Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Microsoft Stop Dukungan untuk Aplikasi Android di Windows 11

Android Application Windows 11_1a
Android Application Windows 11. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk Subsistem Windows untuk Android (WSA), komponen inti di balik Amazon Appstore dan aplikasi Android lainnya di Windows 11. Microsoft menerbitkan argumen, dilansir dari kutipan Engadget, bahwa keputusan ini telah dibuat. untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat. Microsoft pertama kali mengumumkan bahwa Windows 11 akan dapat menjalankan aplikasi Android pada tahun 2021. Saat diluncurkan tahun depan, pengguna akan dapat menginstal Amazon Appstore, dan sejumlah aplikasi Android individual telah ditemukan di Microsoft Store. Peluncuran ini dipandang sebagai respons terhadap ancaman ganda aplikasi Android di Chromebook dan aplikasi iOS di Apple Silicon Mac. “Sebagai bagian dari komitmen kami untuk memenuhi perubahan kebutuhan pelanggan kami, kami memperbarui produk kami secara rutin,” kata juru bicara Microsoft.

Inovasi Teknis Baru

Android Application Windows 11_2b

Android Application Windows 11. (Sumber: ZDNET)

“Ini melibatkan pengenalan inovasi teknis baru dan penghentian produksi produk. Dia menambahkan: “Microsoft tetap berdedikasi pada platform dan ekosistem terbuka, dan kami berharap dapat terus menghadirkan pengalaman dan aplikasi terbaik ke Windows.”

Menurut spekulasi yang viral, Microsoft, yang saat ini berfokus pada pengembangan AI, mungkin mempertimbangkan untuk mendukung Android aplikasi di Windows Sudah tidak layak lagi.

Kemungkinan lain, seperti dilansir The Verge, adalah banyak pengguna yang mencari aplikasi Android di Windows berharap mendapatkan manfaat dari pengalaman penuh di Google Play Store, tidak seperti Amazon Appstore yang tidak menawarkan aplikasi Android di Windows. Banyak pilihan aplikasi.

Bagaimana Nasib Pengguna?

Microsoft mengatakan pelanggan yang menginstal Amazon Appstore (atau aplikasi dan game lain yang menggunakan WSA) di mesin Windows 11 sebelum Selasa (3 Mei 2024) dapat terus menggunakannya hingga 5 Mei 2025.

Sementara itu, Amazon telah mengklarifikasi bahwa Appstore dan aplikasi terkaitnya tidak lagi tersedia di Microsoft Store mulai hari ini. Selain itu, pengembang tidak dapat lagi mengirimkan aplikasi baru ke Amazon Appstore di Windows.

Namun, pengembang yang sudah memiliki aplikasi di Amazon Appstore dapat terus mengirimkan pembaruan ke aplikasi mereka hingga kami bertemu Anda tahun depan. Adapun Selanjutnya, Microsoft dikabarkan akan meluncurkan perangkat Surface terbarunya pada 21 Maret mendatang. Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 akan menjadi PC AI pertama perusahaan.

Update Windows 11 Hadirkan Deretan Fitur Baru

Sebelumnya Microsoft meluncurkan update Windows 11 dengan penambahan fitur baru antara lain New Copilot, Generative Erase dan masih banyak lagi. Pembaruan Windows 11 yang diluncurkan Microsoft merupakan kombinasi antara pembaruan sistem dan pembaruan aplikasi.

Dikutip dari Android Authority, Microsoft telah mengumumkan apa yang disebutnya sebagai opsi “perbarui” Momen 5 “dengan beberapa peningkatan. Peningkatan ini akan dilakukan hingga Copilot, aplikasi Generative Erase in Photos, Silence Removal di Clipchamp, penyempurnaan pada Window Snapping dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, Copilot di Windows sudah mendukung plugin untuk mengakses informasi dari berbagai aplikasi dan layanan pihak ketiga. Pada tahun 2024, Microsoft juga mengumumkan bahwa Copilot di Windows dapat membantu Anda menyesuaikan lebih banyak pengaturan PC dan mengakses lebih banyak alat dan informasi.

Baca juga: Copilot AI Milik Microsoft Kini Dipakai 75 Juta Perangkat

Commands Yang Bisa Diakses

Copilot AI_2b

Copilot AI. (Sumber: Windows Point)

Beberapa commands yang bisa diakses melalui Copilot di Windows adalah sebagai berikut:

  • Menghidupkan/mematikan penghemat baterai
  • Tampilkan informasi perangkat
  • Tampilkan informasi sistem
  • Tampilkan informasi baterai
  • Buka halaman penyimpanan
  • Luncurkan Live Caption
  • Luncurkan narator
  • Luncurkan Magnifier
  • Buka halaman akses suara
  • Buka halaman ukuran teks
  • Buka halaman tema kontras
  • Luncurkan input suara
  • Tunjukkan Jaringan Wi-Fi yang tersedia
  • Tampilkan alamat IP
  • Tunjukkan ruang penyimpanan yang tersedia
  • Kosongkan Recycle Bin

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pakar keamanan siber McAfee telah mengidentifikasi 13 aplikasi Android berbahaya baru di Google Play Store yang menimbulkan ancaman serius terhadap privasi dan...

Software

Last updated on 18 Juni, 2024 Unbox.id – Windows merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft dan paling banyak digunakan pada komputer (PC atau...

Software

Unbox.id – Pengguna Android tampaknya semakin mewaspadai semakin maraknya peredaran aplikasi berbahaya yang mampu melewati sistem keamanan Google Play Store. Karena diunduh dari toko...

Software

Unbox.id – Microsoft baru-baru ini mengubah antarmuka asisten AI Copilot di Windows 11 agar menyerupai ChatGPT. Sebelumnya, Microsoft memperkenalkan fitur AI baru dan perubahan...