Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

iPadOS akan Mendukung Download Aplikasi di Luar Apple App Store

iPadOS_1a
iPadOS. (Sumber: Shift Delete)

Last updated on 10 Juni, 2024

Unbox.id – Beberapa hari yang lalu, Uni Eropa menetapkan iPadOS sebagai platform kontrol akses, sehingga Apple harus mengadaptasi sistem operasi tersebut untuk mematuhi Undang-Undang Pasar Digital (DMA) Uni Eropa. Gatekeeper sendiri merupakan istilah yang diberikan kepada perusahaan besar oleh Uni Eropa untuk mencegah upaya monopoli dan praktik anti persaingan.

Perkenalkan Fitur-Fitur Baru

iPadOS_2b

iPadOS. (Sumber: CNET)

Organisasi tersebut mengatakan pengguna pada dasarnya “terkunci” dalam ekosistem iPadOS Apple, mencegah mereka beralih ke pesaing. Untuk menghindari denda atau dikeluarkan dari pasar Uni Eropa, Apple akan mematuhi peraturan mulai musim gugur 2024 dengan mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga beroperasi di iPadOS.

Melalui artikel di situs Pengembang Apple yang dikutip oleh Android Authority, perusahaan mengumumkan akan memperkenalkan fitur-fitur terbaru di iPadOS di Uni Eropa pada musim gugur 2024.

Fitur penting adalah dukungan untuk toko aplikasi pihak ketiga, aplikasi yang dapat diunduh melalui situs web, browser pihak ketiga dengan mesin non-Webkit – berfungsi untuk mengubah browser default, pembayaran nirsentuh pihak ketiga, dan sejumlah fitur lainnya.

Pengembang aplikasi iPadOS yang meninggalkan App Store resmi dan memilih untuk menyediakan aplikasi mereka di toko pihak ketiga akan dikenakan biaya teknologi dasar (CTF) yang sama dengan aturan untuk pengembang aplikasi iOS di UE Eropa.

Baca juga: Cara Memperbaiki Ipad yang Tidak Bisa Disentuh

Uni Eropa Berikan Kelonggaran bagi Developer Kecil

Aturan CFT mengharuskan pengembang aplikasi membayar biaya tahunan untuk jumlah aplikasi yang diinstal. Untuk mencegah pengembang aplikasi bangkrut, Apple juga telah mengubah kebijakan CFT-nya.

Kebijakan ini memberikan fleksibilitas, dimana pengembang tidak perlu membayar CFT sama sekali kepada Apple jika mereka tidak memperoleh pendapatan dari aplikasi yang mereka tawarkan pada aplikasi ketiganya.

Selain itu, pengembang kecil memiliki opsi untuk mengembangkan aplikasi secara gratis selama 3 tahun tanpa membayar CFT. Kebijakan ini akan membantu pengembang menyusun strategi dan mengembangkan bisnisnya terlebih dahulu.

Selain itu, pengembang yang ingin menghindari CTF dapat mematuhi syarat dan biaya yang ditetapkan oleh Apple dengan cara mendistribusikan aplikasinya secara eksklusif melalui App Store.

Meski Apple belum merinci secara pasti kapan perubahan ini akan diluncurkan di pasar Uni Eropa, namun laporan dari Android Authority memperkirakan aturan ini akan mulai berlaku sekitar pertengahan September, saat iOS 18 diluncurkan ke publik.

Baca juga: Awas! Apple Ingatkan Pengguna Tak Ngecas IPhone Semalaman

Bocoran Spesifikasi dan Tanggal Peluncuran iPad Pro 2024

iPad Pro 2024_2b

iPad Pro 2024. (Sumber: Tech Progress)

Di sisi lain, Apple akan memperkenalkan lini iPad barunya di acara Apple “Let Loose” pada awal Mei 2024, dan rumor mengenai tablet barunya ini semakin tersebar luas.

Baru-baru ini beredar laporan Laporan terbaru mengenai spesifikasi teknis . akan digunakan di tablet terbaik Apple, iPad Pro.

Menurut laporan analis Mark Gurman yang dikutip Engadget, iPad Pro kemungkinan besar tidak akan menggunakan prosesor Apple M3 melainkan akan langsung menggunakan prosesor terbaru Apple, khususnya Apple. Apple M4.

Menurut laporan, penggunaan chipset Produk baru ini menandai masuknya Apple ke dalam persaingan teknologi AI yang saat ini menarik perhatian banyak perusahaan teknologi.

“Saya yakin Apple akan memposisikan hal ini tablet sebagai perangkat pertama yang benar-benar didukung AI – dan sejak saat itu, Apple akan memperkenalkan setiap produk baru sebagai perangkat AI,” tulis Gurman.

IPad Pro 2024 generasi baru ini akan diluncurkan pada acara Apple Let Loose di 7 Mei Januari 2024 pukul 07.00 waktu setempat atau 21.00 WIB. Apple akan memperkenalkan lini iPad terbaru pada pagelaran Apple event bertema ‘Let Loose’ yang akan digelar pada 7 Mei 2024, dan disiarkan secara online jam 07.00 waktu setempat atau 21.00 WIB.

Bagi fans Apple yang ingin menonton acara ini, kamu dapat ikutan secara live di YouTube atau aplikasi Apple TV.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...