Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Kamu Suka Mendengarkan Podcast? Yuk Intip Sejarahnya!

merekam acara podcast
sumber:@george-milton/pexels

Unbox.id – Podcast merupakan siaran berupa rekaman suara dari host/pembicara dengan membahas suatu topik tertentu  yang dapat diunduh dan didengarkan melalui berbagai media elektronik.

Layanan streaming podcast juga tersedia dengan berbagai macam layanan dan aplikasi yang dapat diakses dari handphone, komputer, dan alat elektronik yang terhubung ke internet.

Umumnya dibuat dalam bentuk serial yang berupa diskusi yang membahas berbagai macam topik.

Berbeda dengan radio yang tidak dapat kita dengarkan setiap saat dikarenakan radio memiliki jadwal siaran dan diatur oleh penyiar.

Saat ini podcast tidak hanya ada dalam bentuk audio tetapi juga ada podcast yang berbentuk video contohnya di Indonesia adalah podcast Deddy Corbuzier yang ditayangkan di Youtube.

Sejarah Awal Podcast

Awalnya siaran audio ini hanya tersedia bagi pengguna Ipod saja (merek keluaran Apple). Karena pada awalnya, ini merupakan fitur yang di keluarkan oleh Ipod saja.

Istilah Podcasting pertama kali diusulkan oleh jurnalis dari The Guardian  yaitu Ben Hammersley pada tahun 2004 silam. Podcast merupakan singkatan dari “Play On Demand” dan juga “Broadcast”.

Ini juga berkaitan dengan produk keluaran Apple yang bernama “Ipod”. Karena terkekaitan ini juga ada sebagian orang yang mengatakan bahwa podcast adalah singkatan dari “Ipod” dan juga “Broadcast”.

Adam Curry dinobatkan sebagai Bapak Podcast karena acara podcast-nya yang berjudul “Daily Source Code” yang isinya membahas kesehariannya, berita terbaru, perkembangan podcast hingga memperkenalkan podcast-podcast baru.

Tahun 2005 Apple saat meluncurkan update iTunes 4.9, memasukkan podcast sebagai fiturnya. Satu tahun kemudian, lahir banyak podcast di platform iTunes dari berbagai jaringan radio seperti BBC, CBC Radio One, NPR dll.

Saat ini , bukan hanya media-media besar saja yang dapat menyiarkan podacast, kalangan manapun juga dapat menayangkannya.

Baca juga: Google Mengerjakan Dua Ponsel Lipat Pixel

Dimana Mendengarkan Podcast ?

Ini adalah beberapa list jika kalian ini mendengarkan atau bahkan membuat podcast. Beberapa list ini merupakan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut

Apple Podcast

Sebagai perusahaan pertama yang menghadirkan podcast dalam layanannya tentunya ada banyak sekali podcast yang dapat kamu dengarkan.

Layanan Apple podcast gratis dan dapat diunduh melalui Itunes.

Spotify

Ini adalah aplikasi podcast yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Untuk kategori di podcast Spotify cukup beragam dan ada podcast yang secara esklusif hanya dapat didengarkan di Spotify. Tersedia juga dalam versi website ataupun aplikasi dan dapat saling berintegrasi dan terhubung antara sesame pengguna.

Google Podcast

Ini merupakan fitur resmi keluaran Google yang berfungsi untuk memutar atau menambahkan suatu podcast.

Berbeda dengan Spotify, pada Google Podcast hanya tersedia sebagai tempat berbagi podcast saja (tidak ada lagu).

Tidak dibutuhkan untuk mengunduh aplikasi apapun jika ingin menggunakan Google Podcast.

Soundcloud Podcast

Pada aplikasi ini, anda dapat memutar berbagai podcast dan rekaman lagu dari seluruh dunia.

Meski sama seperti Spotify, Soundcloud memudahkan anda dalam mengunggah rekaman audio tanpa harus menggunakan aplikasi lain.

Anchor Podcast

Jenis aplikasi podcast yang paling terkenal di Indonesia adalah Anchor.

Aplikasi all-in-one dikarenakan memiliki berbagai fitur yang dibutuhkan mulai dari merekam, meng-edit, memberi background suara dan berbagai kelebihan lainnya.

Baca juga: Intip Harapan Untuk Samsung Galaxy S22 Nanti

Podcast lebih digemari oleh anak muda, khususnya di Indonesia, data dari survei Jakpat menunjukkan 44,3% responden pendengar podcast berumur 15-24 tahun.

Ada banyak Podcast yang terkenal di Indonesia, bila kamu tertarik mungkin bisa coba untuk mendengarkan:

  1. Makna Talks
  2. Podcast Awal Minggu
  3. Sudut Pandang
  4. Rapot
  5. Asumsi Bersuara
  6. PORD (Podcast Raditya Dika)
  7. Do You See What I See
  8. Kejar Paket Pintar
  9. Mendoan
  10. Podkesmas

Tipe – Tipe Podcast

  1. Enhanced podcast. Adalah podcast yang mengkombinasikan rekaman suara dengan presentasi berupa slide show. Umumnya dipakai dalam dunia bisnis dan pendidikan (belajar-mengajar).
  2. Fiction podcast. Podcast yang dibuat dengan naskah tertulis ataupun narasi yang mirip dengan sandiwara radio. Fiction podcast disuguhkan dalam berbagai genre mulai dari sci-fi, komedi, horor hingga romansa.
  3. Podcast novels. Merupakan perpaduan antara audiobook dan podcast. Berupa karya novel yang dibuatkan dalam versi audio dan ditayangkan dalam beberapa episode.
  4. Video Podcast. Podcast yang punya rekaman video yang dengan mudah kamu temukan di Youtube.
  5. Live podcast. Adalah podcast yang direkam langsung dengan penonton.

Itulah tadi artikel seputar podcast, kira-kira podcast mana yang sering kamu dengarkan? (Ivn/Crs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Apps & Games

SPOTIFY BERNIAT UNTUK MENAIKKAN HARGA LAYANAN DI BERBAGAI BELAHAN NEGARA. Jakarta, Unbox.id – Jika kamu sudah terbiasa membayar Spotify dengan harga tertentu, kamu mungkin...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id  – Pengguna yang tertarik mendaftar Spotify Premium akan diuntungkan oleh penawaran terbaru dari Spotify. Spotify kini memungkinkan pengguna baru menikmati Spotify Premium*...

Software

Last updated on 23 December, 2018Unbox.id – Dengan berlangganan dalam Spotify, anda akan memiliki akses langsung ke puluhan juta lagu. Tetapi sebelum anda mengetahui...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Last updated on 7 November, 2018Unbox.id – Para pecinta jam tangan Garmin yang ingin mendapatkan layanan Spotify dalam jam tangan kebugaran mereka sekarang memiliki...