Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Begini Cara Menangkap Siaran TV Digital Dengan Mudah!

TV Digital_1tv
Ada cara yang bisa dilakukan didalam mencari sinyal di TV digital yang mudah untuk dilakukan. (Sumber: Redaksi Update)

Unbox.id – Pemerintah secara resmi meluncurkan siaran televisi digital sejak awal November serta menyuntikkan racun untuk siaran analog. Ada perbedaan cara merekam siaran digital dan analog. Mengutip Broadcastdigital.kominfo, masyarakat membutuhkan set-top box (STB) agar TV analog bisa menerima siaran digital. “Untuk dapat menonton televisi digital diperlukan perangkat transceiver dengan standar DVB-T2 (Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation),” tulis Kominfo.

Gunakan TV Yang Dilengkapi DVB-T2

Caranya dengan menggunakan TV yang dilengkapi DVB-T2 atau dengan menggunakan alat tambahan yaitu Set Top Box (STB) jika TV tersebut belum dilengkapi DVB-T2 atau masih mampu. Untuk menerima program TV digital, Anda memerlukan antena TV standar (UHF).

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendistribusikan decoder tersebut. Sebanyak 4,3 juta unit STB disumbangkan oleh operator TV digital alias Multiplexing (MUX).

“Hingga 3 November 2022, sebanyak 476.088 unit Set Top Box (99,3%) dari target 479.307 unit STB telah tersalurkan kepada penerima manfaat di wilayah Jabodetabek,” ujarnya dalam keterangan pers dari Kominfo.

Baca juga: Ketahui Letak Perbedaan TV Analog Dan TV Digital

Untuk TV Yang Sudah Digital

Inilah cara untuk melakukan penangkapan siaran pada TV Digital

  • Pastikan di daerahmu sudah terdapat siaran TV digital.
  • Gunakan antena UHF biasa, baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor). Posisi antena perlu disesuaikan (ketinggian dan/atau arah) dengan lokasi pemancar multipleksing.
  • Pastikan televisi sudah dilengkapi dengan penerima siaran TV digital DVB-T2.
  • Pastikan kabel antara antena dan TV tersambung dengan baik.
  • Setelah perangkat tv tersambung, pilih menu pengaturan/setting untuk pencarian sinyal. Biasanya terdapat pilihan DTV untuk siaran digital di samping ATV untuk siaran analog.
  • Pilihan auto scan untuk memindai program-program siaran TV digital, dan tunggu sampai proses selesai.

Untuk TV Yang Menggunakan STB

TV Digital_2tv

Bagi mereka yang sudah menggunakan STB, cara mencari sinyal TV digital bisa dilakukan dengan cara yang cukup cepat. (Sumber: Suara Merdeka)

Berikut adalah cara untuk melakukan penangkapan siaran pada TV yang menggunakan STB

  • Pastikan di daerahmu sudah terdapat siaran TV digital.
  • Gunakan antena UHF biasa, baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor). Posisi antena perlu disesuaikan (ketinggian dan/atau arah) dengan lokasi pemancar multipleksing.
  • Sambungkan STB ke TV dan antenta dengan menggunakan salah satu dari kabel RCA atau HDMI sesuai jenis TV.
  • Pastikan kabel antara STB, antena, dan TV tersambung dengan baik.
  • Pastikan TV dalam keadaan menampilkan sumber AV. Jika terdapat beberapa pilihan AV1, AV2, dst, maka sesuaikan.
  • Nyalakan STB, kemudian akan diminta untuk memasukkan kode pos. Isi sesuai dengan domisili rumah agar bisa menerima sinyal peringatan dini kebencanaan.
  • Setelah masuk ke Menu, pilih “pencarian saluran secara otomatis”.

Baca juga: Intip Fitur Modern Televisi Panasonic Terbaru OLED TV LZ2000G

Kesimpulan Untuk Para Penggunanya

Penangkapan siaran pada TV digital adalah proses penerimaan sinyal televisi digital dengan menggunakan perangkat penerima digital atau set-top box.

TV digital memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan teknologi televisi analog, antara lain kualitas gambar yang lebih baik, suara yang lebih jernih, dan kapasitas siaran yang lebih besar.

Namun, penangkapan siaran pada TV digital dapat menjadi masalah jika perangkat penerima tidak mampu menangkap sinyal dengan baik.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas siaran pada TV digital, seperti kekuatan sinyal, interferensi atau gangguan dari perangkat lain, atau kegagalan perangkat penerima itu sendiri.

Salah satu cara untuk memperbaiki masalah penangkapan siaran pada TV digital adalah dengan menggunakan antena yang lebih baik atau memperbaiki posisi antena agar mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Selain itu, memastikan bahwa perangkat penerima digital telah diatur dengan benar juga dapat membantu meningkatkan kualitas siaran.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Apakah Anda masih menggunakan TV non-digital lama di rumah? Jangan khawatir, karena Anda tetap bisa menonton semua acara TV digital di rumah...

Artikel

Unbox.id – Perkembangan penyiaran di Indonesia telah mencapai satu titik yang lebih maju dibandingkan sebelumnya. Dalam hal ini, masyarakat Indonesia belum lama ini sudah...