Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

Nokia N-Gage, Pionir Namun Gagal di Pasaran

Last updated on 16 Desember, 2022

Unbox.id – Nokia N-Gage hadir sebagai solusi buat gamer bermain secara mobile. Karena game online saat itu lagi booming. Dan Nokia coba berinovasi terhadap dua hal berbeda. Yaitu game konsol dan handphone. Dengan menggabungkan keduanya, muncullah N-Gage.

N-Gage hadir dengan tampilan sangat gamer. Keypad dan kursor terletak di bagian kanan dan kiri. Sangat mendukung para gamer saat bermain game kesukaan. Selain itu, layar  besar di tengah sangat membantu tampilan visual dari game tersebut.

Memang Nokia sendiri ingin membangun ekosistem N-Gage sekaligus inovasi mobile game di era tersebut. Bahkan tren ini jadi pionir mobile game yang dikenal sekarang. Karena itu, banyak orang pernah bahkan menyimpan handphone tersebut.

Baca Juga: Nokia Terbaru dapat Android 13  

Nokia N-Gage Generasi Pertama

Generasi pertama diperkenalkan pada November 2002 dan diluncurkan setahun setelahnya. Sebenarnya, lahirnya handphone tersebut karena dominasi dari Nintendo. Bayangin anak muda main game seperti Nintendo namun tak bisa teleponan.

Nokia N-gage first generation

Credit: GSMARENA

Untuk itu, Nokia membuat versi handphone gaming dengan Operating System Symbian. Pada zamannya, OS Symbian adalah kelas tertinggi terutama 6.1. Kehadirannya pun mengungkap kalau model ini sebenarnya masih simpan masalah.

Mulai dari desain tombol dan kursor berjauhan, ergonomi tangan tidak sesuai dan masih banyak lagi. Termasuk catridge buat game tersebut, seperti SD Card generasi awal.  Sampai ganti game saja harus tukar SD card terlebih dahulu.

Performa game dari N-Gage sendiri cukup mumpuni, meskipun fitur yang diberikan pun juga terbatas tak seperti game konsol lainnya.  Untuk harga game sendiri, konon sangat mahal pada zamannya dan hal ini memberatkan para pengguna handphone tersebut. Akhirnya muncul crack atau game dengan satu SD Card bisa main semuanya.

Baca Juga: Tablet Nokia terbaru hadir

Generasi Kedua pun Juga Sama

N-gage Generasi Kedua

Nokia pun keluarkan N-Gage generasi kedua dengan harapan ada peningkatan. Sekaligus perbaiki masalah di generasi sebelumnya. Ternyata, masalah sama tetap terulang bahkan lebih buruk daripada generasi sebelumnya. Bahkan masa edar handphone ini cuma tiga tahun saja. Rasanya cukup sulit gabungkan kedua hal jadi satu.

Mungkin saja saat itu handphone adalah alat komunikasi semata. Dan kehadiran smartphone belum terlalu masif. Meskipun N-Gage sudah jadi pionir dari sebuah game mobile yang dimainkan oleh pengguna handphone masa kini. Tak salah jika ingin memainkan game di N-Gage. Jika kalian masih menyimpan bahkan ada beberapa game masih bisa dimainkan saat ini.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Infinix

Jakarta, Unbox.id  — Setelah banyak penggemar yang menantikan inovasi perangkat gaming terbaru dari Infinix, akhirnya mereka memberikan jawaban yang melegakan. Merk pengembang produk gadget...

Infinix

Jakarta, Unbox.id — Infinix baru saja mengadakan acara peluncuran produk terbaru smartphone GT 20 Pro di Arab Saudi, pada Minggu 28 April 2024. Ini...

Tech Industry

Unbox.id – HMD Global “menghidupkan kembali” 3 model ponsel Nokia jadul tahun ini: Nokia 6310, Nokia 5310, dan Nokia 230. Ketiga model ponsel Nokia...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — ViewSonic telah meluncurkan monitor ultra lebar melengkung baru, VX4518, dengan layar besar 44,5 inci dengan rasio aspek 32:9. Monitor ini saat...