Apps & Games

5 Aplikasi Scanner Terbaik Gratis Untuk Android

5 Aplikasi Scanner Terbaik Gratis Untuk Android (sumber: macworld.com)

Jakarta, Unbox.id – Majunya teknologi saat ini memungkinkan kita untuk dapat melakukan berbagai hal dengan mudah dan cepat hanya dengan smartphone, salah satunya yakni scan dokumen.

Jika dahulu untuk melakukan scan dokumen harus pergi ke jasa scan atau copy center, kini Anda dapat melakukannya sendiri dengan smartphone dengan mudah dan gratis.

Berkat majunya teknologi yang sangat pesat dan mulai banyaknya yang beralih ke digital, scan dokumen saat ini sudah menjadi hal yang umum dan sering diperlukan mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, hingga urusan lainnya. Dengan adanya aplikasi untuk scan dokumen ini, tentu akan sangat memudahkan Anda, terlebih Anda dapat melakukan scanning kapanpun dan dimanapun.

Baca juga: 6 Aplikasi Untuk Desain Rumah di Android

Bagi Anda pengguna smartphone Android, berikut adalah 5 rekomendasi aplikasi scanner dokumen terbaik yang dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

CamScanner

CamScanner (sumber: apkpure.com)

Dengan aplikasi CamScanner ini, Anda bisa melakukan scan berbagai dokumen kertas, tulisan di papan tulis hanya dengan memotretnya saja. Dokumen hasil scan pun juga dapat Anda simpan dalam format .PDF maupun .JPEG.

Selain hasil scan yang hampir mirip dengan dokumen aslinya, terdapat juga fitur menarik seperti auto capture yang tentunya akan semakin memudahkan Anda dalam proses scanning.

Terdapat juga fitur lain seperti penyimpanan cloud di Google Drive, Dropbox, Evernote, dan masih banyak lagi. Namun untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda harus beralih ke versi premium.

Document Scanner SDK

Document Scanner SDK (sumber: apkpure.com)

Scanbot Scanner SDK juga merupakan aplikasi untuk scanning dokumen gratis di smartphone dengan mudah dan praktis. Anda hanya perlu memotret dokumen yang hendak Anda scan dan nantinya, aplikasi ini secara otomatis langsung mengoptimalkan warna dokumen agar kualitasnya dapat menyerupai dokumen aslinya.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk scan dokumen dengan banyak halaman sekaligus, sehingga Anda tak perlu repot atau dua kali kerja. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive, Evernote, dan masih banyak lagi.

Tiny Scanner

Tiny Scanner (sumber: apkpure.com)

Dengan aplikasi Tiny Scanner ini, Anda bisa melakukan scan seperti dokumen, foto, kwitansi, laporan, dan apapun secara cepat tanpa memakan waktu lama.

Selain dapat disimpan dalam format PDF, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengkonversi dokumen yang sudah discan dalam format gambar (.JPEG).

Adobe Scan

Adobe Scan (sumber: adobe.com)

Adobe Scan memungkinkan Anda untuk dapat scanning berkas apapun dan mengubahnya ke dalam fomat PDF maupun foto (.JPEG).

Berbagai jenis dokumen yang dapat Anda scan dengan aplikasi ini yakni mulai dari berbagai catatan, gambar, kartu nama, hingga tulisan di papan tulis.

Setelah proses scan, Anda dapat menyesuaikan warna, memotong, serta rotasi pada dokumen sesuai dengan kebutuhan.

Microsoft Office Lens

Microsoft Office Lens (sumber: microsoft.com)

Microsoft Corporation juga menghadirkan aplikasi scanner dokumen gratis yang layak untuk Anda coba.

Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur canggih untuk memudahkan Anda dalam scanning berkas atau dokumenpenting. Dokumen yang sudah anda scan juga dapat Anda simpan dalam format .PDF.

Baca juga: 6 Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik

Keunggulan lain dari aplikasi ini yakni Anda bisa melakukan konversi file atau hasil dokumen scan tersebut ke dalam format Word dan Power Point juga. Anda dapat menyimpan hasil dokumen tersebut di galeri smartphone atau di penyimpanan cloud seperti OneDrive atau OneNote.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: macworld.com, microsoft.com, adobe.com, apkpure.com,

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Huawei

Unbox.id – Huawei semakin aktif berkolaborasi dengan pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi asli untuk sistem operasi selulernya HarmonyOS. Undangan ini disampaikan oleh Rotating Chairman...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...

Software

Unbox.id – Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk Subsistem Windows untuk Android (WSA), komponen inti di balik Amazon Appstore dan aplikasi...

Copyright © 2023 RMN

Exit mobile version