Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

Kelebihan Samsung Galaxy A03, Desain Kamera Mirip iPhone

Samsung A03 (sumber: samsung.com)
Samsung A03 (sumber: samsung.com)

Last updated on 22 Juni, 2022

Jakarta, Unbox.id – Beberapa bulan lalu, Samsung merilis smartphone kelas entri dengan harga 1 jutaan yakni Samsung Galaxy A03. Samsung masih terus melihat potensi dari pasar smartphone kelas entri di Indonesia yang semakin besar.

Namun, pihaknya tak ingin sekedar menghadirkan produk murah yang bisa menjangkau masyarakat. Mereka menawarkan produk yang berkualitas namun tetap dengan harga terjangkau, hal tersebut tentunya juga dengan menekan tingkat produksi dari smartphone tersebut.

Jika dilihat sekilas, Galaxy A03 ini pun memiliki desain kamera yang hampir menyerupai iPhone 11 atau iPhone 12, dimana memiliki dua buah kamera beserta LED flash dengan bentuk yang kurang lebih mirip. Lalu, bagaimana untuk sektor performa dan sebagainya, apakah layak untuk dibeli untuk menunjang produktivitas?

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03 yang dapat menjadi referensi Anda.

Spesifikasi Samsung Galaxy A03

  • Ukuran Layar: 6.5 inch
  • Resolusi Layar: 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (270 ppi)
  • Layar: PLS LCD
  • Kamera Belakang: 48 MP, f/1.8, (wide), AF + 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Depan: 5 MP, f/2.2
  • Penyimpanan: 32GB, 64GB, 128GB
  • RAM: 3GB, 4GB
  • Dimensi: 164.2 x 75.9 x 9.1 mm (196g)
  • Material: Glass front, plastic back, plastic frame
  • Baterai: 5000mAh
  • Chipset: Octa-core (2×1.6 GHz & 6×1.6 GHz)
  • Prosesor: Unisoc T606/Spreadtrum
  • GPU: ARM Mali-G57 MP1
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Kelebihan Samsung Galaxy A03

Desain kamera Galaxy A03 mirip iPhone (sumber: samsung.com)

Desain kamera Galaxy A03 mirip iPhone (sumber: samsung.com)

Desain

Desain memang merupakan faktor yang mungkin cukup penting bagi sebagian orang. Galaxy A03 ini hadir dengan desain yang sederhana namun tetap menarik. Seluruh material bodinya terbuat dari plastik polikarbonat, pada bagian depan yang terbuat dari kaca.

Meskipun Galaxy A03 adalah smartphone murah, Samsung nyatanya tetap memberi sentuhan yang bagus, terlebih pada kameranya yang memiliki desain yang hampir menyerupai iPhone 11 atau iPhone 12. Selain itu, mereka juga memberikan pola atau tekstur kurva pada penutup belakang smartphone yang juga diklaim mampu terhindar dari berkas sidik jari.

Baca juga: Keunggulan Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Tampilan

Samsung membekali smartphone ini dengan layar 6,5 inci yang cukup lebar. Panel yang digunakan layar ini adalah PLS TFT. Walaupun demikian, panel bikinan Samsung ini bukan TFT biasa, kualitasnya diklaim sama dengan IPS LCD. Dengan begitu, Anda akan memperoleh kualitas tampilan yang bagus dengan sudut pandang luas. Adapun resolusi yang diusung pada layar Galaxy A03 ini adalah HD+ (720 x 1600 piksel). Layar dengan rasio aspek 20:9 ini memiliki kerapatan piksel 270 ppi.

Dapur Pacu

Dapur pacu merupakan sektor yang cukup menonjol dari Galaxy A03. Pasalnya, smartphone ini sudah dibekali dengan Tiger T606 bikinan UNISOC. SoC yang dibuat dengan proses manufaktur 12 nm ini memiliki clockspeed puncak yang tidak terlalu tinggi yakni 1,6 GHz. Namun, ia punya inti CPU dengan arsitektur Cortex A75. Jumlah inti CPU dengan arsitektur Cortex A75 ada dua, dan ditemani enam inti CPU Cortex A55 (1,6 GHz). Keberadaan Cortex A75 memberi tenaga ekstra saat ponsel menangani beban kerja yang serius. Selain CPU, Tiger T606 mengandung komponen penting lain, yaitu GPU Mali G57 MP1 dengan frekuensi 650 MHz.

