Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

App Store Hingga Apple Music Sempat Down

App Store Apple_1a
App Store Apple. (Sumber: ZDNET)

Unbox.id – Siapa sangka kemarin Instagram dan WhatsApp berhenti bekerja secara bersamaan. Namun, ternyata bukan hanya dua layanan Meta saja yang mengalami crash. Layanan online Apple juga mengalami gangguan. Akibat gangguan ini, banyak pengguna yang tidak dapat mengakses layanan App Store, Apple TV, dan Apple Music pada Rabu malam. Mengutip The Verge, ketika layanan Apple TV, App Store, dan Apple Music down, halaman status sistem layanan online Apple mencatat pemadaman dimulai pada pukul 18.30 Amerika.

Berlangsung Sekitar 1 Jam

Apple Applications_2b

Apple Applications. (Sumber: The Detroit News)

Berbagai layanan online Apple juga tumbang, termasuk Apple Arcade, Apple Books, Audiobooks, Podcasts, Fitness Plus, dan aplikasi Apple Sports. Meski demikian, tumbangnya layanan Apple hanya berlangsung sekitar satu jam. Alasannya adalah halaman status mencantumkan semuanya sebagai “pemadaman terselesaikan” atau pemadaman telah teratasi pada pukul 19.35 waktu AS.

Selain itu, semua layanan Apple juga berfungsi kembali. Akun @AppleSupport di X, juga dikenal sebagai Twitter, tidak mencantumkan alasan masalah tersebut. Namun, ini meminta pengguna untuk memeriksa halaman status untuk informasi lebih lanjut.

Di situs pendeteksi downpage DownDetector, laporan pertama mengenai masalah ini dimulai sekitar pukul 6 sore waktu setempat. The Verge sendiri mencoba menghubungi Apple dan menanyakan masalah ini.

Layanan Instagram dan WhatsApp Down

Sebelumnya, beberapa pengguna jejaring sosial Instagram dan aplikasi perpesanan WhatsApp mengeluhkan layanan kedua platform tersebut tidak berfungsi.

Menurut pantauan situs web yang mendeteksi page down, tepatnya DownDetector, Instagram dan WhatsApp terakhir down. Kamis. sekitar pukul 02:00 WIB. Pengguna di seluruh dunia merasakan matinya WhatsApp dan Instagram. Keluhannya adalah banyak pengguna di berbagai negara tidak dapat mengakses kedua layanan Meta.

Lantaran, keduanya dianggap terlalu sering error dan tak bisa diakses. Meme logo Instagram dan X alias Twitter disandingkan, seolah kalau Instagram sedang down, warganet lari mencari hiburan di X alias Twitter.

Tak Sebut Alasan WhatsApp Down

Kabar penutupan WhatsApp memang telah dikonfirmasi oleh pihak perusahaan. Berkat layanan unggah sehingga semuanya menjadi 100% normal untuk semua pengguna, secepat mungkin,” kata WhatsApp. Hanya tiga jam setelah pengunduhan, sekitar pukul 5 pagi, WhatsApp kembali mengumumkan bahwa layanannya dapat diakses kembali.

“Dan kami kembali, mengirim pesan dengan gembira,” kata WhatsApp. Belum ada penjelasan mengapa Instagram dan WhatsApp tumbang.

Perusahaan juga tidak meminta maaf atas penurunan layanannya.
Perusahaan hanya mengatakan sedang meningkatkan layanan dan mengumumkan sudah kembali normal.

Baca juga: Samsung Tolak Tawaran Apple, Apa Itu?

Tentang App Store

App Store_3c

App Store. (Sumber: Geeky Gadgets)

App Store adalah platform distribusi digital yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan teknologi Apple Inc. Platform ini memungkinkan pengguna perangkat Apple seperti iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch untuk menemukan, mengunduh, dan menginstal aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak iOS atau macOS.

App Store juga merupakan sumber pendapatan utama bagi pengembang aplikasi, dengan model pembayaran yang beragam, termasuk penjualan langsung, pembelian dalam aplikasi, dan langganan.

  • Penyedia Aplikasi: App Store menyediakan berbagai jenis aplikasi, mulai dari game, produktivitas, hiburan, hingga aplikasi bisnis.
  • Kurasi: Apple melakukan proses kurasi ketat terhadap aplikasi yang diizinkan untuk tersedia di App Store. Ini termasuk peninjauan untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut memenuhi standar keamanan, kinerja, dan konten.
  • Model Bisnis: Ada beberapa model bisnis yang didukung oleh App Store, termasuk pembelian sekali, pembelian dalam aplikasi, dan langganan. Ini memungkinkan pengguna untuk memilih apakah ingin membayar sekali atau menggunakan model berlangganan untuk mengakses konten tambahan atau layanan premium dalam aplikasi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Apple, perusahaan pembuat iPhone, telah mengeluarkan peringatan yang mengerikan kepada pengguna iPhone. Peringatan ini terkait dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya....

Tech Industry

Unbox.id – Apple akan mengadakan acara “Let Loose” pada 7 Mei 2024. Perusahaan asal Amerika itu diperkirakan akan memperkenalkan beberapa lini iPad, termasuk iPad...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...