Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

iPhone 16 Ada Action Button, Gantikan Mute Button

iPhone 16 Action Button_1a
iPhone 16 Action Button. (Sumber: Android Headlines)

Unbox.id – Bocoran mengenai iPhone 16 semakin meningkat tahun ini, padahal iPhone 15 masih tergolong baru. Beberapa bocoran informasi mengenai iPhone 16 juga telah tersebar. Salah satunya adalah iPhone 16 masih mempertahankan beberapa elemen penting dari pendahulunya. Sebagai informasi, iPhone 15 sempat populer tahun lalu ketika perangkat tersebut memperkenalkan fitur-fitur baru, seperti port USB-C, bodi titanium, tombol aksi, kamera periskop untuk versi Pro, dan seri Dynamic Island untuk versi non-Pro. Oleh karena itu, kemungkinan seri iPhone 16 standar akan memiliki fitur-fitur yang hadir pada versi Pro tahun lalu. Misalnya saja Dynamic Island yang sebelumnya tersedia di iPhone 14 Pro, kini hadir di iPhone 15 versi non-Pro. Selain itu, mengutip Android Authority, Apple kemungkinan akan memperkenalkan fitur Action Button pada varian standar. standar iPhone 16. Tombol ini akan menggantikan tombol Mute yang sebelumnya hadir pada varian iPhone standar.

Tambah Tombol Baru Untuk iPhone Terbaru

iPhone 16 Action Button_2b

iPhone 16 Action Button. (Sumber: Reddit)

Sementara itu, beberapa rumor terbaru juga menyebutkan bahwa Apple akan menambahkan tombol baru pada lini iPhone terbarunya.

Tombol ini dikabarkan merupakan tombol kamera yang akan ditambahkan di sisi kanan ponsel pintar. Leaker Mark Gurman mengatakan tombol tersebut bisa digunakan untuk merekam video. Menurut rumor yang beredar, tombol tersebut akan menjadi tombol fisik yang mampu merespon tekanan dan sentuhan.

Ada juga laporan Rumor mengatakan jika Anda tekan ringan tombol Rana, ini dapat digunakan untuk mengatur fokus, namun jika Anda menekan lebih keras, iPhone akan mengambil foto atau merekam video.

Tombol iPhone baru juga dapat digunakan untuk memperbesar dan memperkecil jika Anda geser ke kiri atau kanan.

Bocoran Desain iPhone 16

Laporan MacRumors yang dikutip Android Authority menunjukkan prototipe awal iPhone 16. iPhone 16 akan menggunakan desain kamera yang mirip dengan iPhone. IPhone 16 standar akan memiliki tombol tindakan, yang menunjukkan bahwa tombol Bungkam akan dihapus. Dari segi warna, iPhone 16 disebut-sebut akan hadir dalam tiga warna yakni Gold, Pink, dan Midnight Black.

Sedangkan untuk varian Pro, leaker bernama Majin Bu mengklaim warna tersebut akan tersedia di iPhone The 16 Pro hadir dalam dua warna: Desert Titanium dan Titanium Grey. Ada rumor yang menyebutkan iPhone 16 akan lebih besar dari sebelumnya. Laporan analis tampilan Ross Young yang dikutip oleh Android Authority menyatakan bahwa Apple berencana menambah ukuran iPhone 16 Pro.

Ukuran layar iPhone terbaru akan menjadi 6,2 inci dan 6,8 inci inci untuk iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max. Sementara itu, layar non-Pro pada iPhone 16 akan tetap menggunakan ukuran layar yang sama dengan versi tahun lalu.

Analis tampilan Ross Young juga mengatakan bahwa Apple akan menawarkan fitur refresh rate tinggi pada lini iPhone standar pada tahun 2025, artinya iPhone yang dirilis tahun ini masih akan menggunakan refresh rate 60Hz.

Baca juga: Apple Pastikan Pengguna IPhone Di Uni Eropa Bisa Hapus Browser Safari

Spesifikasi Kamera iPhone 16 Series

iPhone 16_3c

iPhone 16. (Sumber: Trust Tech)

Ada beberapa rumor yang beredar mengenai spesifikasi kamera iPhone 16. Tahun lalu, Apple memperkenalkan lensa zoom quad-prisma di iPhone 15 Pro. Lensa ini akan menghasilkan foto serupa dengan lensa kamera full-frame 120mm.

Menurut analis Apple dan pakar tepercaya Ming-Chi Kuo, lensa ini tidak akan terbatas pada model iPhone andalan tahun depan, serta iPhone 16 Pro dan iPhone 16. Pro Max akan memiliki lensa telefoto quad-prisma.

Leaker di Weibo, Digital Chat Station juga mengklaim bahwa iPhone 16 Pro akan menggunakan kamera zoom 5x, bukan hanya model Pro Max. Mereka juga mengklaim bahwa iPhone 16 Pro akan memiliki sensor kamera utama 48MP.

DCS menambahkan bahwa iPhone 16 Pro Max dapat dilengkapi dengan “kamera super periskop”, yang berarti iPhone terbaru akan memiliki panjang fokus yang sangat tinggi, mengalahkan Galaxy S23 Ultra.
Ming-Chi Kuo juga mengonfirmasi hal ini lebih detail, dengan menyebutkan bahwa iPhone 16 Pro dan Pro Max dapat ditingkatkan ke sensor 48MP 1/2,6 inci dengan ukuran piksel 0,7µm dan Kit Lensa 6P untuk kamera belakang ultra lebar.

Kamera akan menghasilkan foto beresolusi 12 MP dengan pixel binning. Jika benar, ini berarti peningkatan resolusi yang signifikan dibandingkan dengan sensor ultra lebar 12 MP yang saat ini digunakan di iPhone, yang memiliki ukuran piksel 1 µm.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Rumor terkait spesifikasi teknis dan jadwal peluncuran seri iPhone 16 kian santer. Terbaru, ponsel Apple ini dikabarkan telah menggunakan lapisan lensa baru....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan kemampuan Siri yang dinilai sama. Beberapa orang menganggap Siri tertinggal jauh dari asisten virtual Alexa...

Tech Industry

Unbox,id – Jepang akan mendenda Apple. Pasalnya, ada dugaan Apple terlibat dalam perilaku monopoli di negara tersebut. Namun, negara ini masih mempelajari peraturan yang...