Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Ketahui Beberapa Jenis Keyboard Komputer dan Fungsinya

Jenis Keyboard_1jk
Ketahui jenis-jenis keyboard yang juga menarik untuk bisa diketahui lebih lanjut bagi penggunanya. (Sumber: Komputer Media)

Unbox.id – Keyboard komputer adalah perangkat keras yang memiliki bentuk tabular dan berisi banyak tombol dengan fungsi yang berbeda-beda. Fungsi utama dari keyboard ini adalah mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang kita ketikkan agar ditransmisikan ke CPU (Central Processing Unit). Instruksi tersebut kemudian akan menjadi sinyal digital yang dipahami oleh prosesor. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak sekali jenis keyboard komputer atau laptop. Walaupun fungsinya sama, namun setiap jenis keyboard komputer memiliki bentuk dan kegunaan yang berbeda. Lantas, apa saja jenis-jenis keyboard pada laptop dan komputer yang sudah tercipta selama ini? Ini daftarnya.

Beberapa Jenis Keyboard Yang Populer

Menjadi salah satu bagian yang penting di dalam sebuah perangkat komputer ataupun laptop, perangkat keyboard pastinya tidak mungkin terpisahkan dalam penggunaannya. Untuk itu, terdapat beberapa jenis keyoboard yang menarik dan juga bisa diketahui lebih lanjut bagi kegunaan kesehariannya itu.

  • Keyboard Serial

Saat digunakan, keyboard serial menggunakan DIN 5 Male. Berfungsi sehingga dapat digunakan oleh komputer tipe AT, dimana DIN 5 Male berisi 5 pin untuk menghubungkan keyboard ke komputer.

Keyboard jenis ini juga memiliki port yang besar untuk mengikuti kabel yang lebih tebal. Sedangkan 5 jarum di dalamnya berfungsi sebagai pendeteksi keyboard yang aktif, jika ada salah satu jarum yang patah, Anda tidak akan bisa menggunakan keyboard tersebut. Biasanya keyboard serial ini digunakan pada komputer lama.

  • Keyboard Wireless

Keyboard wireless1_kw

Perangkat keyboard wireless jadi perangkat yang cukup canggih dan fleksibel pada saat ini. (Sumber: The New York Times)

Lalu ada keyboard nirkabel. Selama digunakan, keyboard jenis ini tidak menggunakan kabel untuk terhubung karena menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan inframerah. Untuk dapat terhubung ke komputer atau laptop, diperlukan penerima dan pemancar. Pemancar itu sendiri adalah keyboard sedangkan penerima biasanya terhubung ke port USB.

Keyboard jenis ini kerap digunakan hingga sekarang dan memiliki utilitas yang cukup baik dalam bekerja maupun multitasking.

  • Keyboard USB

Terakhir, keyboard USB paling banyak digunakan di laptop dan komputer. Keyboard USB memiliki keunggulan karena sangat mudah dipasangkan karena konektor USB juga mempercepat transfer data.

Sayangnya, keyboard USB yang banyak digunakan di laptop dan komputer rentan terhadap kerusakan karena ukuran kabelnya yang lebih tipis dibandingkan versi keyboard lainnya.

Baca juga: Logitech Rilis Keyboard Wireless Tipis K580 Dan MK470

Jenis Keyboard Berdasarkan Tombol

Selain itu, ada juga beberapa jenis keyboard berdasarkan tombol yang bisa diketahui lebih lanjut bagi para penggunanya. Jenis-jenis keyboard berdasarkan tombol yang ada yaitu:

  • Keyboard QWERTY

Keyboard jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1878. Kemudian menjadi standar pada mesin tik komersial pada tahun 1905. Nama QWERTY sendiri berasal dari 6 huruf berurutan pada baris tombol alfanumerik kedua pada keyboard ini.

  • Keyboard Maltron

Keyboard Maltron_1kbm

Maltron menjadi perangkat pengetikan yang unik dan juga menarik untuk bisa diketahui lebih lanjut bagi para penggunanya. (Sumber: YouTube)

Keyboard Maltron memiliki bentuk tersembunyi yang unik. Keyboard ini memiliki desain khusus agar jari dalam satu posisi saat mengetik tidak membentuk garis lurus dan sangat nyaman digunakan. Nama Maltron sendiri juga berasal dari pabrikan pembuatnya yang dikenal sebagai mesin yang tidak mudah rusak karena desainnya yang pas dengan jari pengguna saat mengetik.

  • Keyboard Chord

Keyboard jenis ini memiliki empat hingga lima tombol, keyboard akor memiliki fungsi khusus karena ketika Anda ingin mengetik huruf lain, Anda harus menekan tombol secara bersamaan.

Dalam perkembangannya, Chord Keyboard mencakup dua jenis, yaitu Chord Keyboard tiga huruf, konsonan pertama dari grup kiri. Sementara itu, konsonan tengah untuk vokal dan konsonan terakhir di sebelah kanan, serta keyboard Stenotype sering digunakan wartawan untuk merekam hasil wawancara dengan cepat.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Meizu baru saja meluncurkan keyboard mekanik terbarunya yang bekerja sama dengan IQUNIX, diberi nama PANDAER x IQUNIX Platinum Unicorn MOD. Keyboard...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Keychron baru-baru ini meluncurkan iterasi terbarunya, keyboard mekanis low-profile K1 Max di pasar Cina. Produk ini sudah tersedia di beberapa situs...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Pada CES 2024 , Lenovo meluncurkan set keyboard dan mouse nirkabel inovatif yang memanfaatkan energi mekanik dan tenaga surya untuk mengisi...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Model iPhone Pro terbaru kini telah menerima aksesori menarik yang cukup membuat penggemarnya merasakan nostalgia. Aksesori tersebut merupakan keyboard fisik, dapat...