Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

10 Tips Melindungi Data Digital di Smartphone

Digital Payment

Last updated on 23 Oktober, 2023

Jakarta, Unbox.id – Di era digital yang serba canggih ini, keamanan dan privasi di dalam smartphone kita sangatlah penting. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menyimpan data pribadi dan informasi rahasia di dalam smartphone kita.

Data pribadi tersebut bisa berupa foto, nomor telepon, pesan teks, dan bahkan detail rekening bank. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk melindungi privasi kita dengan mengikuti beberapa tips dan trik keamanan berikut ini:

1 Aktifkan Kunci Layar Digital

Mengaktifkan kunci layar adalah cara terbaik untuk melindungi privasi Anda. Utilisasikan fitur keamanan smartphone Anda seperti PIN, pola, atau sidik jari untuk mengunci layar Anda.

Baca juga: Tab M11 Lenovo Segera Rilis dengan Bobot Ringan, Layar Lebih Lebar

2 Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan Anda selalu memperbarui perangkat lunak smartphone Anda ke versi yang paling baru. Perbaruan ini biasanya mengandung perbaikan keamanan terbaru yang dapat melindungi Anda dari ancaman yang ada.

3 Gunakan Aplikasi Keamanan

Instal aplikasi keamanan tepercaya dari penyedia terpercaya seperti aplikasi antivirus, antimalware, atau aplikasi yang dapat membantu melindungi data pribadi Anda.

4 Hati-hati saat Mengunduh Aplikasi

Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi dari toko resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store. Hindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya karena mereka dapat mengandung malware digital yang berbahaya.

Baca juga: Youtube Luncurkan Youtube Create Pesaing Capcut

5 Periksa Izin Aplikasi

Saat menginstal aplikasi baru, periksa izin yang di minta oleh aplikasi tersebut. Pastikan Anda hanya memberikan izin yang di perlukan oleh aplikasi dan tidak memberikan izin yang berlebihan atau mencurigakan.

6 Jangan Terhubung ke Jaringan Wi-Fi Publik

Hindari terhubung ke jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman karena dapat membahayakan keamanan dan privasi Anda. Gunakan koneksi data seluler atau gunakan jaringan Wi-Fi pribadi yang terenkripsi.

7. Gunakan VPN

Virtual Private Network (VPN) sangat penting untuk melindungi privasi Anda saat menggunakan internet. VPN menyembunyikan alamat IP Anda dan mengenkripsi data Anda, menjaga privasi Anda tetap aman.

8 Batasi Jejak Digital Anda

Hapus riwayat browsing, cookie, dan cache secara teratur untuk mengurangi jejak digital Anda. Ini akan membantu melindungi privasi Anda dan mencegah orang lain melacak aktivitas online Anda.

9 Jaga Keamanan Pesan Teks 

Jangan mengirim atau menerima pesan teks yang mengandung informasi sensitif seperti nomor kartu kredit atau kata sandi melalui SMS. Gunakan aplikasi pesan yang dienkripsi end-to-end seperti WhatsApp atau Telegram.

10 Backup Data Secara Teratur

Terakhir, pastikan Anda melakukan backup data digital pribadi Anda secara teratur. Jika perangkat Anda hilang atau rusak, Anda masih memiliki salinan data penting Anda yang aman.

Dengan mengikuti tips dan trik keamanan ini, Anda dapat melindungi privasi dan data pribadi Anda di dalam smartphone Anda. 

Selalu berhati-hati dan waspada terhadap ancaman keamanan yang mungkin ada, dan jangan ragu untuk menggunakan alat dan aplikasi yang ada untuk membantu menjaga keamanan dan privasi digital Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk terbaru merk Vivo, yaitu versi Y28s 5G akan segera memasuki pasar China dalam waktu dekat. Merk tersebut akan segera menambahkan...

Tech News

Jakarta, Unbox.id — General Mobile bersiap untuk memperkenalkan seri smartphone baru. GM atau General Mobile merupakan perusahaan yang berdiri di Turki. Kali ini, perusahaan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Seperti rumor yang telah beredar, Sony akhirnya merilis dua ponsel Xperia baru kali ini. Kedua ponsel adalah Xperia 1 VI dan...