Baca juga: 5 Fitur Menarik Aplikasi Musik Resso

Kamera

Galaxy A03 memiliki dua buah kamera, terdiri atas kamera utama 48 MP dengan bukaan f/1.8, dan sensor kedalaman (2 MP. f/2.4). Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri mengingat harga smartphone ini dibanderol sangat murah.

Pada bagian depan, Galaxy A03 ini dibekali dengan kamera selfie beresolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2. Kemampuan perekaman video kamera belakang maupun depan sama yakni mencapai resolusi Full HD (1080p) pada 30 fps. Terdapat juga mode untuk mempercantik hasil foto dan video yakni diantaranya mode pro, panorama, food, hyperlapse, dan mode malam.

Baterai

Baterai juga merupakan salah satu faktor yang penting bagi Sebagian orang dalam memilih smartphone. Galaxy A03 ini pun termasuk memiliki baterai yang besar yakni berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas tersebut membuat HP ini bisa bertahan sehari penuh. Selain itu, Samsung juga terkenal andal dalam menciptakan sistem manajemen daya.

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Samsung Mid-end Terbaik

Memori

Terdapat dua varian memori yang ditawarkan Galaxy A03, yakni adalah 3 GB RAM dengan 32 GB memori internal, serta 4 GB RAM dengan 64 GB storage. Menariknya, Galaxy A03 juga dibekali dengan triple slot yakni dua kartu SIM dan slot kartu microSD. Anda pun bisa meningkatkan ruang penyimpanan hingga 1 TB melalui slot microSD khusus yang disediakan.

Audio

Walaupun Galaxy A03 memang belum dibekali dengan speaker stereo. Namun, Samsung menyematkan teknologi Dolby Atmos pada smartphone ini. Dengan begitu, Anda dapat merasakan dentuman suara yang lebih hidup. Teknologi Dolby Atmos ini akan aktif jika Anda menyambungkan Galaxy A03 dengan headset stereo atau speaker bluetooth.

Selain itu, smartphone murah ini juga sudah dibekali dengan keberadaan mikrofon ganda. Mikrofon pertama ada di dekat port USB, sedangkan mikrofon kedua ada di rangka atas. Dua mikrofon tersebut tentu dapat menghasilkan kualitas rekaman suara yang semakin jelas.

Baca juga: Sama-sama 1 Jutaan, Pilih Samsung A03 Core atau Samsung M02?

Dengan beberapa kelebihan diatas, tentu banyak hal yang akan kita dapat dengan smartphone yang dibanderol hanya 1 jutaan ini. Mengingat harganya yang sangat terjangkau, tentu terdapat beberapa kekurangan, seperti misalnya masih menggunakan port microUSB, belum mendukung fast-charging, hingga absennya beberapa sensor seperti Kompas dan juga pemindai sidik jari.

Namun jika dibandingkan dengan beberapa kelebihan diatas, kekurangan tersebut tak terlalu menjadi masalah, mengingat harga dari smartphone ini juga sangat terjangkau dan tetap layak untuk dibeli untuk menunjang produktivitas.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: samsung.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Instagram dikabarkan sedang menguji tampilan baru dimana rencananya akan memindahkan seluruh unggahan video pengguna ke platform Reels. Pihaknya mengungkapkan bahwa perubahan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Twitter Circle adalah merupakan fitur baru Twitter yang memungkinkan pengguna untuk membagikan Tweet kepada orang-orang tertentu. Anda dapat memilih siapa saja...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Menjelang hari raya Idul Adha bagi umat muslim, Shopee hadirkan layanan berkurban secara online melalui aplikasi. Layanan Shopee Berkurban ini memungkinkan...

Samsung

Jakarta, Unbox.id – Samsung Galaxy Tab S6 Lite merupakan tablet yang akan dirilis pada 16 Mei 2022 dengan mempunyai berat 467 gram dan ketebalan...