Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Wajib Tahu, Ini Tips Agar PC Tidak Lemot Saat Digunakan!

PC_1
Ada beberapa tips yang bisa diikuti oleh para pengguna PC agar komputer tidak lemot.

Unbox.id – Perangkat PC adalah salah satu platform yang memiliki pengguna cukup besar di seluruh dunia. PC menjadi sebuah hal yang penting untuk menunjang berbagai aktivitas dari para penggunanya. Beberapa hal seperti untuk kalangan profesional, para pelajar dan mahasiswa, hingga bagi para gamers sendiri merupakan orang-orang yang tidak terlepas dari PC. Seiring dengan seringnya penggunaan platform tersebut, terkadang PC bisa menjadi lemot dan menjengkelkan. Untuk itu, berikut beberapa tips agar PC tidak lemot saat digunakan.

Lakukan Pengecekan Berkala Pada Sistem PC

Tips pertama yang perlu dilakukan agar platform ini terbebas dari lemot adalah dengan melakukan pengecekan pada sistemnya secara berkala. Komputer dapat menjadi lemot akibat dari berbagai hal, dan salah satunya adalah diakibatkan adanya virus atau malware yang mendiami program yang ada di sistem komputer tersebut.

Dengan adanya serangan dari virus ataupun malware itu, aplikasi pada komputer bisa berjalan lemot dan bahkan bisa berakibat not responding. Dan untuk mengatasi hal tersebut, para pengguna PC bisa melakukan pengecekan atau scanning secara berkala. Gunakan berbagai platform aplikasi anti virus agar bisa mengatasi berbagai virus ataupun malware yang ada pada sistem aplikasinya.

Baca juga: “This App Can’t Run On Your PC” Di Windows 10? Ini Solusinya!

Update Program Dan Sistem Operasi

PC_3

Mengupgrade sistem pada komputer bisa membuat performa aplikasi bisa menjadi lebih terjaga. (Sumber: Medcom)

Melakukan update secara berkala pada program maupun pada sistem operasi pada PC adalah suatu hal yang penting. Melakukan pembaruan tersebut juga memberikan dampak kepada performa aplikasi yang dijalankan dan juga dapat meningkatkan keamanan pada sistem aplikasinya tersebut.

Tak hanya sampai disitu, melakukan update pada program maupun di sistem operasinya juga dapat membuatnya lebih kompatibel terhadap PC. Dengan melakukan update secara berkala, setiap program maupun sistem aplikasi yang ada dapat menangkal serangan virus maupun malware kapan saja dan di mana saja.

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Tips berikutnya yang bisa dilakukan oleh para pengguna PC agar membuat performa komputer menjadi tidak lemot adalah melakukan uninstall beberapa aplikasi yang tidak digunakan. Sebuah aplikasi dapat memakan RAM atau memory yang cukup besar. Bayangkan apabila di dalam komputer memiliki banyak aplikasi, namun hanya beberapa saja yang digunakan. Sisanya? Hanya dapat membuat performa komputer menjadi lambat alias lemot.

Untuk itu, para pengguna komputer bisa menguninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan pada perangkat komputernya tersebut. Dengan begitu komputer dapat bekerja lebih optimal akibat memory yang luas untuk sistem aplikasi yang berjalan.

Baca juga: 3 Cara Gunakan Hotspot IPhone Untuk PC

Mengupgrade RAM

PC_2

Mengupgrade sistem RAM pada PC bisa mengurangi lemot pada sistemnya. (Sumber: XDA Developers)

Tips cara lainnya yang bisa dilakukan agar komputer terhindar dari lemot adalah dengan melakukan upgrade terhadap RAM. RAM sendiri merupakan bagian dari PC yang memainkan peranan penting guna menjaga performa dari komputer tersebut saat digunakan. Untuk itu, memiliki RAM yang cukup dan besar adalah suatu hal yang sangat diperlukan dalam pengoperasian sebuah platform PC.

Upgrade RAM agar bisa menyesuaikan kebutuhan dari para pengguna PC sehingga hal ini bisa menghindarkan dari lambatnya performa komputer saat digunakan.

 

 

Sumber: Dari berbagai sumber

Foto: XDA Developers, Medcom

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Mechanical Revolution baru-baru ini telah memperkenalkan versi teranyar dari mini PC Mechrevo Aurora S. Menurut berbagai sumber, perangkat terbaru yang satu...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — AOOSTAR belum lama ini telah meluncurkan perangkat komputer personal (PC) andalan baru di Tiongkok. Perangkat komputasi dengan fitur canggih tersebut memiliki...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Keychron baru-baru ini meluncurkan iterasi terbarunya, keyboard mekanis low-profile K1 Max di pasar Cina. Produk ini sudah tersedia di beberapa situs...

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Lenovo GeekPro Gaming Desktop 2024 telah rilis di negara asalnya, Tiongkok. Produk tersebut memiliki beberapa tambahan baru pada jajaran mesin gaming...