Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Cara Cari Siaran TV Digital Dengan Set Top Box

Set Top Box_1
Ada cara yang bisa dilakukan untuk bisa mencari TV Digital dengan alat Set Top Box. (Sumber: Bukalapak)

Unbox.id – Perkembangan penyiaran di Indonesia telah mencapai satu titik yang lebih maju dibandingkan sebelumnya. Dalam hal ini, masyarakat Indonesia belum lama ini sudah dapat menyaksikan siaran televisi dengan kualitas gambar yang lebih cerah dan juga dengan banyaknya beragam channel yang tersedia untuk ditonton. Dalam hal ini, TV digital adalah salah satu hal yang cukup penting dalam perkembangan teknologi digital di Indonesia. Sejalan akan hal itu, ada salah satu benda yang diperlukan untuk menunjang aktivitas penyiaran TV digitalnya tersebut dengan menggunakan Set Top Box. Lalu, bagaimana cara mencari siaran TV digital dengan Set Top Box atau STB yang bisa dilakukan oleh para penggunanya di rumah? Berikut informasi caranya!

TV Analog Dimatikan, TV Digital Tiba

Set Top Box_2

Alat bernama Set Top Box atau STB jadi alat yang bisa menangkap sinyal TV digital di televisi penggunanya. (Sumber: Gadgetren)

Belum lama ini, masyarakat Indonesia cukup dihebohkan dengan adanya pergantian dari penyiaran secara nasional. Dalam hal ini, penyairan di tanah air telah berubah dari awalnya menggunakan penyiaran TV analog dan sekarang telah menjadi TV digital yang bisa dinikmati di seluruh Indonesia. Pergantian ini tentunya mematikan TV analog untuk bisa digantikan dengan TV digital. Kebijakan yang dimulai dari tanggal 2 November 2022 ini memang cukup berjalan dengan baik secara serentak di tanah air.

Lebih lanjut dengan kebijakan ASO atau Analog Switching Off, para penggunanya perlu memerlukan sebuah alat yang digunakan untuk bisa digunakan dalam menggunakan TV digital yang sudah ada seperti saat ini. Dalam penggunaannya itu, salah satu alat yang krusial dan juga dibutuhkan adalah alat bernama Set Top Box atau STB. STB ini merupakan sebuah alat tambahan yang nantinya bisa disematkan pada perangkat televisi penggunanya untuk bisa mendapatkan kualitas penyiaran yang lebih baik.

Set Top Box ini dilengkapi dengan fitur bernama DVB-T2 yang memiliki fungsi menangkap sinyal dari TV digital dan dapat mengkonversinya untuk bisa ditonton dengan menggunakan TV analog biasa yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Dengan adanya hal ini, maka mulai dari kualitas siaran, beragamnya stasiun TV, hingga daya tangkap sinyalnya menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Tentunya dengan kehadiran alat Set Top Box yang digunakan untuk TV digital ini, para penggunanya bisa menonton televisi dengan kualitas gambar yang lebih cerah dan menambah kesan tersendiri untuk bisa menonton siaran televisi lokal yang tersedia dari alatnya tersebut.

Sumber: Hisense 40E4H: Televisi Terbaru Cocok Untuk Siaran PD 2022
Cara Cari Siaran TV Digital

Set Top Box_3

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mencari siatan TV digital dengan STB. (Sumber: Tribune)

Selain menggunakan Set Top Box atau STB, para penggunanya juga dapat mencari siaran TV digital yang telah terpasang dalam TV analog yang sudah disematkan dengan perangkat STB yang ada. Cara pencarian siaran TV digital bisa dikatakn cukup mudah dan hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang ada. Untuk itu, langkah-langkahnya yang bisa di ikuti adalah sebagai berikut ini.

  • Hubungkan antara jaringan antena, Set Top Box, dan juga televisi para penggunanya. Sambungkan dengan daya.
  • Nyalakan STB dan TV analog.
  • Masuk ke menu pengaturan TV analog dan pilih mode tampilan AV di mana nantinya akan ada mode pengaturan STB.
  • Setelahnya, pilih menu opsi pencarian saluran. Jika ada opsi pengisian kode pos, maka isilah kode pos domisili tempat tinggal para penggunanya.
  • Jika sudah, maka para penggunanya bisa memilih opsi “Pencarian Otomatis”. Nantinya Set Top Box akan mencari sinyal secara otomatis yang berada di sekitaran domisili tempat tinggal para penggunanya.
  • Apabila pencarian telah selesai, maka para penggunanya bisa menonton siaran TV digitak dengan perangkat televisi di dalam rumahnya.
Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Supertone Indonesia atau dikenal dengan SPC, perusahaan teknologi asal Indonesia, baru-baru ini memperkenalkan smart TV SPC ST65X dengan ukuran layar 65 inci....

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi baru-baru ini meluncurkan Xiaomi TV S Mini LED di pasar Cina. Varian TV 75 inci kini telah tersedia di negara...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — ViewSonic telah meluncurkan monitor ultra lebar melengkung baru, VX4518, dengan layar besar 44,5 inci dengan rasio aspek 32:9. Monitor ini saat...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Beberapa smart TV LG memiliki kerentanan serius, sehingga memungkinkan peretas mengambil kendali penuh atas TV, mencuri data korban, dan memasang malware. Masalah...