Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Apple Akhirnya Izinkan Toko Aplikasi Selain App Store

Apple App Store_1a
Apple App Store. (Sumber: Reddit)

Unbox.id – Apple akhirnya akan mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga di iOS untuk pertama kalinya di Uni Eropa. Hal ini melibatkan kepatuhan terhadap ketentuan Undang-Undang Pasar Digital yang akan berlaku di blok tersebut. Dengan adanya perubahan pada iOS 17.4 pada bulan Maret, App Store tidak lagi menjadi satu-satunya distributor atau toko aplikasi yang diberi wewenang oleh Apple. Mengutip The Verge, di masa depan, pengguna iOS 17.4 di Uni Eropa akan dapat mengunduh “pasar aplikasi alternatif” dari situs pasar tersebut. Namun untuk bisa digunakan di iPhone, App Store tetap harus mendapat persetujuan dari Apple dan setelah diunduh, pengguna harus memberikan izin untuk mengunduh aplikasi tersebut ke perangkat. Setelah App Store disetujui dan diinstal pada perangkat, pengguna dapat mengunduh aplikasi apa pun yang mereka inginkan, bahkan aplikasi yang melanggar pedoman App Store.

Toko Aplikasi Default Pada Perangkatnya

Apple App Store_2b

Apple App Store. (Sumber: CNET)

Pengguna juga dapat mengatur toko aplikasi selain App Store sebagai toko aplikasi default di perangkat mereka.

Di sisi lain, pengembang juga dapat memilih apakah mereka akan menggunakan layanan pembayaran dan pembelian dalam aplikasi Apple atau akan mengintegrasikan pihak ketiga -aplikasi pesta. sistem pembayaran pihak ketiga tanpa biaya tambahan apa pun kepada Apple.

Jika pengembang ingin terus menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi Apple yang sudah ada, akan dikenakan biaya tambahan. Biaya pemrosesan 3%.

Apple telah mengumumkan bahwa mereka masih berencana untuk melakukannya terus memantau distribusi aplikasi dengan cermat. Semua aplikasi harus “dinotariskan” oleh Apple, dan distribusi melalui pasar pihak ketiga masih ditangani oleh sistem Apple.

Biaya yang Dikenakan

Mengutip Macrumors, Apple tidak akan membebankan komisi untuk aplikasi yang diinstal dari toko aplikasi alternatif atau sistem pembayaran alternatif, yang juga diizinkan berdasarkan pembaruan App Store di Uni Eropa.

Tetapi bagi pengembang ada biaya teknologi dasar sebesar 0,50 euro per instalasi dan per akun per tahun. Satu juta penginstalan pertama tersedia untuk semua pengembang secara gratis, namun setelah itu, biaya akan mulai berlaku.

Sementara itu, pengembang yang memilih untuk melanjutkan distribusi di ‌App Store‌ akan mengurangi komisi Apple berdasarkan ketentuan baru. Apple mengurangi komisi dari 17% menjadi 30%, dan komisi 15% yang dibayarkan untuk langganan satu tahun atau usaha kecil akan turun 10%. Perusahaan mengatakan sebagian besar aplikasi akan memenuhi syarat untuk pajak 10%.

Pengembang hanya akan diizinkan untuk mendistribusikan satu versi aplikasi di toko yang berbeda, dan mereka masih harus mematuhi persyaratan lisensi tertentu. seperti memindai malware.

Baca juga: Apple Tidak Rekomen Pembelian Luar Negeri Untuk Headset Vision Pro

Perubahan Lain untuk Ekosistem iOS di Uni Eropa

iOS 17.4_3c

iOS 17.4. (Sumber: Pune News)

Selain mengaktifkan toko aplikasi dan sistem pembayaran alternatif, Apple juga membuka aspek lain dari ekosistem iOS di Uni Eropa: untuk pertama kalinya, mesin browser alternatif untuk WebKit juga akan diizinkan. Pengguna juga akan memiliki pilihan browser alternatif untuk diinstal saat pertama kali membuka Realize di iOS 17.4.

App Store sendiri juga akan terbuka untuk mengaktifkan layanan streaming game dalam skala global, yang sebelumnya dilarang berdasarkan kebijakan Apple saat ini. Selain itu, Apple juga bersiap untuk mengizinkan pengembang di Wilayah Ekonomi Eropa untuk menawarkan pembayaran NFC di aplikasi pihak ketiga mereka.

Phil Schiller, Apple Fellow, menyatakan di situs web Pernyataan resmi Apple adalah bahwa perubahan ini bertujuan untuk mematuhi undang-undang pasar digital di Uni Eropa, sekaligus melindungi pengguna dari ancaman privasi dan keamanan yang tak terhindarkan akibat aturan tersebut.

“Pengembang kini dapat menjelajahi alat dan ketentuan baru yang tersedia untuk distribusi aplikasi dan pemrosesan pembayaran alternatif, serta hal-hal baru fitur-fiturnya,” katanya. Penting untuk dicatat bahwa pengembang dapat memilih untuk mempertahankan persyaratan komersial yang sama seperti yang mereka miliki saat ini jika mereka menginginkannya.”

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Toko aplikasi milik Apple, App Store, dikabarkan sedang mengalami masalah akhir-akhir ini. Pasalnya, ada aplikasi bernama LastPass yang diduga meniru pengelola kata...

Software

Unbox.id – Apple dikabarkan telah merilis versi beta iOS 17.4 kepada penguji beberapa hari lalu. Versi beta iOS ini dirilis segera setelah perusahaan merilis...

Apps & Games

Unbox.id – Ekosistem aplikasi iPhone akan terganggu dengan aplikasi dari luar toko resmi untuk pertama kalinya sejak App Store diluncurkan pada tahun 2008. Hal...

Software

Unbox.id – Pengguna iPhone, sudahkah Anda memperbarui perangkat lunak Anda ke iOS 17.3 atau versi iOS terbaru? Jika ya, Anda harus tahu bahwa salah...