Connect with us

Hi, what are you looking for?

Canon

Canon Dikabarkan Segera Tutup Produksi Seri EOS M

Canon
Canon Mirrorles EOS M | foto: canon europe

Jakarta, Unbox.id – Canon dikabarkan akan segera menghentikan produksi kamera seri mirrorless APS-C, yakni EOS M. Mulai dari generasi pertama, EOS M200 sampai EOS M6 Mark II dan tipe-tipe sejenisnya, perusahaan sudah berhenti melakukan produksi.

Meski demikian, perusahaan tidak merilis pengumuman secara resmi mengenai pemberhentian ini. Akan tetapi, informasi tersebut muncul di beberapa sumber di internet, di mana pihak Canon Amerika Serikat telah membenarkan berita tersebut.

Baca juga: CMF Buds Pro dan CMF Watch Pro dari CMF by Nothing Meluncur di Indonesia

Tidak hanya dari lini kamera, sumber yang sama juga menyebutkan ada beberapa produk lainnya, seperti lensa dan aksesori. Mereka menyebutkan bahwa sejatinya produk perlengkapan kamera tersebut sudah tidak diproduksi sejak awal tahun 2023 lalu.

Sejarah Kamera Mirrorless Canon  Seri EOS M

Kamera seri EOS M merupakan seri perdana dengan tipe mirrorless milik perusahaan tersebut. EOS M pertama kali muncul pada pertengahan tahun 2012, tepatnya pada bulan Juli. Dengan kehadirannya, mereka dapat menguasai pasar, terutama di Jepang untuk para pemula.

Pada mulanya, perusahaan mengiklankan produk ini dengan keunggulan dari segi harga, yang terjangkau untuk para pemula. Seiring berjalannya waktu, produknya terus menjamur dan tidak hanya memikat kalangan pemula, akan tetapi juga para fotografer andal.

Baca juga: Xreal Air 2 Hadir dengan Tampilan Lebih Baik dan Bobot Lebih Ringan

Canon memberikan banyak fitur bersama dengan kamera tersebut. Mereka membuat mounting EF-M, dengan sejumlah fitur, seperti lensa perbesaran dan prime. Akan tetapi mereka membuat lensa tersebut dengan jumlah yang lebih sedikit dari lensa DSLR.

Kemunculan Seri EOS R

Pengguna dapat menggunakan lensa DSLR pada kamera EOS M dengan mengandalkan adapter. Namun, dengan kehadiran seri kamera EOS R, banyak yang menebak bahwa EOS M yang pernah berjaya tersebut akan segera berakhir.

Canon tampak lebih serius dalam mengembangkan kamera seri baru EOS R ketimbang melanjutkan produksi EOS M. Pastinya, mereka juga harus memunculkan banyak inovasi setelah ini, juga dengan menghadirkan fitur-fitur baru.

Terakhir, kemunculan model APS-C dengan harga yang miring membuat lini EOS M semakin terpuruk. Di antara model tersebut adalah EOS R50 serta EOS R100 yang menjadi saingan berat saat ini. Penggemar hanya tinggal menunggu waktu kapan Canon mengumumkan pemberhentian produksi tersebut.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Canon

Unbox.id – Jika Anda sedang mencari kamera mirrorless yang ringan, mudah digunakan, dan tidak mengeluarkan banyak biaya, Canon R100 bisa menjadi pilihan yang tepat....

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Xiaomi baru-baru ini telah memberikan pengumuman produk terbaru, kamera keamanan rumah generasi ketiga di India. Perangkat tersebut memiliki nama Xiaomi 360...

Honor

Jakarta, Unbox.id – Perusahaan teknologi digital asal Tiongkok, yakni Honor akan segera mengadakan acara peluncuran produk terbaru selama dua hari di negara asalnya. Acara...

Xiaomi

Jakarta, Unbox.id – Perusahaan teknologi digital asal Tiongkok, Xiaomi telah meluncurkan produk baru fotografis yang mumpuni, yaitu Kamera Luar Ruangan CW700S. Kabarnya, produk kamera...