Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

AI Jadi Prioritas Meta dan Metaverse Tetap Akan Dibuat?

Meta Metaverse_1mt
Akankan Metaverse akan jadi prioritsas dari Meta lewat pengembangan sistem AI mereka? (Sumber: Gadgets 360)

Unbox.id – Meta mengungkapkan bahwa saat ini mereka juga akan memprioritaskan dan fokus pada kecerdasan buatan atau AI, kreator, dan layanan perpesanan atau perpesanan. Tentu saja, hal ini menimbulkan pertanyaan tentang kelanjutan proyek ambisius mereka, yang telah diubah namanya oleh perusahaan induk menjadi “Meta”, yaitu metaverse. Menanggapi hal tersebut, Pieter Lydian, Country Managing Director Meta untuk Indonesia menjelaskan bahwa Metaverse berorientasi pada bisnis dan “akan ada dalam 5 dan 10 tahun ke depan.”

Metaverse Tidak Butuh AR dan VR

Menurut Pieter, dalam temu media dengan Meta di Jakarta, Kamis (24 Maret 2023), perjalanan menuju metaverse membutuhkan banyak komponen, salah satunya pencipta. “Konteks metaverse tidak harus selalu AR (augmented reality) dan VR (virtual reality). Kami melihat fakta bahwa di masa depan pun teknologi, mungkin teknologi lain juga bisa diterapkan,” ujar Pieter.

Jika melihat konsep ini, menurut Pieter banyak hal yang harus maju, misalnya para kreator harus maju. Selain itu, juga harus dilihat dari sisi bandwidth. Dari segi perlengkapan, menurut Pieter, dengan semakin banyaknya pemain yang bergabung, ini bisa menjadi pertanda baik bagi industri Metaverse.

“Karena metaverse perlu dipromosikan oleh semua industri. Jika ada yang mendorong metaverse untuk membuat perangkat yang hanya Meta, saya sangat khawatir, itu bahkan tidak akan terjadi,” kata Pieter lebih lanjut.

Baca juga: Meta Perpanjang Durasi Reels Di Facebook Jadi 90 Detik

Metaverse Tidak Akan Terlupakan

Meta Metaverse_2mt

Metaverse akan tetap jadi bagian penting bagi perusahaan Meta. (Sumber: CNET)

Menanggapi apakah fokus AI Metaverse sudah dilupakan oleh Meta, Pieter pun mencontohkan bahwa mereka belum melupakannya.

“Ini seperti siklus teknologi. Pertama kreativitas, kedua ketika meledak atau banyak dibicarakan, kemudian adopsi ketika itu akan turun dalam percakapan, tetapi adopsi akan meningkat hingga matang,” kata Pieter.

Sebelumnya di postingan terbarunya tentang efek yang akan dicapai di Meta, CEO Mark Zuckerberg juga mengungkapkan bagaimana perusahaan akan berinvestasi dan fokus pada AI. “Investasi terpenting kami adalah memanfaatkan AI dan mengintegrasikannya ke dalam semua produk kami,” tulis Zuckerberg.

“Kami memiliki infrastruktur untuk melakukan ini dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan menurut saya pengalaman yang diciptakannya akan luar biasa,” kata Mark Zuckerberg.

Baca juga: Meta Luncurkan NFT Untuk Facebook Dan Instagram

Facebook Akan Fokus di AI, Kreator, dan Messenger

Meta sendiri baru saja mengungkapkan bahwa selama ini Facebook memiliki hingga dua miliar pengguna aktif harian di seluruh dunia. Dalam laporannya, di Indonesia bulan lalu saja, jumlah grup Facebook meningkat 40% dan 148 juta orang masuk melalui 10,5 juta grup Facebook aktif dalam sebulan terakhir.

Meta juga mengumumkan bahwa Facebook saat ini memiliki tiga prioritas bagi pengguna di Indonesia. Tiga prioritas tersebut adalah AI kecerdasan buatan, kreator, dan layanan perpesanan. Menurut mereka, pertumbuhan yang terjadi menunjukkan pergeseran dari preferensi pengguna Facebook dalam beberapa tahun terakhir.

“Tidak hanya untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, tetapi juga dengan kreator dan komunitas tertentu yang mereka sayangi,” lanjut Pieter. Alhasil, Meta mengatakan Facebook akan terus menginvestasikan sumber dayanya untuk mengembangkan inovasi AI.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...