Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Ini Yang Terjadi Jika Menggunakan iPhone Jailbreak

iphone jailbreak_1
Ada beberapa hal yang mungkin terjadi apabila para penggunanya menggunakan iPhone Jailbreak di aktivitas kesehariannya. (Sumber: iPhone Hacks)

Unbox.id – Seringkali, pengguna mengubah sistem operasi perangkat agar lebih fleksibel saat menggunakan layanan. Pada iPhone dengan sistem operasi iOS, modifikasi ini disebut “jailbreaking” atau “jailbreak“. Pengguna iPhone yang paling berpengalaman pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah jailbreak. Secara konseptual, jailbreaking sebuah iPhone pada dasarnya sama dengan “root” atau “rooting” pada sebuah ponsel Android. Lalu apa saja dampaknya jika kita telah jailbreaking sebuah iPhone?

Meretas Batasan

Jailbreak juga mengacu pada modifikasi dan eksploitasi lapisan keamanan sistem operasi iPhone, yaitu iOS. Seperti namanya, tujuan jailbreak iPhone adalah untuk meretas pembatasan atau dapat diartikan untuk mendapatkan akses kendali penuh atas iOS.

iOS sendiri memiliki beberapa batasan fitur yang sengaja dirancang untuk mencegah pengguna menggunakannya demi alasan keamanan. Misalnya, fitur yang memungkinkan pengguna menginstal perangkat lunak dari sumber selain App Store. Jailbreak iPhone memungkinkan pengguna melewati batasan ini.

Setelah sistem operasi iPhone berhasil dimodifikasi dan dieksploitasi, pengguna dapat memperoleh kendali penuh atas iOS untuk memungkinkan penginstalan perangkat lunak dari berbagai sumber. Selain dapat menginstal perangkat lunak dari sumber selain App Store, pengguna dapat dengan bebas mengakses antarmuka pengguna iPhone jailbreak.

Mungkin Anda tergoda untuk mencoba manfaat jailbreaking iPhone? Namun, seiring dengan manfaat ini, jailbreaking memiliki resikonya tersendiri dan wajib Anda ketahui.

Data Pribadi Rentan Dibobol

iPhone jailbreak_2

Apabila memilih produk iPhone yang telah di jailbreak, tidak menutup kemungkinan bisa terjadinya pembobolan data pribadi penggunanya. (Sumber: Gizchina)

Risiko pertama dalam melakukan jailbreak pada iPhone adalah data pribadi di perangkat para pengguna tersebut menjadi lebih rentan terhadap kompromi. Lapisan keamanan iOS harus dimodifikasi dan dieksploitasi untuk mencoba mendapatkan kendali penuh.

Membobol lapisan keamanan iOS memudahkan peretas atau hacker mengirimkan malware dan spyware ke iPhone untuk mencuri informasi pribadi pengguna. Ada pula resiko lainnya yang dapat Anda ketahui, baca lebih lanjut.

Baca juga: Pilihan Produk Flagship IPhone Yang Harus Dimiliki Di 2023

Tidak Dapat Update iOS

Karena iOS telah dimodifikasi, iPhone yang sudah di-jailbreak tidak dapat diperbarui ke iOS terbaru. Jika Anda perlu memperbarui dan menginstal iOS terbaru, iPhone jailbreak mungkin sudah tidak lagi berguna dan tidak bisa juga untuk melakukan hal tersebut.

Pasalnya, Anda telah menerobos sistem pembatasan yang telah di implementasikan pada iOS, maka untuk itu tidak dapat dilakukan juga untuk melakukan update iOS terbaru.

Gangguan Pada Fitur Pemberitahuan

Risiko jailbreak lainnya pada sebuah iPhone adalah adanya penghapusan notifikasi atau notifikasi dari beberapa layanan seperti Mail dan iMessage. Saat di-jailbreak, layanan ini mempersulit pembaruan dan menerima notifikasi di iPhone Anda.

Jadi perlu diketahui bagi Anda yang ada niat untuk melakukan jailbreak pada sebuah iPhone, karena hal ini pasti mutlak terjadi pada iPhone Anda nantinya.

Baca juga: Kenapa Harga Android Lebih Murah Ketimbang IPhone?

Ditolak Dari Layanan Apple

blacklist iphone_1

Apabila memilih produk iPhone yang telah di jailbreak, tidak menutup kemungkinan bahwa Apple akan menolak layanan dari perangkatnya itu. (Sumber: UnlockBase)

Apple menganggap modifikasi atau jailbreak pada iOS itu ilegal. Setiap modifikasi ilegal iOS bertentangan dengan Perjanjian Lisensi Perangkat Lunak Pengguna Akhir Apple. Pelanggaran seperti ini dapat memungkinkan Apple menolak layanan apa pun ke iPhone yang sudah di-jailbreak.

Artinya, jika iPhone yang di-jailbreak rusak, Apple dapat menolak untuk memberikan layanan perbaikan untuk perangkat tersebut. Oleh karena itu, penjelasan tentang resiko pembobolan terhadap produk iPhone yang wajib Anda ketahui.

Mengetahui risiko ini, sebagai pengguna biasa, sebaiknya gunakan saja iPhone Anda secara normal, Anda tidak perlu khawatir akan resiko yang sudah disebutkan diatas.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pendiri Apple Steve Jobs pernah mengatakan bahwa Android adalah “pencuri” karena sering menjiplak sistem iOS milik Apple. Faktanya, Steve Jobs memecat CEO...

Software

Jakarta, Unbox.id – Tetap produktif memang tak selalu mudah, terutama ketika Anda memiliki banyak tugas. Dalam situasi seperti ini, yang terbaik adalah menggunakan aplikasi...

Apple

Jakarta, Unbox.id – Belakangan ini , beberapa produsen smartphone mengadopsi fast charging untuk mengimbangi waktu pengisian yang lama. Apple tidak jauh di belakang ini...

Hardware

Unbox.id – Apple disebut akan merilis dua model iPad Pro dengan layar lebih besar. Menurut analis Ross Young, kedua iPad baru ini akan diluncurkan...