Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Canon Patenkan Penutup Lensa Anti Hilang

Unbox.id – Penutup lensa kamera merupakan salah satu bagian kamera yang mudah hilang. Sadar akan hal itu, Canon memberi solusi yaitu dengan menghadirkan penutup lensa anti hilang.

DESAIN UNIK

Produsen kamera asal Jepang ini baru saja mendaftarkan paten penutup lensa di negara asalnya. Dengan aplikasi paten 2019-113645, Canon mendaftarkan penutup lensa berdesain unik.

Pasalnya, penutup lensa ini juga bisa berfungsi sebagai tudung lensa (lens hood).

Dikutip dari Canon Watch, ketika menutup fungsinya akan menjadi penutup lensa. Namun ketika terbuka, fungsinya akan berubah menjadi tudung lensa.

Keterangan dalam aplikasi paten tersebut menyebutkan kedua fungsi ini meniadakan kebutuhan akan penutup lensa yang bisa dilepaskan.

Desain penutup lensa ini tampaknya hanya cocok untuk lensa dengan barel yang diperpanjang.

 

Tech Radar mengungkapkan Canon menggunakan kata kamera digital dalam patennya. Sehingga belum diketahui apakah penutup lensa ini akan tersedia bagi lensa RF-mount. Atau lensa lain seperti EF, EF-M, atau EF-S.

Belum diketahui secara pasti apakah desain ini bisa mencegah masuknya debu, kotoran dan kelembapan.

Situs Fstoppers juga mengangkat pertanyaan lain, apakah desain ini masih memungkinkan penggunaan filter di depan kamera.

Kita tunggu saja, bagaimana pengaplikasian paten penutup lensa ala Canon ini.

Baca juga: New Leica Q2 Kini Dilengkapi Sensor 47 Megapiksel

INOVASI LAIN

Canon bukan yang pertama menghadirkan inovasi penutup lensa ini. Sebelumnya, telah ada penutup lensa Olympus LC-63A yang coock untuk kamera XZ-1 dan XZ-2.

Penutup lensa ini menempel pada barel lensa dengan bantuan sekrup. Dengan cara kerja yang terbuka dan tertutup secara otomatis ketika menekan tombol pada kamera.

Inovasi lain datang dari Kuvrd lewat penutup lensa silikon kendati bukan merupakan penutup lensa yang menempel pada lensa.

Dok. Kuvrd

Penutup lensa ini tersedia dalam beberapa ukuran sesuai jenis ukuran lensa.

Bernama Universal Lens Cap, penutup lensa ini mengeklaim tahan air, bebas kotoran, meredam tekanan (shock absorbent), dan fleksibel.

Awalnya, Kuvrd merilis kampanye lewat Kickstarter di tahun 2017. Kampanye ini sukses hingga penutup lensa ini kini tersedia di pasaran.

Baca juga: Ajib!!! Canon Perkenalkan 7 lensa PL-Mount Sumire Prime Terbarunya

Samsung Galaxy A80 dengan Kamera Putar Resmi Dijual di Indonesia

 

Foto: berbagai sumber
Sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Canon dikabarkan akan segera menghentikan produksi kamera seri mirrorless APS-C, yakni EOS M. Mulai dari generasi pertama, EOS M200 sampai EOS...

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Pada bulan Mei 2023 yang lalu, Canon telah mengumumkan perangkat terbaru kamera dengan nama PowerShot V10. Produk ini memiliki tampilan yang...

Spesifikasi & Harga

Last updated on 14 Maret, 2022 Jakarta, Unbox.id – Saat ini, mesin printer menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan baik dikantor maupun dirumah, terlebih bagi...

Canon

Last updated on 14 Maret, 2022 Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda yang suka membuat konten, tentu kamera merupakan sebuah senjata utama yang harus Anda...