Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Meta Akuisisi Startup Luxexcel?

luxexcel

Unbox.id – Meta akuisisi sebuah startup kacamata 3D? Sepertinya mereka bakalan bangun sistem AR dan VR melalui startup tersebut. Iya, startup tersebut bernama Luxexcel ini terkenal sebagai pembuat kacamata dengan resep dokter.

Tentu saja dengan penggunaan 3D Printing, bisa saja hadirkan teknologi kacamata sesuai keinginan bahkan bisa presisi sekali untuk mereka. Sehingga, tidak ada kesalahan dari pembuatan kacamata tersebut. Bahkan lensa mereka sendiri bisa merekam AR (Augmented Reality) langsung tanpa perlu bantuan apapun.

luxexcel

Hal tersebut menarik perhatian buat Meta yang mengembangkan ekosistem terbaru mereka, Metaverse. Bahkan rencana untuk hadirkan kacamata khusus AR tersebut sempat berhenti karena ketidaan perangkat yang bisa digunakan oleh beragam bingkai kacamata.

Luxexcel berikan sensasi AR dengan harga terjangkau

Sebenarnya AR dari Luxexcel sendiri berbeda dengan kacamata smart yang sempat hadir beberapa tahun silam. Tahun 2009, jadi saksi kelahiran dari startup AR lenses tersebut. Bahkan mereka klaim kalau lensa mereka sendiri bisa cocok dengan frame kacamata yang ada.

Hal tersebut membuat Meta tertarik dengan perusahaan ini. Apalagi Luxexcel sendiri pernah bekerjasama dengan Snap (dulu Snapchat) buat AR filter dengan Snap Lens mereka. Sayangnya kerjasama ini tidak berjalan mulus dan berakhir selesai.

Dalam website-nya, perusahaan ini punya produk dengan nama Lumus. Produk mereka yang sempat jadikan prototype buat smart glasses mereka. Tentu saja dalam lensa tersebut tertanam wave guide dan holographic film agar bisa menayangkan AR langsung dari lensa kacamata penggunanya.

Inilah penemuan yang sesungguhnya mereka cari. Dari dulu Meta selalu kalah dengan AR karena tidak ada yang bisa membuat sistem AR langsung dari lensa namun setelah pertemuan dengan Luxexcel sendiri. Rasanya ada secercah harapan dari untuk bangun ekosistem Metaverse kali ini.

Meta Sendiri tidak beritahu Jumlah Akuisisi tersebut

Meta sebenarnya tidak memberitahu berapa total biaya yang mereka keluarkan untuk akuisisi startup tersebut. Karena Zuckeberg sendiri tidak berbicara ataupun umumkan berapa yang harus mereka keluarkan demi hadirkan AR langsung dari kacamata.

Menariknya lagi, belum ada startup AR lainnya yang gunakan kacamata AR dan cocok dengan frame yang kita  pakai untuk kacamata kita serta bisa gunakan sehari-hari. Justru kekuatan dari Luxexcel ini bisa gabungkan frame kacamata dengan lensa mereka dan jadi smart eyeglasses pertama dengan AR tanpa perlu modifikasi kembali.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...