Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Bisnis Teknologi Xiaomi Sumbang Raturan Triliunan Rupiah

Xiaomi Company_1a
Xiaomi Company. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Perusahaan teknologi asal Tiongkok Xiaomi akan meraup untung sepanjang tahun 2023. Menurut laporan yang diterima Unbox.id, total pendapatan Xiaomi mencapai 271 miliar yuan. Dari jumlah tersebut, laba bersih penyesuaian Xiaomi meningkat 126,3% menjadi 19,3 miliar yuan atau Rp 591,3 triliun. Peningkatan laba bersih yang signifikan ini diklarifikasi melebihi ekspektasi pasar. Ini merupakan keuntungan tertinggi kedua bagi Xiaomi sejak menjadi perusahaan publik. Bisnis smartphone Xiaomi menjadi salah satu sektor yang menyumbang pendapatan besar bagi Xiaomi. Laporan Xiaomi menyebutkan pada tahun 2023, Xiaomi akan mengapalkan 145,6 juta smartphone secara global. Pendapatan penjualan smartphone tahunan Xiaomi mencapai 157,5 miliar yuan atau setara Rp 343,6 triliun dengan margin laba kotor 14,6%. Riset Canalys menunjukkan Xiaomi berhasil mempertahankan posisi nomor 3 penjualan smartphone global selama tiga tahun berturut-turut. Pada kuartal keempat tahun 2023 saja, pengapalan smartphone Xiaomi mencapai 40,5 juta unit atau meningkat hampir 24%.

HP Premium Xiaomi Laku Keras

Xiaomi Company_2b

Xiaomi Company. (Sumber: Telecom Talk)

Xiaomi juga semakin meningkatkan inovasi di segmen high-end. Berdasarkan data pihak ketiga, pangsa pasar Xiaomi pada penjualan smartphone di atas Rp 8 juta di China mencapai 16,9%.

Di pasar Tiongkok, lebih dari 20% total pengapalan smartphone Xiaomi tahun ini merupakan model high-end atau harga di atas Rp 6,5 juta.

Untuk pasar global, menurut riset Canalys, pada tahun 2023 pengapalan smartphone Xiaomi akan mencapai pada tahun 2023. Smartphone Xiaomi akan masuk 3 besar di 51 negara. Selain itu juga masuk dalam 5 besar di 65 negara di dunia. Jika dirinci, Xiaomi menempati peringkat kedua di Timur Tengah dan ketiga di Amerika Latin, Afrika, dan Asia Tenggara.

Bisnis IoT Xiaomi

Perangkat IoT adalah hal lain yang juga berkontribusi terhadap pendapatan Xiaomi. Pada tahun 2023, pendapatan produk IoT akan mencapai 80,1 miliar yuan. Margin kotornya adalah 16,3%. Hingga 31 Desember 2023, Xiaomi telah mengapalkan total 739,7 juta perangkat AIoT.

Sementara itu, jumlah pengguna dengan 5 perangkat atau lebih yang terhubung ke platform AIoT telah mencapai 14,5 juta. Jumlah pengguna aktif harian aplikasi Mi Home akan mencapai 85,8% pada Desember 2023.

Untuk kategori smart life, pengapalan Xiaomi TV pada tahun 2023 masuk dalam 5 besar gender dunia. Pengiriman tablet Xiaomi secara global melebihi 5 juta unit.

Mau Perkuat Kolaborasi

Pada tahun 2023, Xiaomi berkomitmen untuk terus berinvestasi pada teknologi inti mulai tahun 2020 hingga 2030. Untuk mencapai pencapaian tersebut, biaya penelitian dan pengembangan Xiaomi mencapai Rp41,6 triliun atau meningkat 19,2%.

Masih dari sisi riset, Xiaomi mempekerjakan 17.800 orang di sektor RnD atau setara dengan 53% dari total karyawan perusahaan, hingga akhir tahun 2023.

Selain itu, pada 28 Desember, Xiaomi juga mengumumkan kemunculan produk kendaraan listrik pertamanya, Xiaomi SU7.

Baca juga: Pencipta Teknologi AI Google DeepMind Resmi Gabung Microsoft

Smartphone Ternama Saat Ini

Apple iPhone_2b

Apple iPhone. (Sumber: Smartprix)

Berikut adalah informasi tentang model-model smartphone ternama pada saat ini yang ada di pasarannya:

  • Apple iPhone (seri terbaru): Apple iPhone selalu menjadi salah satu smartphone paling terkenal di dunia dengan penggemar yang kuat dan sering kali menetapkan standar dalam industri.
  • Samsung Galaxy (seri terbaru): Samsung Galaxy juga merupakan salah satu merek ponsel paling populer di dunia, dengan berbagai model yang menawarkan berbagai fitur dan spesifikasi untuk berbagai jenis pengguna.
  • Google Pixel (seri terbaru): Google Pixel, dengan dukungan langsung dari Google, sering kali menarik perhatian pengguna yang menginginkan pengalaman Android yang murni dan dukungan software yang kuat.
  • OnePlus (seri terbaru): OnePlus dikenal karena menyediakan ponsel berkualitas tinggi dengan harga yang relatif terjangkau, menarik bagi pengguna yang menginginkan performa tinggi tanpa harus membayar harga yang sangat mahal.
  • Xiaomi (seri Mi terbaru): Xiaomi telah mendapatkan popularitas yang signifikan di banyak pasar karena menyediakan ponsel berkualitas dengan harga yang terjangkau, sering kali menawarkan spesifikasi yang menarik untuk harga yang lebih rendah dari pesaingnya.
  • Huawei (seri Mate atau P40 terbaru): Huawei, meskipun menghadapi beberapa tantangan di pasar global karena masalah keamanan dan kebijakan perdagangan, masih memiliki popularitas yang kuat di beberapa pasar, terutama di Cina, dengan lini produk seperti seri Mate atau P40.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi terus memperluas jajaran produknya, menawarkan berbagai perangkat pintar yang cocok untuk hampir semua orang dan tujuan apa pun. Kali ini,...

Tech Industry

Unbox.id – Xiaomi dikabarkan sedang bersiap meluncurkan ponsel layar lipat barunya. Rupanya smartphone baru ini akan memiliki Xiaomi Mix Flip. Kehadiran ponsel layar lipat...

Tech Industry

Unbox.id – Aliansi Industri Video Ultra-HD Dunia baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah menyetujui proyek bertajuk “Gambar Diam Rentang Dinamis Tinggi (HDR) Bagian 2:...

Software

Unbox.id – Sementara peluncuran sistem operasi HyperOS berbasis Android 14 milik Xiaomi masih berlangsung, perusahaan telah memberikan gambaran umum tentang ponsel Xiaomi yang memenuhi...