Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Ketahui Cara Buat Google Forms Yang Mudah

Google Forms_1
Ketahui cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah Google Forms. (Sumber: Zapier)

Unbox.id – Pada saat seperti sekarang ini, perkembangan zaman telah semakin berkembang. Dalam hal ini, berbagai kebutuhan dengan menggunakan perangkat teknologi adalah salah satu hal yang cukup menarik utuk diketahui oleh para penggunanya. Seperti contohnya dari sebuah platform dari Google, platform ini menyediakan berbagai macam kebutuhan platform yang cukup berguna di dalam berbagai aktivitas kebutuhan para penggunanya. Lebih lanjut, salah satu dari aplikasinya itu adalah Google Form di mana dapat menjadi kuesioner digital yang mumpuni bagi kebutuhannya. Lantas, bagaimanakah cara mudah yang bisa dilakukan unutk membuat sebuah Google Forms yang bisa diketahui? Untuk itu, berikut cara mudah pembuatannya!

Apa Itu Aplikasi Google Forms?

Google Forms_2

Google Forms merupakan perangkat survei digital yang dikembangkan oleh Google dan sangat berguna bagi penggunanya dalam dapatkan data digital. (Sumber: Entrepreneur Camp)

Mungkin bagi sebagian masyarakat, mendengar nama aplikasi yang satu ini bisa dikatakan agak asing bukan? Namun bagi sebagian lainnya, aplikasi ini telah menjadi sebuah sarana digital yang sangat penting untuk mendapatkan data kuesioner yang dibutuhkannya. Ya, aplikasi ini bernama Google Forms. Aplikasi yang berasal dari platform Google ini memang menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari aktivitas kegiatan penggunanya.

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini telah hadir di ranah digitalnya sejak 14 tahun yang lalu, tepatnya pada 6 Februari 2008 silam. Lebih lanjut, aplikasi ini bisa dikatakan sebagai sebuah perangkat lunak administrasi survei yang disertakan sebagai rangkaian penyunting di dalam platform Google. Dari aplikasinya ini, para penggunanya bisa menampilkan berbagai fitur yang bisa ditemukan di sini. Contohnya ada seperti Google Documents, Google Spreadsheet, dan juga Google Slide.

Seiring berjalannya waktu, platform aplikasi ini semakin dibutuhkan dan digunakan oleh para penggunanya ketika ingin mendapatkan sebuah data maupun survei. Terlebih contohnya pada saat terjadinya pandemi COVID-19 yang belum lama ini mengintai komunitas masyarakat, Google Forms seakan dapat menjadi sebuah platform yang dapat diunggulkan untuk mendapatkan data surveinya itu.

Tentunya dengan kehadiran dari platform Google Forms ini, para penggunanya bisa mendapatkan data secara cepat dan juga akurat. Selain itu, pemakaian aplikasi ini juga membantu untuk mendapatkan data digital yang lebih mumpuni dibandingkan dengan menggunakan survei secara manualnya.

Baca juga: Cara Atasi Error Di Fitur OK Google

Cara Buat Google Forms di PC atau Laptop

Kehadiran dari aplikasi ini memang menjadi salah satu yang menarik dan juga menarik untuk bisa digunakan dalam aktivitas keseharian penggunanya. Selain itu, kebutuhan dari aplikasi ini memang menjadikannya sebagai salah satu aplikasi yang cocok untuk berbagai kegiatan yang ada dari para penggunanya tersebut. Untuk menggunakan aplikasinya ini, para penggunanya bisa membuat survey digital pada perangkatnya itu lewat perangkat PC maupun laptop.

Cara pembuatan dari Google Forms sendiri bisa dikatakan cukup mudah untuk dibuat oleh para penggunanya lewat perangkatnya tersebut. Untuk itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk bisa membuat survy digital lewat perangkat Googlenya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini yang bisa di ikuti.

  • Buka perangkat PC atau laptop.
  • Selanjutnya, buka link drive.google.com.
  • Setelah masuk ke dalam aplikasi Google Forms, klik tanda “+” di bagian sisi kiri layarnya.
  • Jika sudah, pilih Google Forms.
  • Setelahnya, para penggunanya bisa membuat berbagai pertanyaan yang akan disematkan dalam kuesioner digitalnya tersebut.
  • Apabila seluruh pertanyaan telah dimasukkan ke dalam surveynya, klik “Send”.
  • Klik “Send Via” pada bagian simbol rantai di perangkatnya.
  • Lalu, pilih centang di bagian “Shorten URL”.
  • Copy atau salin link tersebut, lalu sebarkan ke para pengguna lainnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google telah memperbarui fitur Penjelajahan Aman default di Chrome untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap situs jahat. Hingga saat ini, fitur...

Tech Industry

Unbox.id – Seorang mantan insinyur Google baru-baru ini ditangkap di California karena mencuri lebih dari 500 file berisi rahasia dagang terkait kecerdasan buatan (AI)....

Tech Industry

Unbox.id – Google telah mengumumkan inisiatif strategis dengan BSSN (Otoritas Siber dan Mata Uang Kripto Nasional). Inisiatif ini diumumkan bersamaan dengan acara Lab Kebijakan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Last updated on 9 Maret, 2024 Jakarta, Unbox.id — Google Pixel Watch 3 telah menjadi rumor akhir-akhir ini. Kini, rumor yang beredar di internet...