Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

5 Rekomendasi SSD Dengan Harga 1 jutaan

SSD (sumber: kopitekno.com)
SSD (sumber: kopitekno.com)

Last updated on 14 Maret, 2022

Jakarta, Unbox.id – SSD (Solid State Drive) merupakan memori atau penyimpanan tambahan yang sering digunakan pada PC ataupun laptop. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis dan merk SSD yang tersedia di pasaran.

Berbeda dengan HDD (Hard Disk Drive) yang memiliki harga yang masih terjangkau, SSD justru cenderung dijual lebih mahal, tentu hal itu tanpa alasan karena SSD memang di desain untuk membaca dan menulis data secara lebih cepat dibanding HDD, terlebih SSD juga menawarkan performa yang lebih baik.

Nah bagi Anda yang sedang bingung mencari SSD, atau berencana untuk membeli SSD namun masih ragu untuk menentukan pilihan yang terbaik, berikut adalah 5 rekomendasi SSD terbaik dengan harga yang terjangkau.

Samsung – Samsung 980 Pro

SSD Samsung 980 Pro (sumber: thepcenthusiast.com)

SSD Samsung 980 Pro (sumber: thepcenthusiast.com)

Anda pasti tak asing lagi dengan perusahaan raksasa ini. Ya, Samsung tak hanya dikenal sebagai produsen smartphone dan laptop saja, melainkan ada berbagai macam produk buatan Samsung seperti AC, Kulkas, TV, hingga komponen komputer, salah satunya adalah SSD.

Selain merk Samsung yang memang sudah sangat terkenal di dunia, mereka juga merupakan salah satu produsen terbaik saat ini. Hal itu berkat Samsung selalu menciptakan produk-produk yang bagus berkualitas.

Berbicara mengenai SSD, Samsung telah merilis berbagai macam SSD dan salah satunya adalah SSD Samsung 980 Pro. SSD ini diklaim merupakan yang tercepat didunia. Mereka menawarkan SSD M.2 NVME dengan antarmuka PCIe 4.0 yang diklaim kecepatan read nya dapat mencapai hingga 7000 MB/detik. Sementara untuk kecepatan write nya dapat mencapai hingga 5100 MB/detik.

Baca juga: ASUS TUF Gaming FX505DY: Laptop Bermemori 1000GB

Samsung 980 Pro tersedia dalam ukuran mulai dari 250 GB sampai 2 TB. Untuk ukuran yang paling kecil bisa didapatkan dengan harga sekitar 1 jutaan saja dengan garansi hingga 5 tahun.

Transcend – Transcend MTE220S

SSD Transcend MTE220S (sumber: tokopedia.com)

SSD Transcend MTE220S (sumber: tokopedia.com)

Transcend merupakan salah satu produsen elektronik berkualitas yang berdiri sejak tahun 1988. Mereka menawarkan berbagai pilihan untuk produk SSD, seperti misalnya SSD 2,5 inci SATA, PCIe M.2, SATA III M.2, hingga mSATA. Salah satu model yang paling dicari-cari adalah Transcend MTE220S yang mana ini merupakan SSD M2 NVME dengan harga yang terjangkau.

Meski dibanderol dengan harga yang terjangkau, kecepatan yang dimilikinya terbilang bagus yakni dengan kecepatan read hingga 3300-3500 MB/detik, dan 100-2700 MB/detik untuk kecepatan write.

Untuk ukuran paling kecil yakni 256 GB, dijual dengan harga sekitar 1 jutaan saja dengan masa garansi selama 2 tahun.

Western Digital – WD Black SN750

SSD WD Black SN750 (sumber: westerndigital.com)

SSD WD Black SN750 (sumber: westerndigital.com)

Western Digital lebih dulu dikenal akan produk HDD nya, namun melihat tren yang sudah mulai beralih ke SSD. Mereka akhirnya turut memproduksi SSD disamping masih memproduksi HDD.

Keseriusannya dalam memproduksi SSD pun juga dibuktikan dengan mengakuisisi Sandisk pada tahun 2016 silam.

Cukup banyak SSD yang dijual dipasaran, salah satu yang populer adalah WD Black SN750. SSD ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar 1 jutaan saja untuk varian yang paling kecil yakni 250 GB.

SSD ini memiliki interface PCIe 3 yang diklaim cukup kencang dengan kecepatan write hingga 3400 MB/detik, dan 2900 MB/detik untuk kecepatan read. Western Digital juga memberikan garansi yang panjang yakni 5 tahun, sehingga Anda tak perlu khawatir jika tiba-tiba mengalami kerusakan.

Intel – Intel 660P

 

SSD Intel 660P (sumber: id.aliexpress.com)

SSD Intel 660P (sumber: id.aliexpress.com)

Intel merupakan salah satu produsen terkemuka yang komponennya selalu digunakan hampir seluruh perangkat PC dan laptop.

Pada tahun 2008, Intel mulai merambah ke sector dengan memproduksi SSD.  Namun karena satu dan lain hal, tahun 2020 mereka sepakat untuk menjual bisnis SSD nya ke produsen asal Korea Selatan yakn SK Hynix

Produk SSD Intel yang tersisa di pasaran dan masih cukup populer yakni adalah Intel 660P. SSD M.2 NVME. SSD ini memiliki interface PCIe 3 yang menawarkan kecepatan read dan write yang sama yakni 1800 MB/detik. SSD Intel dengan ukuran 1 TB bisa didapatkan dengan harga sekitar jutaan saja.

Adata – Adata XPG SX8200

SSD Adata XPG SX8200 (sumber: tokopedia.com)

SSD Adata XPG SX8200 (sumber: tokopedia.com)

Jika dibandingkan dengan yang lain, perusahaan ini masih tergolong cukup baru mengingat mereka baru mulai berdiri pada tahun 2001 silam. Namun dengan begitu bukan berarti mereka kalah dalam hal inovasi, bahkan Adata sempat masuk dalam 5 perusahaan besar dengan penjualan RAM terbanyak.

Untuk produk SSD, penjualannya memang tak sebanyak penjualan RAM. Namun begitu, bukan berarti SSD Adata tak memiliki kualitas yang bagus. Adata merupakan salah satu merek SSD dengan kualitas mumpuni namun memiliki harga yang terjangkau.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis 2021

Misalnya, Adata XPG SX8200 Pro yang merupakan SSD M.2 NVME dengan antarmuka PCIe 3.0. SSD ini dapat berjalan dengan kecepatan hingga 3500 MB/detik untuk read, dan 3000 MB/detik untuk write. Ditambah dengan dukungan teknologi RAID Engine dan LPDP ECC yang menandakan bahwa SSD ini memiliki kinerja yang tinggi. Anda bisa mendapatkan SSD ini dengan harga sekitar 1 jutaan saja.

Perihal garansi, Adata juga memberikan masa garansi yang panjang yakni 5 tahun, sehingga Anda juga tak perlu khawatir jika ada kerusakan terjadi pada SSD ini.

Berikut tadi adalah 5 rekomendasi SSD terbaik dengan harga yang terjangkau yang dapat menjadi pilihan maupun referensi Anda dalam mencari SSD.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: kopitekno.com, thepcenthusiast.com, tokopedia.com, westerndigital.com, id.aliexpress.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...

Software

Unbox.id – Pernahkah Anda lupa kata sandi ponsel Samsung Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Mungkin banyak pengguna ponsel Samsung yang juga mengalami masalah...