Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Ingin Membuat Vlog? Persiapkan 5 Alat Ini

Filming videos
Filming videos (sumber: blog.vmgstudios.com)

Jakarta, Unbox.id – Saat ini, baik mencari informasi hingga hiburan, banyak orang yang beralih ke medium video atau lebih memilih dalam bentuk visual. Tak heran jika saat ini situs berbagi video seperti YouTube telah berkembang dengan pesat.

Jika Anda berniat atau ingin menjadi salah satu pembuat konten video, tentu Anda membutuhkan sejumlah perangkat yang perlu Anda siapkan, tentunya itu selain laptop atau PC yang mumpuni untuk proses editing video Anda.

Berikut adalah 5 perangkat yang perlu Anda persiapkan sebelum membuat video atau vlog.

Kamera

Smartphone & DSLR

Smartphone & DSLR (sumber: makeuseof.com)

Untuk dapat merekam video berkualitas tinggi, Anda tentu memerlukan kamera dengan spesifikasi dan fitur yang mumpuni, paling tidak sudah memiliki kualitas 1080p.

Jika Anda tak memiliki kamera DSLR, ataupun mirrorless, Anda bisa memanfaatkan kamera smartphone Anda karena saat ini hampir semua smartphone keluaran terbaru sudah memiliki kamera yang bagus.

Baca juga: Aplikasi Edit Video Terpopuler di Android

Tripod

Tripod

Tripod (sumber: nytimes.com)

Jika Anda tak memiliki tim atau teman untuk memegang kamera, Anda bisa memanfaatkan tripod. Dengan menggunakan tripod, Anda bisa menghasilkan video yang stabil dan simetris. Sehingga video Anda menjadi terlihat profesional.

Saat ini sudah banyak tersedia tripod berkualitas dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menyesuaikan dengan perangkat Anda, misalnya jika Anda menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, pilih jenis tripod yang khusus untuk perangkat tersebut, lalu jika Anda menggunakan kamera smartphone, Anda bisa memilih tripod khusus smartphone yang saat ini dijual murah di toko online.

Mikrofon

External Microphone

External Microphone (sumber: powerdewise.com)

Saat ini, hampir semua kamera digital memang sudah memiliki mikrofon internal. Namun, kualitas audio yang dihasilkan sering kali tak memuaskan, apalagi jika Anda merekam di keramaian. Setiap suara yang ada di sekelilingmu akan tertangkap cukup jelas, sehingga hal tersebut membuat suara Anda justru menjadi kurang jelas.

Oleh karena itu, Anda bisa membeli mikrofon eksternal untuk dapat menghasilkan suara yang lebih jelas dan jernih. Saat ini tersedia berbagai macam jenis mikrofon eksternal, termasuk juga mikrofon eksternal yang didesain khusus untuk smartphone.

Untuk penggunaanya pun juga cukup colokkan kabel jack mikrofon di kamera Anda. Jika menggunakan smartphone, Anda cukup colokkan kabel jack mikrofon kamera ke port headset yang Ada di smartphone Anda. Dengan begitu, selain mudah digunakan, suara yang akan Anda rekam akan lebih bagus dan dapat memblokir suara mengganggu yang ada disekitar.

Baca juga: TikTok Konfirmasi Unggahan Video 10 Menit Untuk Semua Pengguna

Kartu Memori

Kartu memori

Kartu memori (sumber: dorangadget.com)

Biasanya, ukuran file video cenderung lebih besar dan memakan banyak memori. Dengan begitu Anda perlu menyiapkan kartu memori cadangan, sehingga Anda tak perlu khawatir jika ketika sedang proses merekam .

Jika Anda menggunakan smartphone Android, Anda bisa menyisihkan ruang penyimpanan lebih untuk dapat menyimpan hasil rekaman video Anda. Namun jika memang penyimpanan internal smartphone Anda sudah penuh, Anda bisa memanfaatkan microSD yang saat ini juga banyak tersedia di pasaran dengan harga yang terjangkau dan dengan berbagai macam kapasitas.

Video Transmitter

Video Transmitter

Video Transmitter (sumber: amazon.com)

Jika video Anda sudah naik ke level profesional dan melibatkan tim produksi yang cukup besar, Anda tentu butuh perangkat ini.  Video transmitter ini memungkinkan Anda untuk menampilkan rekaman video di kamera ke perangkat lain secara realtime.

Dengan begitu, Anda dapat memantau proses perekaman secara langsung bersama produser, DOP, hingga kru. Transmisi video ini dapat ditayangkan di empat device sekaligus, mulai dari smartphone, tablet, monitor, hingga laptop. Sehingga proses produksi video Anda dijamin akan jauh lebih efisien.

Untuk menghubungkannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Google Play Store atau App Store di perangkat yang akan Anda jadikan sebagai monitor. Terdapat pula port HDMI sebagai konektivitas tambahan.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: blog.vmgstudios.com, makeuseof.com, nytimes.com, powerdewise.com, dorangadget.com, amazon.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Layanan berbagi video YouTube kini lebih aktif memerangi AdBlocker. Salah satu cara untuk mencegah aktivitas pemblokiran iklan adalah dengan menyasar aplikasi pemblokir...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...