Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Asus Hingga IBM Bersaing Rancang Perangkat Yang Ramah Lingkungan

ASUS dan IBM Perangkat Ramah Lingkungan_1a
ASUS dan IBM Perangkat Ramah Lingkungan. (Sumber: ASUS)

Unbox.id – Mengurangi jejak karbon merupakan salah satu hal yang saat ini dihadapi oleh perusahaan teknologi dalam menghadapi perubahan iklim. Mereka mendukung tujuan ini dengan menciptakan produk netral karbon dan memasukkan penggantian kerugian karbon sebagai bagian dari pembelian produk. Misalnya, Asus meluncurkan komputer bisnis netral karbon pertama di dunia, serta perangkat ramah lingkungan lainnya. Melalui Layanan Mitra Karbon, Asus memungkinkan bisnis memilih untuk membeli potongan harga yang menghilangkan biaya yang terkait dengan pembelian produk lainnya.

Program Sertifikasi Produk Carbon Neutral HP

Asus Company_1a

Asus Company. (Sumber: Akurat)

Demikian pula, program sertifikasi Produk Netral Karbon HP menjadikan beberapa perangkat perusahaan bebas karbon melalui rabat dan rabat.

Selain itu, infrastruktur teknologi juga memainkan peran penting dalam menghasilkan kredit karbon, menurut BizTech. Hal ini karena teknologi dapat mengikuti proses elektronik dan mencatat setiap langkah bisnis, sehingga semua pihak dapat memastikan bahwa banyak pihak lain yang tidak mengklaim pengurangan emisi karbon sebanyak satu metrik ton.

Metode pelacakan ini juga berbeda, namun beberapa sistem didasarkan pada blockchain, dan perusahaan seperti Intel berupaya menciptakan blockchain yang ramah lingkungan. Intelijen dan teknologi lainnya memberikan dukungan yang diperlukan untuk pengumpulan data terkait kredit penggantian kerugian karbon, sehingga memungkinkan industri untuk terus tumbuh secara efisien.

Beberapa perusahaan teknologi menawarkan alat pengelolaan data khusus untuk penyeimbangan karbon. Misalnya, rangkaian Envizi ESG IBM membantu klien mengelola semua data eksposur kredit, termasuk gagal bayar kredit.

Microsoft, melalui layanan kredit lingkungannya, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, membantu membangun kepercayaan konsumen terhadap realitas kredit karbon.

Kredit Pengimbangan Karbon? Apa Itu?

Sekadar informasi, keberlanjutan penting bagi dunia usaha di semua sektor, terutama di sektor energi dan infrastruktur.

Ketika perusahaan energi dan utilitas berupaya meningkatkan kinerja mereka terhadap iklim, banyak yang bergantung pada kredit pengurangan karbon. Menurut BizTech, ketika perusahaan tidak dapat mengurangi jejak karbonnya sendiri, mereka dapat membeli kredit karbon.

Setiap poin kredit mewakili satu ton karbon dioksida yang dicegah agar tidak dilepaskan ke atmosfer atau dihilangkan melalui aktivitas manufaktur, seperti daur ulang kayu, penyimpanan karbon, atau pengelolaan limbah dan limbah.

Hal ini membantu mereka yang membeli kredit karbon offset untuk mencapai tujuan keberlanjutan mereka, meskipun proyek mereka sendiri tidak ramah lingkungan seperti yang mereka inginkan untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Permintaan akan kelestarian lingkungan dan pilihan tata kelola semakin meningkat. Pasar penggantian kerugian karbon bisa bernilai lebih dari $50 miliar pada tahun 2030.

Inovasi Teknologi dan Keberlanjutan

Pada tahun-tahun sebelumnya, inovasi dan teknologi tidak selalu didukung, namun hal ini berubah. Model tata kelola lingkungan, sosial, dan perusahaan (ESG) kini menyediakan indikator berbasis kinerja untuk melacak inisiatif keberlanjutan.

Nick Voulvoulis, profesor teknologi lingkungan di Imperial College London, mengatakan kepada Euronews bahwa dukungan dan inovasi dalam teknologi harus didukung. “Seperti yang kita ketahui, degradasi lingkungan mengurangi kemampuan dunia untuk mendukung pembangunan ekonomi.

Oleh karena itu, pembangunan ekonomi berkelanjutan dan perlindungan lingkungan diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, ujarnya.

Ia menambahkan, hal ini berarti teknologi baru tidak bisa mengabaikan isu keberlanjutan, namun inovasi saja tidak cukup.

Banyak perusahaan energi dan utilitas menggunakan metode teknis seperti pengurangan karbon dan model bisnis pengurangan karbon secara salah untuk mengurangi jejak lingkungan dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Asus ROG Rilis Komponen Dan Aksesoris PC Gaming Edisi Evangelion

Apple Jadi Yang Paling Ambisius

Asus Company_3c

Asus Company. (Sumber: Computerworld)

Pertama, sebuah artikel membandingkan upaya beberapa perusahaan teknologi untuk melawan perubahan iklim.

Perusahaan yang dimaksud adalah Apple, Dell, Google, HP, Microsoft dan Nvidia. Apple menjadi sorotan dalam laporan ini karena merupakan satu-satunya perusahaan yang menetapkan tujuan penggunaan energi terbarukan untuk kebutuhan perakitan perangkatnya.

Merek lain harus mengirimkan target yang jelas kepada pemasok mereka, menurut Gary Cook, kepala perkiraan iklim global di Stand.earth, yang menerbitkan laporan tersebut. Namun, laporan sebelumnya menunjukkan adanya keraguan terhadap klaim netralitas karbon Apple.

Stand earth membahas rencana perubahan iklim Apple dan beberapa perusahaan teknologi secara bersamaan. Perusahaan teknologi sendiri menyumbang 4% emisi gas rumah kaca global, lebih besar dibandingkan emisi dari industri penerbangan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech News

Unbox.id – Asus ZenFone 11 Ultra tiba-tiba muncul di situs benchmark terkenal Geekbench. Mengutip Geekbench, ZenFone 11 Ultra dipastikan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Asus semakin memperluas kehadirannya di India dengan investasi baru dan peluncuran produk. Menyusul pengumuman turnamen e-sports ROG All-Women Valorant baru-baru ini,...

Asus

Jakarta, Unbox.id – ASUS siap meluncurkan jajaran laptop dan perangkat PC bermerek ROG terbarunya di India pada bulan Februari ini. Peluncuran ini rencananya akan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Asus baru-baru ini meluncurkan ROG Carnyx, mikrofon gaming kondensor yang menjanjikan kualitas audio kelas profesional untuk pembuat konten, gamer, dan streamer....