Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

Perbedaan Spek Xiaomi 14 dan 14 Ultra yang Baru Hadir di MWC 2024

Xiaomi 14 Ultra_1a
Xiaomi 14 Ultra. (Sumber: Gadget Review)

Unbox.id – Xiaomi resmi memperkenalkan smartphone andalan terbarunya Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra. Diselenggarakan di sela-sela MWC 2024 dalam acara Xiaomi Lens to Legend, kedua smartphone tersebut hadir dengan spesifikasi gahar. Salah satunya terlihat pada chipset yang terintegrasi pada kedua smartphone ini. Baik Xiaomi 14 maupun Xiaomi 14 Ultra sama-sama dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3. Namun, seperti halnya bertani, ada sedikit perbedaan pada apa yang ditawarkan setiap ponsel cerdas. Perbedaan paling kentara terletak pada ukuran layar. Xiaomi 14 dibekali layar LTPO OLED berukuran 6,36 inci dengan resolusi 1200 x 2670 piksel, rasio screen-to-body 89,3%, kerapatan piksel hingga 460 ppi, dan refresh rate 240 Hz.

Layar Jenis LTPO AMOLED

Xiaomi 14 Ultra_2b

Xiaomi 14 Ultra. (Sumber: Nano Techno)

Sementara layar Xiaomi 14 Ultra didukung layar LTPO AMOLED berukuran 6,73 inci dengan resolusi 1440 x 3200 piksel, rasio screen-to-body 89,6%, kerapatan piksel hingga ‘522 ppi, dan refresh rate 240 Hz.

Perbedaan lainnya terletak pada sensor Kamera yang digunakan, meski sama-sama menggunakan sensor kamera ciptaan Leica dan Xiaomi bernama Light Fusion 900. Xiaomi 14 menggunakan sensor berukuran 1/1,3 inci, sedangkan Xiaomi 14 Ultra menggunakan sensor berukuran 1 inci. Keduanya didukung teknologi HDR.

Beralih ke bidang fotografi, Xiaomi juga membawa perbedaan. Varian standar memiliki tiga kamera belakang, sedangkan Ultra memiliki empat kamera belakang.

Kamera Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra

Xiaomi punya kamera utama 50MP dengan aperture f/1.6 dan lensa wide 23mm (dual pixel PDAF, laser AF, OIS).

Kemudian ada lensa telephoto 75mm dengan resolusi 50 MP (bukaan f/2.0, OIS, PDAF, zoom optik 3,2x). Berikutnya adalah lensa ultra-wide-angle 14mm dengan resolusi 50 MP (bukaan f/2.2 dan sudut pandang hingga 115 derajat).

Sedangkan Xiaomi 14 Ultra dibekali kamera utama 50 MP dengan aperture f/1.9 atau bukaan f/4.0. dan lensa lebar 23mm (PDAF segala arah, AF laser, OIS). Berikutnya adalah lensa telefoto periskop 120mm dengan resolusi 50MP dan aperture f/3.0 (dual pixel PDAF, OIS, 5x optical zoom).

Lalu ada lensa telephoto 75mm dengan resolusi 50MP dan aperture f/1.8 (dual-pixel PDAF, OIS, zoom optik 3,2x). Terakhir, ada lensa ultra lebar 12mm dengan resolusi 50 MP dan aperture f/1.8 (TOF PDAF 3D piksel ganda dan bidang pandang hingga 120 derajat).

Untuk kamera depan, kedua ponsel merupakan ponsel terbaru Xiaomi. semuanya memiliki lensa 32 MP. Kamera selfie memiliki aperture f/2.0, panjang fokus 22mm.

Kapasitas Baterai Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra

Xiaomi 14_3c

Xiaomi 14. (Sumber: Screen Idea)

Perbedaan lainnya adalah kapasitas baterainya. Xiaomi 14 dibekali baterai 4.610mAh dengan pengisian cepat kabel 90W dan pengisian nirkabel 50W. Sementara itu, Xiaomi 14 Ultra didukung baterai 5.300mAh dengan pengisian cepat 90W melalui kabel dan nirkabel 80W.

Baik Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra menjalankan HyperOS berbasis Android 14. Xiaomi juga membekali kedua smartphone ini IP68. sertifikasi, membuatnya tahan air dan debu.

Selain itu, Xiaomi juga menjamin kedua smartphone ini akan mendapat pembaruan sistem operasi Android selama 4 generasi, serta pembaruan keamanan hingga 5 tahun.

Baca juga: Xiaomi Pilih Kamera 200MP Untuk Redmi Note 13 Pro Ketimbang Periskop

Mengenal Xiaomi

Xiaomi terkenal dengan lini produk smartphone-nya yang mencakup berbagai model dengan spesifikasi yang beragam, mulai dari ponsel kelas menengah hingga flagship. Selain itu, mereka juga memproduksi perangkat elektronik konsumen seperti televisi pintar, laptop, smartwatch, speaker pintar, dan perangkat kecerdasan rumah (smart home).

Salah satu faktor keberhasilan Xiaomi adalah strategi harga yang terjangkau untuk produk-produk berkualitas yang mereka tawarkan. Mereka sering kali menargetkan segmen pasar yang lebih luas dengan harga yang lebih rendah daripada pesaingnya.

Bagaimana? Apakah para pecinta gadgetnya tertarik dengan model terbaru dari gadget Xiaomi yang satu ini dimana mempunyai spesifikasi dan fiturnya yang menjanjikan?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Xiaomi dikabarkan sedang bersiap meluncurkan ponsel layar lipat barunya. Rupanya smartphone baru ini akan memiliki Xiaomi Mix Flip. Kehadiran ponsel layar lipat...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id  – Sebagai smartphone legendaris, perpaduan desain compact sempurna dan lensa optic Leica Summilux generasi terbaru pada Xiaomi 14 mendefinisikan standar baru inovasi...

Tech Industry

Unbox.id – Xiaomi baru saja meluncurkan seri Xiaomi 14 di pasar global, dengan varian Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra. Meski kedua ponsel tersebut...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi telah resmi meluncurkan produk ponsel pintar andalan terbarunya dari tipe ultra. Ia adalah Xiaomi 14 Ultra di Cina yang meluncur...