Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Snapdragon 7+ Gen 3 Resmi Meluncur di Pasaran Gadget

Snapdragon 7+ Gen 3_1a
Snapdragon 7+ Gen 3. (Sumber: RM Update)

Unbox.id – Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon 7+ Gen 3 yang dilengkapi dengan kemampuan AI umum pada perangkatnya. Dijelaskan bahwa chipset Snapdragon ini mampu menjalankan berbagai model AI, termasuk LLM (model bahasa besar) seperti Baichuan-7B, Llama 2, Gemini Nano, dan Zhipu ChatGLM. Snapdragon 7+ Gen 3 juga dilengkapi dengan beberapa fitur Snapdragon Elite Gaming seperti Game Post Processing Accelerator dan Adreno Frame Motion Engine 2 yang mampu meningkatkan kualitas efek dan grafis dalam game. Dengan kemampuan tersebut, Qualcomm berjanji akan menghadirkan pengalaman bermain game yang optimal kepada pengguna meski dengan visual sekelas PC.

Menunjang Sisi Aktivitas Fotografi

Snapdragon 7+ Gen 3_2b

Snapdragon 7+ Gen 3. (Sumber: Post Tech World)

Di bagian fotografi, chipset ini dilengkapi dengan ISP kognitif 18-bit Qualcomm. “Hari ini merupakan ekspansi terbaru dari keluarga Snapdragon 7 yang menghadirkan pengalaman terkini untuk dinikmati konsumen,” ujar Chris Patrick, Senior Vice President dan General Manager Mobile Handsets di Qualcomm, dalam konten hiburan favorit mereka dengan mengintegrasikan teknologi generasi terbaru untuk pengalaman teknologi yang lebih baik.” dalam pernyataan yang diterima secara resmi.

Chris mengatakan, selain fitur AI sintetik yang terpasang pada perangkat, Snapdragon 7+ Gen 3 juga memiliki performa luar biasa, efisiensi daya optimal, dan kemampuan menghadirkan Wi-Fi 7 untuk pertama kalinya. Tersedia pada seri Snapdragon 7. OnePlus akan menjadi merek smartphone pertama yang mengadopsi chipset ini.

“Dipersenjatai dengan platform yang kuat ini, kami bersemangat untuk menghadirkan kepada pelanggan perangkat pintar yang unggul, pengalaman bermain game yang luar biasa, dan fotografi yang menakjubkan,” kata Presiden OnePlus China Louis Li, serta fitur-fitur hebat lainnya.

Deretan Smartphone yang Bakal Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Selain OnePlus, beberapa merek smartphone yang pertama kali mengadopsi chipset ini adalah Realme dan Sharp. Perangkat pertama yang menggunakan Snadpragon 7+ Gen 3 diperkirakan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Sekadar informasi, chipset ini menjanjikan peningkatan CPU sebesar 15% dan GPU sebesar 45% dibandingkan pendahulunya. Demikian pula, konsumen listrik menghemat hingga 5%.

Snapdragon 7+ Gen 3 dibangun pada arsitektur 4nm dengan satu inti utama Cortex-X4, empat inti kinerja, dan tiga inti kinerja. Qualcomm menggunakan modem Snapdragon X63 pada chipset ini.

Qualcomm Rilis Snadpragon 8s Gen 3, Hadir dengan Dukungan AI Generatif

Sebelumnya, Qualcomm juga resmi meluncurkan chipset Snadpragon 8s Gen 3. Chipset ini diharapkan dapat menghadirkan kemampuan seri 8 ke lebih banyak smartphone guna menciptakan performa luar biasa.

Snapdragon 8s Gen 3 dikatakan memiliki beberapa fungsi unggulan, termasuk fungsionalitas AI sintetis pada perangkat, deteksi ISP yang selalu aktif, game seluler, kompresi audio lossless resolusi tinggi.

Dalam pernyataan resmi yang diterima, chipset baru ini mendukung banyak model AI yang berbeda, termasuk LLM (pemodelan bahasa populer) seperti Baichuan-7B, Llama2, dan Gemini Nano.

“Dengan kemampuan AI sintetis dalam perangkat dan fitur pencitraan canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna guna mendorong kreativitas dan produktivitas sehari-hari,” kata Wakil Senior Presiden dan Manajer Umum Ponsel Seluler Qualcomm Technologies Chris Patrick.

Baca juga:

Daftar Perangkat yang Pakai Snapdragon 8s Gen 3

Snapdragon 8s Gen 3_3c

Snapdragon 8s Gen 3. (Sumber: Gizchina)

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Snapdragon 8s Gen 3 akan digunakan oleh beberapa pabrikan, seperti Honor, iQOO, Realme, Redmi, dan Xiaomi. Perangkat pertama yang menggunakan chipset ini diperkirakan akan diluncurkan pada Maret 2024.

Sekadar informasi, Snapdragon 8s Gen 3 adalah chipset 4nm dengan inti utama Cortex-X4 yang memiliki clock 3,0 GHz, 4 core performa 2,8 GHz, dan tiga core performa. Inti kinerja 2,0 GHz. Chipset ini mendukung RAM LPDDR5x hingga 24 GB dan penyimpanan UFS 4.0.

Untuk kebutuhan gaming, chipset Qualcomm ini didukung GPU Adrena yang ditingkatkan dengan ray tracing yang dipercepat perangkat keras.

Lalu ada Adreno Frame Motion Engine 2.0 yang mampu menggandakan frame rate tanpa memakan daya lebih.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pembahasan mengenai ponsel gaming tidak pernah berhenti. Selain itu, banyak ponsel dengan prosesor gaming bertenaga yang diluncurkan di pasaran, mulai dari model...

Tech Industry

Unbox.id – Redmi mengumumkan akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 di smartphone terbarunya. Pabrikan ponsel asal China tersebut masih merahasiakan ponsel mana...

Hardware

Unbox.id – Infinix akan mengirimkan chip Cheetah X1. Chip ini akan digunakan untuk meningkatkan manajemen daya di seri smartphone mereka yang akan datang. Infinix...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Qualcomm baru-baru ini mengumumkan agenda konferensi peluncuran produk baru pada hari Senin, tanggal 18 Maret 2024. Rencananya, mereka akan meluncurkan prosesor...