Apple ini mampu menunjang aktivitas para penggunanya di dalam aktivitas sehari-hari, namun ada kalanya para pengguna juga melihat baterai pada perangkatnya tersebut.

Dalam hal penggunaan baterai, para penggunanya disarankan menggunakan perangkat dari Apple ini agar tidak sampai benar-benar habis. Untuk itu, penggunaannya disarankan untuk selalu berada di atas ambang minimalnya yaitu di sekitar 20%. Perlu diketahui jika Macbook Pro menggunakan baterai dari material Litium. Baterai Litium merupakan sebuah komponen baterai yang disarankan persentase baterainya di angka 20 sampai dengan 80%.

Selain itu, para pengguna dari Macbook Pro juga tidak disarankan untuk melakukan pengecasan pada baterai secara berlebihan. Apabila indikator pada baterai sudah mencapai 100%, maka para pengguna bisa dengan segera mencabut charger yang disambungkan pada perangkat Macbook-nya.

Cek Ruang Penyimpanan Internal

Macbook Pro_3

Melakukan pengecekan ruang penyimpanan secara berkala jadi salah satu cara untuk buat Macbook Pro jadi lebih awet. (Sumber: Itworks.id)

Tips lainnya yang perlu diperhatikan lebih lanjut oleh para pengguna Macbook Pro adalah ruang penyimpanan internal pada perangkatnya tersebut. Ruang penyimpanan internal menjadi komponen lainnya yang memberikan persentase keawetan pada produk Macbook yang dimiliki oleh para penggunanya.

Untuk hal ini, para pengguna notebook dari Apple ini disarankan untuk tidak menyimpan berbagai macam file sampai memory internalnya semakin penuh. Hal tersebut dikarenakan apabila ruang penyimpanannya penuh, maka kinerja dari sistem macOS akan menjadi lambat dan akan berdampak pada penggunaannya di berbagai aplikasi yang ada.

Dalam mengatasi hal ini, para pengguna bisa menghapus file-file yang sudah tidak dibutuhkan secara berkala agar ruang penyimpanannya tidak penuh. Selain itu, hal ini juga berguna agar sistemnya juga dapat berjalan secara optimal.

Baca juga: Ikuti Cara Download Public Beta OS Terbaru Di Perangkat Apple

Simpan di Tempat Yang Sesuai

Perangkat Macbook Pro di desain untuk bisa menjadi sebuah notebook yang cukup fleksibel digunakan oleh para penggunanya. Namun dengan adanya kelebihan tersebut, para pengguna juga perlu menjaga notebook ini agar selalu tetap awet baik dari segi performa maupun dari segi penampilannya.

Untuk itu, para pengguna Macbook Pro disarankan untuk menyimpan perangkat notebooknya tersebut di tempat yang aman. Simpan perangkat Macbook milik para pengguna di tempat yang tidak terlalu panas dan juga berhimpitan dengan benda-benda lainnya.

Selain itu, hindari juga penyimpanan Macbook di tempat yang berdekatan dengan benda-benda cair lainnya agar tidak terkena tumpahannya yang mampu berpotensi merusak komponen ataupun sistem dari perangkat notebook dari Apple tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — Jajaran produk tablet milik Apple, yaitu iPad, iPad mini, Air, dan Pro merupakan jenis terbaik di kelasnya. Produsen telah membekalinya dengan...