Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Royalti Spatial Audio Apple Music cuma Untungkan Pemain Besar

Apple Music_1a
Apple Music. (Sumber: Gadgets 360)

Unbox.id – Rencana baru Apple untuk memotong royalti yang lebih tinggi bagi artis yang menggunakan audio spasial telah membuat marah beberapa label independen. Mereka berpendapat bahwa hal ini akan menghilangkan potensi keuntungan mereka dan menguntungkan perusahaan yang memiliki sumber daya lebih banyak. Seperti dilansir Engadget, Apple bulan lalu mulai menawarkan royalti 10% lebih tinggi kepada artis yang merilis lagu dalam format audio spasial di Apple Music. Namun dana tersebut berasal dari sumber pendanaan yang sama, yang juga digunakan untuk membayar artis yang tidak menawarkan format tersebut. Audio spasial diproduksi menggunakan teknologi Dolby Atmos dan menurut eksekutif yang berbicara kepada Finacial Today, biaya produksinya sekitar $1.000, atau sekitar Rs 16 crore per lagu.

Satu Album Sekitar 10 Kali Lipat

Apple Music_2b

Apple Music. (Sumber: 9to5 Mac)

Kita dapat menyimpulkan bahwa sebuah album akan bernilai sekitar 10 kali lipat. Jumlah tersebut bahkan lebih tinggi bila dikalikan dengan ratusan atau ribuan album yang mungkin dimiliki sebuah label rekaman.

The Financial Times mewawancarai para eksekutif dari Beggars Group, Secretly, dan Partisan Records, yang mana Label rekaman tersebut mewakili artis-artis seperti Vampire Weekend, Phoebe Bridgers dan lain-lain. .

Seorang eksekutif mengatakan: “Jika [kebijakan ini] mengurangi pendapatan global Anda sebesar 5 hingga 10 persen, dan itu bukan karena lagu-lagu tersebut tidak ditampilkan, itu karena Anda mengalami kerugian dan uang ini akan masuk ke dalam di tangan Universal, perusahaan terkemuka dunia dan pemain terbesar, pasar kita pasti akan runtuh.

Apple Siapkan HP Layar Lipat Pertama untuk Rilis Tahun 2026 atau 2027

HP Layar Lipat Apple_2b

HP Layar Lipat Apple. (Sumber: CNET)

Di sisi lain, Apple sejauh ini menjadi satu-satunya perusahaan teknologi yang masih ragu untuk “memasuki” pasar smartphone layar lipat. Faktanya, banyak rumor yang menyebutkan Apple akan memperkenalkan ponsel layar lipat pertamanya sekitar tiga tahun mendatang.

Sejauh ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS itu belum mau membeberkan apa pun terkait ponsel layar lipat tersebut. Namun, hal ini tampaknya mulai berubah. GSM Arena terkemuka, 2026 atau 2027 akan menjadi masa peluncuran ponsel layar lipat Apple.

Informasi ini diungkap oleh sumber anonim di Korea. Ponsel Apple ini konon akan memiliki layar utama berukuran 7 atau 8 inci. Dengan ukuran tersebut, ponsel Apple ini berpotensi menggantikan lini iPad mini yang beredar di pasaran dalam beberapa tahun mendatang.

Sayangnya, spesifikasi dan tampilan ponsel baru besutan Apple tersebut belum terungkap. Samsung Display dan LG Display dikabarkan akan menyediakan model panel layar lipat berukuran 6 dan 7 inci.Jika Apple memutuskan untuk memperkenalkan ponsel layar lipat, kemungkinan besar perusahaan akan menggunakan panel berukuran 6 dan 7 inci.

Hal ini didasarkan pada pengalaman Samsung Display sebagai pemasok terkemuka ponsel lipat Samsung, seperti Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold. Melalui hal ini, ada kemungkinan perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini akan memperluas produk layar lipatnya. online jika ponsel mereka sukses di pasaran. Maka tak heran jika pada tahun 2028 Apple meluncurkan produk dengan layar lipat berukuran 20,25 inci.

Baca juga: Bos Apple Bandingkan Kehadiran Vision Pro

Tim Cook Beri Tanda Apple Bakal Hadirkan Kemampuan AI Generatif di iPhone 16

Apple diperkirakan mulai menerapkan teknologi AI secara umum pada lini iPhone terbaru. Hal tersebut diungkapkan CEO Apple Tim Cook saat bertemu dengan investor usai laporan keuangan tahunan perusahaan.

Mengutip informasi dari GSM Arena, dalam pertemuan tersebut, Tim Cook mengatakan akan membahas Generative AI pada akhir tahun ini. Ada keraguan kuat bahwa adopsi AI generasi ini akan mulai digulirkan di iPhone 16.

Untuk itu, ada kemungkinan Apple akan membahas teknologi ini lebih lanjut pada acara WWDC pada pertengahan tahun 2024, sebelum perusahaan resmi mengumumkan lini produk iPhone 16 yang biasanya berlangsung pada bulan September.

Selain itu, kehadiran Generative AI di iPhone 16 juga diperkuat dengan bocoran mengenai iOS 18. Seperti diketahui, jika diperkenalkan nanti, kemungkinan besar iPhone 16 akan berjalan iOS secara langsung.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple Watch menjadi smartwatch paling populer selama hampir satu dekade. Terbaru dikabarkan Apple akan merilis Apple Watch X sebagai suksesor dari Apple...

Apps & Games

Unbox.id – iPhone memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya menghapus pesan yang dikirim ke orang lain. Hal ini tentu sangat membantu, karena mengirim pesan kepada...

Artikel

Jakarta. Unbox.id – Perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat, Apple, kemungkinan akan menciptakan perangkat wearable yang lebih canggih di masa depan. Menurut beberapa sumber,...

Apple

Unbox.id – iPhone SE generasi terbaru diperkirakan akan dirilis pada tahun 2025. Kabarnya, Apple kini tengah bersiap memperkenalkan lini iPhone terjangkau dengan layar OLED....