Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Dibanding PC Desktop

Laptop vs PC Dekstop (sumber: shareus.com)
Laptop vs PC Dekstop (sumber: shareus.com)

Last updated on 14 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Baik laptop maupun PC desktop, tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Orang yang mobilitas tinggi tentu akan lebih sering menggunakan laptop untuk menunjang segala produktivitasnya. Sedangkan untuk Home Office, PC desktop tentu akan lebih cocok.

baca artikel menarik lainnya tentang : kekurangan laptop asus

Laptop Vs PC Dekstop (sumber: smallbusinessbonfire.com)

Laptop Vs PC Dekstop (sumber: smallbusinessbonfire.com)

Namun, perbandingan laptop dan PC desktop juga dilihat dari banyak hal. Mulai dari harga, ketahanan, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu membuat sebagian orang merasa bingung, terlebih bagi yang sedang berniat membeli komputer baru.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan laptop dibanding PC desktop.

Kelebihan laptop

Salah satu kelebihan laptop yang paling umum adalah portabel. Dengan bentuk seperti itu membuatnya mudah untuk dibawa kemana pun. Terlebih saat ini tersedia laptop jenis ultrabook yang memiliki desain tipis, kecil, serta ringan. Hal itu tentu akan memudahkan orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Dengan adanya baterai internal menjadikan laptop dapat digunakan di mana saja. Tak harus di area yang tersedia stop kontak atau colokan listrik, terlebih laptop saat ini kebanyakan memiliki body yang kecil sehingga tidak makan banyak tempat.

Baca juga: 3 Rekomendasi Laptop HP Terbaik 2022

Tidak perlu UPS (Uninteruptible Power Supply). Jika mendadak mati lampu Anda tak perlu khawatir kehilangan data yang belum sempat tersimpan. Hardware juga tidak dikhawatirkan rusak gara-gara sering terkena listrik kejut.

Kekurangan laptop

Salah satu kekurangan pada laptop yakni adalah susah untuk upgrade komponen. Teknologi berkembang sangat cepat, hanya dalam waktu singkat muncul inovasi baru yang membuat spesifikasi komputer semakin hari semakin tinggi. Sehingga untuk dapat menikmati spesifikasi lebih, beberapa orang memilih untuk upgrade sebagian komponen PC. Untuk laptop tentu susah untuk dapat melakukan ini.

Selain susah untuk upgrade komponen, sparepart pada laptop cenderung lebih mahal karena memiliki banyak komponen yang kecil. Terlebih jika ada salah satu komponen laptop yang rusak, untuk memperbaikinya pun harus dibongkar secara keseluruhan.

baca artikel menarik lainnya tentang : pc vs laptop

Kelebihan PC desktop

Dengan spesifikasi setara, harga PC desktop cenderung lebih murah dibandigkan dengan laptop. Selain itu, PC desktop juga cenderung memiliki kinerja atau performa yang lebih kuat.

Mengganti atau upgrade komponen mudah dilakukan dan dibongkar pasang. Selain itu, sparepart PC desktop juga tergolong lebih murah dibanding dengan sparepart laptop.

Monitor dan keyboard bisa dikombinasi sesuka hati, bahkan Anda dapat merakit sendiri sesuai keinginan. Jadi Anda bisa memperoleh spesifikasi tinggi namun dengan budget yang minim.

Kekurangan atau kelemahan PC desktop

Memiliki ukuran yang besar menjadikan PC desktop susah untuk dibawa-bawa. Terlebih jika Anda berniat membawa PC, Anda harus mengatur ulang semua sambungan kabel antara bagian CPU, layar, keyboard, dan mouse harus tersambung dengan benar. Hal ini tentu akan memakan waktu dan tidak efisien.

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik Tahun 2022

PC desktop tentu membutuhkan UPS (Uninteruptible Power Supply) untuk melakukan backup daya listrik. Sehingga bila Anda sedang menggunakan PC dan tiba-tiba listrik mati, maka hardware tidak kaget akibat listrik kejut. Dengan begitu akan menjadikan komputer lebih awet.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: shareus.com, smallbusinessbonfire.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Setelah memperkenalkan laptop seri Copilot+ yang menjalankan Snapdragon, meski masih hanya tersedia di pasar Amerika, kemungkinan besar laptop ini akan dirilis ke...

Software

Last updated on 18 Juni, 2024 Unbox.id – Windows merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft dan paling banyak digunakan pada komputer (PC atau...

Artikel

Unbox.id – Menghemat daya laptop adalah keterampilan penting, terutama ketika Anda harus bekerja atau belajar dalam perjalanan tanpa akses mudah ke sumber listrik. Dengan...

Software

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – Laptop adalah salah satu perangkat yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan, baik itu untuk bekerja, belajar,...