Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Search Ingin Dikalahkan Lewat Microsoft AI ChatGPT

ChatGPT_1
Aplikasi ChatGPT dikabarkan akan mengalagkan sistem Google Search dari segi mesin pencariannya. (Sumber: IDS Digital College)

Unbox.id – Microsoft belakangan ini dikabarkan akan menghadirkan mesin pencari internet baru (Bing) pesaing Google Search, yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) milik OpenAI. Kehadiran dari sistem mesin pencari internet terbaru ini pastinya akan menjadi sebuah hal yang baru untuk bisa digunakan oleh para penggunanya.

Digunakan Oleh Platform Sistem Bing

Bing sistem_1

Aplikasi ChatGPT digunakan di dalam paltform Bing sebagai mesin pencariannya. (Sumber: CMlabs)

Teknologi AI yang akan digunakan di versi anyar Bing ini adalah teknologi yang tentunya sama dengan yang dipakai oleh pengoperasian ChatGPT. Dapat Anda ketahui, ChatGPT adalah sebuah chatbot yang diklaim mampu menjawab berbagai pertanyaan atau menampilkan informasi yang sedang dicari penggunanya, mirip seperti mesin pencari internet (Search Engine).

Maka, apa bedanya? ChatGPT disebut-sebut mampu menjawab pertanyaan penggunanya dengan bahasa yang mudah dipahami, serta mempermudah penggunanya untuk tetap mendapatkan informasi serta jawaban spesifik tanpa harus menelusuri hasil pencarian di banyak halaman.

Tentunya dengan kehadiran AI ChatGPT di Bing, maka Bing nantinya akan bisa menampilkan informasi yang ingin dicari pengguna secara spesifik tanpa mengalami kesulitan, tentunya dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh penggunanya.

Kabarnya, versi baru Bing yang dilengkapi AI ChatGPT ini akan dipamerkan Microsoft sekitar akhir Maret yang akan datang.

Belum bisa dipastikan juga seperti apa dan bagaimana mekanisme cara kerja Bing versi baru yang sudah dilengkapi dengan AI ChatGPT itu. Pasalnya, baik Microsoft maupun OpenAI tampaknya belum bisa mengkonfirmasi kabar terkait versi terbaru untuk Bing.

Namun konon kabarnya, Microsoft menaruh harapan yang cukup besar dengan layanan yang diperkuat AI ChatGPT tersebut, yaitu bisa menyaingi raksasa mesin pencari Internet Google.

Baca juga: Ini Dia Teknologi Charging Serupa Apple MagSafe Untuk Android

Ketahui Tentang Sistem OpenAI

Untuk membahas terkait teknologi OpenAI, ini bukan pertama kalinya Microsoft menggunakan teknologi milik perusahaan kecerdasan buatan asal San Fransisco, AS tersebut. Microsoft sempat mengumumkan pada Oktober 2022 lalu bahwa pihaknya akan memakai teknologi OpenAI lain-Nya, yaitu DALL-E 2, di Bing.

Hal ini tentu bertujuan untuk membuat Bing bisa menerapkan hasil pencarian gambar berdasarkan detail spesifik yang dimasukkan oleh pengguna. Penggunaan teknologi OpenAI oleh Microsoft sendiri terbilang cukup wajar. Sebab, OpenAI mendapatkan pendanaan dari Microsoft senilai 1 miliar dollar AS (sekitar RP 11,6 triliun) pada 2019 lalu.

Dengan adanya investasi tersebut, kedua perusahaan itu sepakat menjalin kemitraan strategis selama beberapa tahun ke depan yang akan datang. Awalnya, teknologi OpenAI dipakai Microsoft untuk memperkuat kemampuan layanan cloud computing yang mereka beri nama, Microsoft Azure.

Namun seiring berjalan-Nya waktu, tidak akan menutup kemungkinan teknologi dari OpenAI akan hadir di beberapa layanan Microsoft lain-Nya, salah satunya seperti Bing tadi yang baru saja dibahas.

Bagaimana menurut Anda? Apakah pada waktu kedepan Microsoft akan berhasil mengalahkan si raksasa Google di bidang pencarian internet? Apakah rencana dan teknologi yang digunakan cukup mutakhir?

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Google memiliki fitur baru yang direncanakan untuk toko aplikasinya, Play Store. Dengan fitur ini, Google akan memudahkan pengguna dalam menentukan asal aplikasi...

Tech Industry

Unbox.id – Google dilaporkan mulai meluncurkan akses Gemini langsung di Google Chrome. Dengan akses tersebut, pengguna Chrome dapat mengakses Gemini langsung melalui bilah alamat....

Tech Industry

Unbox.id – Google telah mengungkapkan beberapa strategi yang diterapkan perusahaan untuk memerangi penyebaran aplikasi berbahaya di platform Android pada tahun 2023. Hal ini diungkapkan...

Tech Industry

Unbox.id – Sekelompok pekerja di Alphabet Inc (perusahaan induk Google) mengajukan keluhan ke Dewan Buruh AS. Mereka mengklaim bahwa perusahaan teknologi tersebut secara ilegal...