Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Nvidia Segera Hadirkan GPU Terbaru, Simak Harganya

Nvidia
ilustrasi: Nvidia.com

Jakarta, Unbox.id Secara resmi, Nvidia telah memperkenalkan GPU alias kartu grafis terbaru mereka, yakni RTX 40 series. GPU buatan Nvidia tersebut tersedia dalam dua variasi, yakni RTX 4090 dan RTX 4080. Keduanya memiliki desain arsitektur “Ada Lovelace” Gen 3. Yakni istilah yang sering terdengar ketika Nvidia membuat rancangan GPU yang mampu mendukung performa saat melakukan kegiatan gaming.

Selain itu, GPU Nvidia RTX 40 Series ini juga diklaim mampu meningkatkan performa grafik profesional. AI dan kinerja komputasi yang sangat stabil juga menjadi keunggulan produk GPU tersebut. Di mana perusahaan sendiri telah memperkenalkan dukungan ShadowPlay yang mampu mengoperasikan hingga resolusi 8K di 60 fps dan HDR.

Spesifikasi Nvidia RTX 40 Series

Untuk jenis RTX 4090, GPU tersebut memiliki memori GDDR6X 24 GB yang kecepatannya mencapai 2-4 kali ketimbang versi 3090 Ti. Kendati memiliki performa lebih kencang, daya yang ia pakai masih sama dengan versi sebelumnya. Dengan kata lain, versi terbaru mampu bekerja cepat dengan pemakaian daya stabil.

Baca juga: Inilah Rekomendasi GPU Yang Bagus

Di dalam perangkat ini juga terdapat 16.384 CUDA cores, di mana kecepatannya mencapai 2,52 GHz. Untuk pemakaiannya, Nvidia memberikan rekomendasi power supply pada batas minimal 850 watt. Pemakaian tersebut khusus untuk komputer yang memakai prosesor Ryzen 5900X.

Spesifikasi RTX 4080

Untuk versi 4080, terdapat 2 opsi memori yang dapat anda pilih, yakni GDDR6X sebesar 12 GB dan GDDR6X dengan penyimpanan 16GB. Tidak jauh berbeda dari versi 4090, RTX 4080 juga memiliki kecepatan 2 hingga 4 kali lebih cepat dengan pemakaian daya yang stabil.

Baca juga: Alienware m17 Dan m15 Dikemas dengan GPU Nvidia RTX 20 Series

Untuk spesifikasi teknis, 2 varian Nvidia RTX 40 series memiliki perbedaan, yakni versi 4080 berjalan pada power supply 700 watt. Untuk pengumuman harganya, kedua seri perangkat tersebut akan hadir pada tanggal 12 Oktober mendatang di wilayah Amerika dan Eropa.

Menurut beberapa sumber, ada yang mengatakan GPU RTX 4090 akan dibanderol dengan harga sekitar 1.599 dolar AS atau sekitar 24 juta Rupiah. Sementara RTX 4080 berada dalam harga kisaran 899 dolar AS atau 13 juta Rupiah.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Tanggal 22 Februari 2024 besok akan menjadi hari yang istimewa bagi para penggemar produk notebook Xiaomi. Pasalnya, perusahaan teknologi raksasa Tiongkok...

Software

Jakarta, Unbox.id – Prosesor adalah jantung dari ponsel pintar mana pun. Komponen ini dikerjakan secara khusus oleh perusahaan seperti MediaTek dan Qualcomm. Meski begitu,...

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Salah satu event teknologi terkemuka kelas dunia Mobile World Congress (MWC) akan segera berlangsung di 2024 ini. Tepatnya pada tanggal 26...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Asus semakin memperluas kehadirannya di India dengan investasi baru dan peluncuran produk. Menyusul pengumuman turnamen e-sports ROG All-Women Valorant baru-baru ini,...