Connect with us

Hi, what are you looking for?

cryptocurrency

Energi Penambangan Bitcoin Meningkat 60% dalam Setahun

Jakarta, Unbox.id – Energi penambangan Bitcoin ini menggunakan sumber berkelanjutan. Jadi sumber energi berkelanjutan ini berfungsi untuk mengamankan blockchain Crypto terbesar. Hal tersebut berlaku karena energi yang tambang Bitcoin butuhkan itu cukup besar setiap tahunnya.

Perusahaan tambang Bitcoin juga menggunakan energi berkelanjutan atau hijau karena peningkatannya yang tinggi. Jadi mata uang digital ini membutuhkan energi besar sampai ada peningkatan sebanyak 59% pertahunnya.

Baca Juga: Pertumbuhan Pasar NFT Didorong Blue Chip Dan Metaverse

Energi Penambangan Bitcoin

Bitcoin Mining Council (BMC) mengatakan hal yang serupa dengan penggunaan sumber energinya. BMC ini merupakan kelompok pertambangan Bitcoin sebanyak 50% atau 100,9 Exahash (EH). BMC juga memiliki pemimpin yaitu, Michael Saylor.

Pihak dari BMC sedang melakukan penelitian terkait energi keseluruhan yang sudah terpakai untuk penambangan Bitcoin. Perkiraan dari BMC bahwa energi berkelanjutan yang sudah terpakai untuk penambangan Bitcoin Crytpo global ini sebesar 58,4%. Namun, angka 58,4% ini belum begitu akurat.

Hal ini karena BMC perlu mengadakan perkumpulan data dari anggota BMC nya. Alhasil ternyata Crypto global ini menggunakan listrik dengan campuran daya berkelanjutan sebesar 64,6%. Angka 64,6% ini tentu saja besar jika hanya digunakan hanya untuk satu sektor saja yaitu Bitcoin.

Baca Juga: Pengembangan Ethereum Menggunakan “Garpu Bayangan”

Bitcoin Mendapat Kecaman

Maka dari itu Bitcoin ini dapat kecaman karena energi yang digunakannya sangat besar. Energi besar ini terbukti dari jejak karbonnya yang tinggi. Maka dari itu untuk kedepannya akan berlaku energi yang lebih hijau untuk meminimalisir penggunaan energi dengan jejak karbon tinggi.

Kecaman tersebut bukan hanya isapan jempol belaka. BMC sempat memiliki beda paham dengan pelarangan penambangan Crypto di China. Ketika China melarang penambangan Crypto, namun BMC terus tetap mempertahankan operasinya.

Maka dari itu solusinya adalah dengan menggunakan sumber energi berkelanjutan yang lebih hijau. Hal ini jelas menunjukkan arah lebih positif. Buktinya adalah ketika konsumsi listrik industry menurun sebanyak 25%.

 

Sumber: Cointelegraph

Sumber Foto: Unsplash

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

cryptocurrency

Unbox.id – Sebuah survei terkait crypto baru-baru ini diluncurkan di Indonesia dan hasilnya menunjukkan bahwa aset crypto menempati posisi lima besar sebagai pilihan investasi...

cryptocurrency

Unbox.id – Kampanye pencurian aset kripto yang sedang berlangsung memengaruhi lebih dari 15.000 pengguna di 52 negara. Malware ini didistribusikan dengan kedok Tor Browser...

Tech Industry

Unbox.id – Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) di industri kripto terus berlanjut. Crypto.com memberhentikan karyawan setelah Coinbase, sekarang menjadi platform pertukaran crypto. CEO Crypto.com...

Crypto

Unbox.id – Apa yang terjadi dengan dunia pasar Kripto? Sejauh ini sudah banyak bermunculan berita-berita terkait saham banyak mengalami penurunan, apakah ini berarti sangat...