Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Cara Memilih Tripod Yang Sesuai Untuk Kamera

Tripod Camera_1a
Ini dia cara memilih tripod camera yang benar dan juga pas untuk digunakan dalam kebutuhan fotografi penggunanya. (Sumber: Printables.com)

Unbox.id – Tripod adalah aksesori kamera berbentuk seperti tripod yang sering digunakan para fotografer untuk menopang bodi kamera saat pengambilan gambar. Ketinggian tripod dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengambilan gambar. Penggunaan tripod cukup sederhana, Anda hanya perlu menyesuaikan panjang kaki, lalu meletakkannya di permukaan yang sesuai untuk fotografi yang lebih nyaman dan hasil foto yang bebas blur. Walaupun terlihat sepele, tripod memiliki banyak kegunaan. Salah satu manfaat penggunaan tripod adalah dapat meningkatkan ketajaman gambar saat menggunakan pengaturan ISO rendah dan kecepatan rana.

Memilih Tripod Yang Berkualitas

Membeli tripod tidak bisa dianggap enteng, karena alat ini akan menjadi aksesori yang sangat diperlukan, sehingga harus awet saat digunakan. Jika Anda salah memilih dan tidak memenuhi kebutuhan Anda, tripod akan cepat rusak.

Harga tripod yang bagus memang tidak murah, sehingga jika salah beli tripod atau tidak sesuai dengan jenis kamera yang anda gunakan kemungkinan besar tripod tidak akan lama dipakai, karena akan rusak dan Anda perlu membeli yang baru.

Sebelum membeli tripod, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan.

Anda perlu memahami tripod yang dibutuhkan, misalnya mempertimbangkan berat dan ukurannya. Tripod akan membawa Anda saat memotret. Tentunya akan merepotkan jika memilih tripod yang terlalu berat.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan stabilitas, namun perlu diingat bahwa stabilitas saat menggunakan tripod juga bergantung pada jenis kamera dan kondisi permukaan tempat Anda memotret.

Terakhir, Anda juga perlu mempertimbangkan ketinggian maksimal tripod yang Anda beli. Saat memilih tripod all-in-one, ketinggian maksimum yang ideal adalah yang dekat dengan mata pengguna.

Perhatikan Bahan dan Kenali Bagian-Bagian Tripod

Tripod Camera_2b

Ketahui beberapa bagian tripod yang ada di perangkatnya dimana diperlukan pengetahuan dalam pemakaiannya. (Sumber: The New York Times)

Pemilihan bahan tripod sangat erat kaitannya dengan kualitasnya secara keseluruhan. Anda perlu memastikan bahwa bahan tripod benar-benar kokoh dan kokoh. Ingatlah bahwa tripod dimaksudkan untuk menopang bobot kamera, jadi gunakanlah tripod dengan bahan yang bagus. Tripod yang baik sering menggunakan bahan aluminium atau serat karbon.

Tripod memiliki bagian-bagian tertentu yang perlu Anda ketahui. Setidaknya ada kepala untuk menempatkan kamera, bagian untuk mengatur pergerakan kamera, dan tripod. Sangat penting untuk mengetahui bagian-bagian tripod dan fungsinya agar tidak salah memasang atau menggunakannya untuk tujuan yang tidak benar.

Tripod yang baik memiliki waterpas (biasanya berwarna hijau), yaitu cairan dalam tabung kecil. Fungsi fitur kecil ini sangat penting dan esensial untuk menjaga stabilitas tripod.

Pastikan saat gelembung udara berada pada ketinggian gelembung, tripod berada pada posisi lurus dan rata. Coba gunakan untuk mengambil gambar. Jika gelembungnya ada di tengah tetapi fotonya masih bengkok, berarti ada yang salah dengan tripodnya.

Baca juga: Pilihan Aksesoris Wajib Dimiliki Untuk Pengguna Kamera DSLR

Pilih Jenis Tripod Sesuai Kebutuhan

Karena kebutuhan fotografi menjadi semakin spesifik, produsen tripod mulai memproduksi berbagai jenis tripod untuk kebutuhan yang berbeda.

Contohnya adalah tripod all in one, ini merupakan standar yang paling umum dan banyak digunakan oleh fotografer amatir hingga fotografer profesional dengan kebutuhan khusus.

Tripod serbaguna ini biasanya memiliki 3 kaki yang bisa diatur panjangnya tergantung kebutuhan pemakaian. Ukuran tripod ini sangat beragam, dari yang besar hingga yang kecil.

Tripod all-in-one ini dapat digunakan untuk berbagai jenis kamera, mulai dari DSLR, mirrorless hingga smartphone. Sedangkan untuk smartphone, pengguna perlu melengkapi adaptor klip tambahan untuk digunakan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Unbox.id – Sering mengabaikan hal-hal kecil namun sering diabaikan dan sering dilakukan akan memperpendek umur kamera. Kebiasaan apa yang membuat kamera mirrorless rentan gagal?...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Saat ini, baik mencari informasi hingga hiburan, banyak orang yang beralih ke medium video atau lebih memilih dalam bentuk visual. Tak...

Tech News

Last updated on 14 Maret, 2022 Jakarta, Unbox.id – Saat ini banyak aksesoris smartphone yang dapat mendukung kebutuhan kita dalam membuat sebuah konten video....

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Kamera digital memiliki desain yang mungil dan dianggap sangat praktis, tetapi kamera digital yang macet menjadi salah masalah yang kerap ditemui....