Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

USB type C Akan Menjadi Port Wajib Bagi Semua Perangkat Elektronik

USB type C
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Satu tahap lagi, pihak Uni Eropa akan mewajibkan para produsen gadget untuk memakai port USB type C sebagai standar. Termasuk Apple, yang mengandalkan port Lighting-nya, juga harus beralih ke USB-C.

Keputusan tersebut disetujui oleh Parlemen Eropa melalui Undang-Undang terbaru terkait kewajiban perangkat elektronik menggunakan satu saja tipe USB. Hal tersebut mereka setujui melalui pemilihan dari sekian banyak anggota parlemen yang hadir. Hanya sekitar 2 persen pihak yang menyatakan tidak setuju atas keputusan tersebut.

Baca juga: Intip Fitur O Relax di Oppo Yang Hadirkan Relaksasi

Dengan kata lain, parlemen dapat menyetujui keputusan tersebut berdasarkan suara terbanyak dari anggota. Melalui keputusannya, semua alat elektronik yang ada di Uni Eropa baik itu smartphone, kamera, televisi, tablet, dan sebagainya akan menggunakan USB type C.

Ketetapan Untuk Beralih ke USB Type C Berlaku di 2024

Kabarnya, peraturan Undang-Undang elektronik yang baru tersebut akan mulai berlaku di akhir tahun 2024 nanti. Termasuk juga untuk perangkat laptop, mereka juga mewajibkannya memakai port charger USB type C. Bedanya, penetapan wajib tersebut akan mereka mulai di musim panas pada tahun 2026 nanti.

Ketetapan USB-C menjadi mimpi buruk bagi Apple | foto: berbagai sumber

Kebijakan peraturan Undang-Undang tersebut sudah mereka perhitungkan sematang mungkin selama hampir satu dekade. Pihak Komisi Eropa telah merancang dan menyetujuinya di bulan Juni lalu hingga akhirnya disahkan oleh Parlemen Eropa. Saat ini, mereka tinggal menantikan keputusan final dari Dewan Eropa.

Baca juga: ZTE Luncurkan Produk Baru Blade V40s, Simak Spesifikasinya

Kebijakan tersebut nantinya akan menjadi menghasilkan perubahan besar, yakni terpangkasnya 11.000 ton sampah elektronik tiap tahun. Ini juga akan membantu menghemat 250.000 Euro setiap tahun sebab mereka tidak harus membeli charger baru.

Namun, di sisi lain ini merupakan petaka bagi produsen smartphone Apple yang masih setia dengan charger port Lightning pada iPhone-nya. Menurut Apple, kebijakan yang seperti ini justru akan menghambat munculnya inovasi-inovasi baru. Sebab, port yang sudah ada akan berubah menjadi lebih general.

Jika kebijakan tersebut berlaku di 2024 nanti, maka iPhone 15 bisa saja akan menjadi ponsel Apple pertama yang mengusung tipe charger USB type C. Namun, di sisi lain perangkat Apple selain iPhone juga mengusung port tipe C seperti iPad terbaru serta MacBook Pro.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami masalah saat dibuka. Beberapa pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplikasi menampilkan layar hitam, sehingga pengguna tidak...

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...