Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

SSD Lebih Lambat, MacBook Pro 14 Inci 2023 Dikritik

MacBook Pro 14 inci 2023

Last updated on 19 Juni, 2024

Unbox.id – Apple secara resmi meluncurkan MacBook Pro 14″ dan 16″ dengan chipset M2 Pro dan M2 Max pada 17 Januari. MacBook Pro 14 inci dan 16 inci terbaru mengemas kekuatan chipset M2 Pro dan M2 Max yang dikatakan 40% lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Terlepas dari chipset super cepat, beberapa sumber menyoroti komponen SSD MacBook Pro M2 Pro yang kurang memuaskan. Laporan dari 9to5mac menunjukkan bahwa SSD MacBook Pro 14 inci model dasar memiliki lebih sedikit chip NAND daripada generasi sebelumnya.

Hal ini memengaruhi performa read and write SSD yang jauh lebih rendah daripada MacBook Pro M1 yang akan dirilis pada akhir 2021. 9to5mac menunjukkan bahwa MacBook Pro M2 hanya memiliki satu chip NAND, seperti halnya MacBook Air M1 dan MacBook Air M2.

Hasilnya, MacBook Pro M2 Pro versi standar memiliki performa SSD yang lebih rendah dibandingkan MacBook Pro M2 versi edisi 2022. Menurut sebuah laporan oleh The Verge, Apple telah lama membangun generasi baru MacBook dengan lebih sedikit chip NAND.

Baca juga: Tips Menutup Aplikasi di Macbook

Memang MacBook Air M2 256 GB dan MacBook Pro 13 inci memiliki SSD dengan performa yang lebih lambat dirancang tidak untuk menjadi laptop andalan Apple. Masalahnya, Apple menggunakan teknologi tersebut di seri MacBook Pro 14 inci yang berstatus flagship.

Hal ini tentu saja disoroti oleh para penggemar Apple dan media teknologi global. Selain pada MacBook Pro 14 inci, teknologi ini juga bisa dilihat di Mac Mini M2. MacRumors melaporkan bahwa Mac Mini M2 256GB hanya memiliki 1 chip NAND, membuat kinerja SSD-nya lebih lambat dibandingkan Mac Mini M1.

Perlu diperhatikan bahwa performa SSD bukanlah metrik utama saat mengevaluasi daya respon dan performa MacBook secara keseluruhan. Chipset, GPU, RAM, dan komponen lainnya harus dipertimbangkan saat mengevaluasi keseluruhan performa MacBook.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...