Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Review GoPro Hero6 Black, Rajanya Action Camera

GoPro kembali merilis produk kamera aksinya, GoPro Hero6 Black yang merupakan perbaikan dari pendahulunya, Hero5 Black. Ini merupakan kamera aksi dengan perfoma yan g tangguh dan keren dikelasnya.  Bagaimana bisa dibilang sebagai rajanya kamera action? Langsung simak saja reviewnya berikut ini;

Spesifikasi Dasar

Type: Action camera | Sensor: 1/2.3-inch type CMOS | Resolution: 20MP | Lens: wide-angle f/2.8 lens | Screen type: 1.5-inch touchscreen | Viewfinder: N/A | Maximum continuous shooting speed: 60fps | Movies: 4K | User level: Beginner/intermediate | Price: 499 Euro

Desain

Waterproof to 10m

Fits existing mounts/accessories

USB Type-C port

Dari sisi desain, tidak ada yang berubah antara Hero 5 dan Hero 6. Namun dengan hadirnya fitur tahan air samapi kedalaman 10m, tentu menjadi ada perubahan yang lebih baik karena dapat digunakan untuk aktivitas di atas atau di bawah air tanpa mendistorsi gambar secara besar-besaran melalui lensa.

Di bagian atas kamera, ada tombol shutter/record (logo lingkaran merah), sedangkan tombol Mode/ Power hidup di tepi kanan serta dibawahnya terdapat pintu baterai, yang bisa dibuka dengan menekan tombol persegi panjang kecil dan menggeser pintu dari engselnya. Untuk melepaskan baterai, cukup menarik tabnya. Pada pintu kecil di tepi kiri bodynya terdapat port USB Type-C dan port Mini-HDMI. Keuntungan terbesar dari Hero 6 dalam mempertahankan desain Hero 5 pendahulunya adalah adanya penyesuaian semua tunggangan dan aksesoris yang sama. Seperti semua kamera GoPro, ukuran kecilnya adalah bagian penting dari daya tariknya. Jadi Anda bisa memasangnya di mana saja, bahkan bisa saja Anda menaruhnya di kelingking Anda (tidak menyimpang dari lensa) pada saat memotret dan membuat video.

Fitur dan Kinerjanya

Voice activation

Touchscreen controls

Physical buttons

QuikStories automated video editor

Ada empat cara utama dalam mengendalikan kamera GoPro Hero6 Black ini, yakni menggunakan tombol, layar sentuh, kontrol suara atau melalui aplikasi yang terkait. Untuk penggunaan langsung, ada tombol klasik untuk mengambil foto, memotret, atau beralih antar mode dengan cepat baik untuk memotret maupun membuat video.

Jika ingin menggunakan layar sentuh di bagian belakangnya, dalam mode video, misalnya, Anda dapat menekan toolbar di bagian bawah layar untuk memilih resolusi, frame rate dan bidang pandang. Pengaturan ekstra-nya pun bisa diakses dengan menggesek dari kanan ke kiri di mana Anda dapat memilih untuk mengaktifkan ProTune (untuk mengatur kisaran ISO, white balance, kecepatan rana, ketajaman dan EV comp).

Yang membawa kita pada metode pengendalian futuristik adalah menggunakan fitur voice control. Memang fitur ini sudah ada di Hero5, namun di Hero 6 mengalami perbaikan yang cukup baik dengan penambahan beberapa perintah lagi dan pilihan untuk menggunakan suara untuk menghidupkan kamera. Dengan opsi ini diaktifkan, maka kamera akan membiarkan fitur ear keluar untuk perintah suara hingga delapan jam setelah menghidupkannya kembali. Katakan saja “GoPro turn on” maka itu akan terjadi.

Berikut daftar perintah GoPro Voice Control yang tersedia seperti GoPro start recording, GoPro HiLight, GoPro stop recording, GoPro take a photo, GoPro shoot burst, GoPro start time-lapse, GoPro stop time-lapse, GoPro video mode, GoPro photo mode, GoPro time-lapse mode, GoPro burst mode, GoPro turn off, dan GoPro turn on

Namun sayangnya, tidak ada perintah suara untuk menyesuaikan pengaturan manual atau apapun yang lebih kompleks. Meski begitu, kamera GoPro Hero6 Black ini menangani kinerja dasarnya dengan sangat baik.

Perfoma dan Hasil Foto

HDR still photos

10 second exposures on night shots

Sebagian besar menganggap GoPro sebagai kamera video yang dominan, namun dengan produk kamera terbaru Hero 6 ini, gaya fotografi telah mengalami peningkatan yang besar dalam kualitas keseluruhan berkat prosesor GP1 custom baru yang dibekalinya. Prosesor ini membuat semua foto yang dihasilkannya memiliki rentang dinamis yang jauh lebih baik, bahkan memiliki kemampuan HDR (rentang dinamis tinggi, yang digunakan untuk menyeimbangkan dan menyoroti puncak secara otomatis). Sehingga foto-fotonya akan terlihat nge’pop’ dengan warna dan kontras lebih banyak serta tetap tajam, detail dan indah.

Salah satu perbedaan terbesar terlihat saat memotret menggunakan Mode Malam. Pada GoPro Hero6 Black, secara default, dapat mengambil eksposur hingga 10 detik, memastikan bahwa bahkan di tengah malam dengan cahaya minim, Anda masih dapat mengambil foto pertunjukan malam yang dihandalkan plus fitur zoom 2x digital baru.

Perfoma Rekaman Video

Up to 4K at 60fps

Advanced digital stabilisation (3-sumbu)

Sama halnya dengan foto, pengambilan video oleh kamera GoPro Hero6 Black ini bisa lebih detail dan berwarna karena penambahan fitur 4K pada 60 frame per detik. Namun bila terlalu sering melakukan video 4K60fps, sistem kamera akan panas. Di sisi positifnya, konten 4K60 ini disimpan menggunakan codec video HEVC, hingga Anda tak akan kehilangan detailnya.

Kinerja Fitur Lainnya

5GHz Wi-Fi

Up to 3x faster content offload

Karena telah dibekali prosesor GP1, maka GoPro Hero6 Black ini bisa dihadirkkan fitur 5GHz Wi-Fi, yang memungkinkan  bisa lebih banyak aksi upload dan lainnya. Kamera ini juga masih ada  fitur QuikStories yang bisa dipercepat proses pemindahan datanya ke perangkat lainnya seperti laptop atau ponsel berkat adannya fitur 5GHz Wi-Fi ini.

Jadi, bila Anda mencari kamera action terbaik, maka kamera GoPro Hero6 Black  ini merupakan pilihan mutlak. Karena kamera ini memiliki antarmuka yang paling user-friendly dan jangkauan aksesori opsional terluas berkat teknologi chip prosesor GP1 yang dibekalinya. So,semoga bermanfaat!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Perayaan May Day saat ini sedang berlangsung di Tiongkok. Setelah beberapa waktu lalu merayakan hari libur, ada spekulasi bahwa beberapa smartphone...

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Produk smartphone terbaru buatan Huawei, yakni Pura 70 Ultra memberikan penawaran fitur retractable camera, atau kamera yang dapat ditarik. Sejatinya, fitur...

Kamera

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi terus memperluas jajaran produknya, menawarkan berbagai perangkat pintar yang cocok untuk hampir semua orang dan tujuan apa pun. Kali ini,...

Kamera

Unbox.id – Manfaat kamera mirrorless dalam dunia fotografi modern tidak bisa dianggap remeh. Alasannya karena keunggulan kamera mirrorless telah merevolusi cara fotografer memandang proses...