Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Snapdragon 888 Hadir dengan Berbagai Keunggulan

snapdragon

Jakarta, Unbox.id – Teknologi memang terus hadir memberikan inovasi baru dengan kabar adanya chip mobile kelas atas dari Qualcomm melalui Snapdragon 888 Plus. SoC akan menjadi suksesor dari Snapdragon 888 versi standar yang memiliki performa lebih tinggi. Walaupun belum ada informasi resmi mengenai chip ini, tetapi ada bocoran mengenai Snapdragon 888+ yang beredar di internet. 

Bocoran Spesifikasi

Faktanya, chip ini sudah banyak muncul di halaman situs pengujian performa (benchmark) Geekbench. Hanya saja, berdasarkan bocoran skor benchmark multi-platform Geekbench, yang dipublikasikan oleh pembocor Abhishek Yadav, Snapdragon 888 Plus menghasilkan nilai pengujian single core sebesar 1.171 poin dan multi core sebesar 3.704 poin. Jika dilihat dari tangkapan layar yang beredar, pengujian ini dilakukan pada perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 tanpa menyebutkan perangkat yang digunakan dalam pengujian ini.

Ketika dibandingkan dengan versi standar, skor Snapdragon 888 Plus yang berkode nama “Lahaina”  lebih tinggi daripada skor Snapdragon 888 di Samsung Galaxy S21, yang mencatat skor single core 1.043 poin dan multi core 3.090 poin. Sama halnya dengan OnePlus 9 yang  memperoleh skor single core 1.127 poin dan multi core 3.667 poin.

Snapdragon 888 Plus merupakan chip dengan delapan inti (octa-core) dengan satu core CPU  utama, satu kluster dengan 3 core CPU, dan satu kluster dengan 4 core CPU. Core utama dari perangkat ini adalah CPU berbasis ARM Cortex-X1 dengan kecepatan clock 3,00 GHz. Awalnya, CPU Kryo 680 pada Snapdragon 888 dalam versi standar yang memiliki kecepatan 2,84 GHz. 

Bukan hanya sebagai core utama, ada satu kluster yang terdiri atas tiga core, yang menggunakan CPU Cortex-A78, dengan kecepatan clock 2,42 GHz. Bahkan ada pula satu kluster empat core berbasis Cortex-A55 dengan frekuensi 1,80 GHz.. Tak hanya CPU, kinerja pengolah grafis (GPU) dikabarkan  turut digenjot. Adreno 660 yang tersemat di Snapdragon 888 Plus mengklaim lebih cepat dibanding GPU yang sama pada versi standar.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Nama Baru Snapdragon

Kendati demikian, bocoran spesifikasi Snapdragon 888 Plus di atas tentu saja belum terkonfirmasi sepenuhnya. Pasalnya, pihak pun masih belum membeberkan detail informasi dan rincian lainnya.

Tentang Snapdragon 888

CPU Kryo 680 menjadi kekuatan inti yang terdapat di chipset Snapdragon 888.  Chipsetnya berfungsi menjadikan performa chipset 25 persen lebih tinggi dari Snapdragon 865. Selain itu, GPU Adreno yang punya kelebihan menambah tingkatan kemampuan rendering grafis di angka 35 persen.

Melalui spesifkasi itu  chipset Snapdragon 888 bakal lebih unggul dan istimewa. Alasanya karena adanya transistor ukuran 5nm yang dikombinasikan dengan teknologi dari CPU Arm’s Cortex-A78 serta prosesor AI, Snapdragon 888 sehingga lebih hemat energi.  Apalagi, saat ini banyak kegiatan sehari-hari manusia tidak lepas dari yang namanya selalu pegang HP. Itulah yang menjadi hal penting dari kehadiran Snapdragon 888 ini apalagi chipset Snapdragon 888 sudah mendukung koneksi 5G.

snapdragon 888

Ketika dilihat dari kondisi RAM jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, Snapdragon 865 memiliki RAM sebesar 16GB, chipset Snapdragon 888 mendukung RAM hingga 32 GB. Kapasitas besaran RAM tidak lagi membuat kita merasa khawatir jika HP lemot saat sedang membuka banyak aplikasi. Bahkan khususnya untuk kita yang mempunyai banyak kegiatan dari zoom atau hal lain. Satu gadget bisa digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi. (Prs/Eve)

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Jakarta, Unbox.id – Tahun 2020 lalu, Apple memutuskan untuk beralih dari chip Intel ke Apple Silicon. Awalnya dimulai dari MacBook dan Mac Mini yang...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Perkembangan dan teknologi membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk dengan website pembelajaran. Faktanya, kita bisa mencari dan menemukan berbagai informasi...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Qualcomm baru saja mengumumkan akan mengganti nama seri prosessornya. Nama baru Snapdragon pun berubah menjadi format “seri satu digit dan nomor...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Melalui forum teknologi, Microsoft mengungkapkan para pengguna Windows 7, 8, dan 8.1 tidak akan bisa melakukan sinkronisasasi data ke cloud. Terhitung...