Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Sony dan AP Uji Teknologi Untuk Buktikan Keaslian Foto di Kamera

Kamera Sony_1a
Kamera Sony. (Sumber: Sony)

Unbox.id – Sony Electronics telah bermitra dengan Associated Press (AP) untuk menguji teknologi autentikasi kamera guna membuktikan keaslian foto. Pengujian putaran kedua untuk teknologi autentikasi ini baru saja dirilis ‘sepenuhnya pada kamera Sony, yang awalnya dirilis’ dibuat dengan AP. Sertifikat digital kamera ini memungkinkan rekaman gambar yang diambil dibuat untuk mengautentikasi keaslian gambar.

Teknologi Otentik Sony Menyediakan Signature Berbasis Mesin

Kamera Sony_2b

Kamera Sony. (Sumber: CNET)

Menurut perusahaan tersebut, teknologi asli Sony menyediakan tanda tangan otomatis, yang dapat menghilangkan segala kemungkinan manipulasi gambar yang tidak terdeteksi. Chipset yang disertakan dalam kamera memungkinkan untuk langsung menampilkan tanda tangan digital saat diambil.

Fungsi keamanan ini ditujukan bagi para profesional yang ingin melindungi keaslian konten mereka dan membantu media melawan pemalsuan gambar. Neal Manowitz, presiden dan CEO Sony Electronics, mengatakan bahwa kecerdasan buatan (artificial Intelligence) atau teknologi AI Generatif saat ini berkembang pesat dan membawa banyak kemungkinan baru dalam ekspresi kreatif.

Namun di sisi lain, juga menimbulkan banyak kekhawatiran akan bahaya penggunaan foto dan Manowitz. mengatakan: “Hal ini tidak hanya merugikan jurnalis dan agensi media karena penyebaran informasi dan gambar palsu dapat merugikan pihak yang menggunakannya” melalui siaran pers.

Sony adalah anggota komite pengarah Alliance for Content Authentication and Provenance dan menetapkan standar industri untuk pelacakan pengeditan dan pemrosesan gambar.Dia mengatakan bahwa dia mempertimbangkan As menjadi kamera Sony.

Teknologi autentikasi telah membuahkan hasil yang sangat bermanfaat, perusahaan terdorong untuk mengembangkan dan mendistribusikannya secara lebih luas.

Gambar Palsu Jadi Kekhawatiran Kantor Berita

Menurut David Ake, direktur fotografi AP, gambar palsu dan dimanipulasi merupakan kekhawatiran utama bagi organisasi berita. “Gambar tersebut tidak hanya berkontribusi terhadap penyebaran misinformasi dan tipuan, namun juga dapat merusak kepercayaan publik terhadap media. image Ake berkata.

Pengujian nyata terakhir Sony dan Associated Press selesai pada Oktober 2023. Keduanya menguji autentikasi foto dan mengevaluasi alur kerja dalam uji coba selama sebulan. Sony juga bermitra dengan Camera Bits, perusahaan yang mengembangkan alat fotografi, alur kerja standar industri, Photo Mechanic.

Bersama Sony dan AP, Camera Bits menciptakan teknologi dalam Photo Mechanic, yang mempertahankan tanda tangan digital kamera, hingga ke Edit metadata. Dennis Walker, presiden dan pendiri Camera Bits, mengatakan mereka memahami pentingnya pemrosesan gambar wajah mitra mereka.

Hal ini mendorong dunia usaha untuk berperan dalam membantu memecahkan masalah ini. “Mekanik Foto telah digunakan oleh industri foto jurnalistik selama 25 tahun dan terus berkembang seiring dengan diperkenalkannya teknologi baru” industri,” kata Walker.

Selain itu, menurut perusahaan, tanda tangan dalam kamera baru dan otentikasi C2PA Sony diperkirakan akan dirilis dalam pembaruan Firmware pada Alpha 9 III, Alpha 1 dan Alpha 7S III, yang akan diumumkan pada awal tahun 2024.

Baca juga: Sony Rilis Kamera Alpha 7C II Dan Alpha 7CR Di Indonesia

Pasar Kamera Entry Level Naik Berkat Tren Vlogging

Kamera Sony Terbaru_2b

Kamera Sony Terbaru. (Sumber: Techno Tech)

Sebelumnya, industri kamera terbilang booming. Seiring berjalannya waktu, kamera vlogging telah berkembang menjadi kategori kamera entry-level baru yang semakin populer. Perubahan ini mungkin tampak kecil, namun kamera vlogging telah membuka pintu bagi generasi baru pengguna kamera entry-level, kata Dunia Kamera Digital.

Banyak produsen kamera seperti Sony, Canon dan Fujifilm telah meluncurkan banyak model kamera berbeda untuk vlogging. Misalnya, Sony telah meluncurkan sejumlah kamera untuk keperluan vlogging.

Di Jepang, Sony bahkan memfokuskan perhatiannya pada videografi dengan memperbarui konten di toko-toko. Tren ini terjadi karena pasar kamera tradisional sedang menurun, sementara pasar vlogging mengalami pertumbuhan yang signifikan. Faktanya, vlogging telah menjadi salah satu area pertumbuhan besar dalam industri kamera selama beberapa tahun terakhir.

Menurut data resmi dari CIPA – Asosiasi Produk Kamera dan Pencitraan, juga Seperti dilansir industri ritel, vlogging kamera telah menjadi perlengkapan fotografi kelas bawah yang baru. Hal ini tercermin dalam pernyataan Nikkan Kogyo Shimbun, salah satu surat kabar bisnis terkemuka di Jepang, yang menyatakan: “Dapat dikatakan bahwa kamera vlogging adalah sebuah entry -perangkat tingkat – perangkat tingkat pemula.

Artikel tersebut melanjutkan: “Produsen kamera bersaing di pasar video blogging (vlogging). Setiap perusahaan melengkapi produknya dengan fungsi yang diperlukan untuk vlogging.”

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Spesifikasi PS5 Pro yang bocor menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan, membuat marah Sony. Investigasi telah diluncurkan untuk menemukan pelakunya. Saat ini Sony...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – PlayStation 5 Pro diperkirakan akan segera dirilis. Sejumlah bocoran mengenai konsol terbaru Sony mulai tersebar. Sebagai informasi, PlayStation 4 Pro dirilis tiga...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Setelah Sony meraih kesuksesan di bisnis konsol game PS5, perusahaan asal Jepang tersebut dikabarkan akan meluncurkan penggantinya, PlayStation 6. Ada rumor yang...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Sony, menurut laporan terbaru, sedang mengerjakan earbud generasi berikutnya, yang diberi nama LinkBuds 2. Meskipun detailnya masih langka saat ini, bocoran...