Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Malware: Indikasi Serangan Pada Perangkat dan Mengatasinya

Malware
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Akhir-akhir ini, memang banyak akun media sosial yang hilang atau terhapus akibat ulah oknum yang dengan teganya melakukan peretasan. Namun, tahukah anda jika peretasan tersebut bisa saja merupakan indikasi bahwa perangkat anda terkena malware?

Apa itu malware? Malware merupakan alat atau software yang diciptakan khusus untuk membuat kerusakan di perangkat anda melalui jaringan internet. Biasanya, serangan ini dapat masuk ke dalam perangkat anda melalui situs-situs ilegal dan aplikasi yang tidak resmi.

Baca juga: Hal yang Harus dilakukan ketika WhatsApp Dihack

Sayangnya, banyak orang yang terjebak oleh tipuan para peretas dengan mengiming-imingi sesuatu, lalu menggiring korbannya untuk mengakses sebuah link. Dari link tersebut, biasanya korban akan menerima serangan dari peretas dapat mengakses informasi penting, seperti media sosial dan rekening bank korbannya.

Lalu, apa saja indikasi perangkat terkena serangan? Simak daftar indikasi berikut ini.

Malware Masuk Melalui Media Sosial

Hal ini sering terjadi, ketika seseorang tertarik untuk mengklik sebuah link yang terdapat di media sosial. Biasanya, para peretas membodohi para korbannya dengan dalih menjual sesuatu, atau mengirim pesan secara langsung ke korban. Ketika anda mengklik tautan yang mereka beri, mereka akan mudah mengakses perangkat anda. Tanda-tandanya adalah akun media sosial anda tidak dapat anda akses.

Muncul Pop-up Mencurigakan

Ketika anda sedang asyik menjelajah dunia internet, tentu akan kaget jika tiba-tiba muncul notifikasi iklan secara tiba-tiba. Biasanya, serangan ini akan memunculkan notifikasi peringatan berbahaya. Seperti ‘bersihkan perangkat anda sekarang’, atau ‘perangkat anda tidak aman’, dan sebagainya.

ilustrasi: berbagai sumber

Bisa jadi hal tersebut merupakan serangan peretas yang masuk melalui jaringan internet dari situs yang pernah anda akses.

Beberapa Fitur Tidak Berfungsi

Ketika anda ingin menjalankan fitur kamera atau webcam, melakukan panggilan, menyalakan browser, dan sebagainya, pernahkah salah satu tidak berfungsi? Jika pernah, hal itu bisa saja merupakan indikasi adanya serangan di perangkat anda. Anda tentunya harus sangat berhati-hati.

Baca juga: Pikir Ulang Sebelum Memakai Akses Ilegal, Ini Dampaknya!

Khususnya bagi anda yang menyimpan informasi-informasi penting di dalam ponsel maupun komputer, seperti identitas, media sosial, dan akun bank.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan anda memiliki backup data yang lengkap di suatu tempat. Bisa tercatat secara manual, atau di perangkat lain yang tidak terkoneksi internet seperti memory card atau flashdisk. Setelah anda menyadari adanya serangan peretas, segera bersihkan total perangkat anda, lakukan penyetelan ulang pabrik.

Nah, kendati perangkat anda sudah terinstal ulang dan data-datanya lenyap, anda masih memiliki backup yang lengkap. Cukup sampai di sini penjelasan tentang malware, semoga bermanfaat.

sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Pada masa sekarang, semakin banyak lagi keluaran laptop yang memiliki spek yang sangat tinggi. Salah satunya adalah laptop core i7. Dengan spesifikasi...

Software

Unbox.id – Perangkat PC adalah salah satu platform yang memiliki pengguna cukup besar di seluruh dunia. PC menjadi sebuah hal yang penting untuk menunjang...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Sebuah laptop di zaman sekarang ini menjadi suatu kebutuhan utama yang diperlukan oleh hampir masyarakat luas di dalam kesehariannya. Berbagai kalangan dan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – LK21 atau Layar Kaca 21 banyak dikenal sebagai situs streaming dan mengunduh film gratis. Namun, tahukah anda jika situs tersebut, beserta...