Connect with us

Hi, what are you looking for?

Operator

Starlink Bakal Hadirkan Layani Internet di IKN

Starlink_1a
Starlink. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Layanan Internet satelit Elon Musk akan tersedia di IKN (ibu kota nusantara). Hal itu diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pekan lalu. Menanggapi informasi tersebut, Menteri Informasi dan Komunikasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan, secara teknis belum ada kemajuan terkait kehadiran Starlink di Indonesia. Namun pemerintah membuka peluang bagi banyak pelaku untuk berpartisipasi di sektor telekomunikasi dengan syarat mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia. Menkominfo menyampaikan: “Secara teknis belum, namun yang pasti kami siap menyambut baik siapapun yang terlibat dalam melakukan kegiatan telekomunikasi di Indonesia, sepanjang mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia”.

Perkembangan Dari Starlink

Starlink_2b

Starlink. (Sumber: CNET)

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa saat ini Starlink belum memiliki izin apa pun untuk langsung memberikan layanannya.

“Sampai saat ini belum ada penandatanganan, tapi prosesnya masih berjalan, karena biarlah,” lanjutnya. Ia hanya mengatakan, ada kemungkinan pembahasan kehadiran Starlink baru diketahui setelah pemilu 2024.

Sekadar informasi, sebelumnya Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengaku sudah menghubungi Elon Musk untuk memasang Internet di IKN nusantara. “Saya bekerja dengan Elon Musk, kapan saya menelepon? Jumat, Jumat lalu. Starlink ingin berpartisipasi. “Saya kira persyaratannya hampir lengkap, dia akan masuk IKN,” kata Luhut saat itu.

Luhut Telepon Elon Musk Minta Pasang Internet di IKN

Luhut mengatakan Elon Musk dan jaringan internetnya akan datang ke IKN setelah mendapat izin dari Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo).

“Kapan datangnya? Segera setelah surat permohonan d Kominfo selesai, seminggu kemudian kami akan datang. izin operasinya (ILO) “Kalau operasinya layak, 5 hari lagi dia sudah bisa ke Indonesia”, jelasnya.
Tidak cukup pasang Internet, katanya juga, SpaceX akan terhubung Luhut mengatakan: ” Begitu sampai, kami usulkan datang ke IKN, katanya mau launching di IKN dan Puskesmas dekat IKM”.

Katanya: “Karena Pak Presiden tanya kenapa Starlink seperti Puskesmas yang tidak bisa dapat dijangkau melalui komunikasi dengan Starlink, sehingga pelayanan kesehatan di daerah pedesaan terjangkau”.

Baca juga: SpaceX Rilis Satelit Direct-To-Cell Starlink

SpaceX Dengan Starlink

Starlink_3c

Starlink. (Sumber: Interesting Engineering)

Starlink adalah proyek SpaceX yang bertujuan untuk menyediakan akses Internet global melalui jaringan satelit. Menggunakan ribuan satelit kecil di orbit rendah Bumi, Starlink berupaya menciptakan infrastruktur internet yang mampu menjangkau wilayah yang sulit dijangkau dengan infrastruktur kabel konvensional. Berikut beberapa poin penting tentang Starlink:

  • Starlink menggunakan ribuan satelit kecil (biasanya berbobot sekitar 260 kg) yang ditempatkan di orbit rendah Bumi, terletak sekitar 550 km hingga 1.200 km di atas permukaan bumi. Ini jauh lebih rendah dibandingkan orbit satelit geostasioner yang digunakan oleh sebagian besar satelit komunikasi.
  • Tujuan utama Starlink adalah menyediakan layanan Internet yang cepat dan andal di seluruh dunia, terutama di wilayah tanpa infrastruktur kabel tradisional atau di wilayah dengan koneksi Internet yang buruk, lambat, atau tidak dapat diandalkan.
  • Starlink menjanjikan kecepatan Internet yang tinggi, dengan kecepatan unduh dan unggah hingga ratusanMbps. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas online seperti streaming video definisi tinggi, bermain game online, dan menggunakan aplikasi intensif data dengan lancar.
  • Untuk menggunakan layanan Starlink, pengguna harus memasang antena penerima khusus yang disebut “piringan” di lokasinya. Antena ini mengarahkan sinyal ke satelit Starlink yang tersebar di langit.
  • Starlink telah menjalani tahap beta testing di beberapa wilayah di dunia. Pada tahap ini, pengguna yang berpartisipasi dalam program beta mendapat akses terlebih dahulu untuk menguji layanan, memberikan umpan balik, dan memperbaiki kinerja sistem sebelum diluncurkan secara komersial.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – XL Axiata sedang mengkaji rencana layanan internet satelit Starlink milik Elon Musk yang ingin meluncurkan layanan tersebut di Indonesia. Gede Darmayusa, Direktur...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk saat ini sedang mengembangkan aplikasi baru untuk platform jejaring sosial X miliknya agar dapat diinstal di perangkat Smart TV. Ya,...

Apps & Games

Unbox.id – Trafik internet di jaringan XL Axiata meningkat 16% selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H dibandingkan hari biasa sebelum Ramadhan. Mengutip informasi...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...