Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

Akhirnya Samsung Ungkap Penyebab Meledaknya Galaxy Note 7

Kabar yang dinanti, Samsung akhirnya resmi mengumumkan hasil penyelidikan penyebab meledaknya Samsung Galaxy Note 7. Menurut perusahaan asal Korea Selatan ini baterai-lah yang menjadi pemicu meledaknya ponsel pintar satu itu.

Penyelidikan yang memakan waktu berbulan-bulan ini memeriksa semua aspek yang dimiliki Galaxy Note 7, mulai dari hardware software, proses perakitan, dan lainnya. Sekitar 700 engineers Samsung menguji lebih dari 200.000 perangkat Galaxy Note 7 dan 30.000 unit baterai.

Berdasarkan hasil penyelidikan yang telah dibeberkan oleh Samsung, masalah disebabkan oleh baterai tahap awal yang digarap Samsung SDI. Baterai ini memiliki cacat desain pada bagian sudut kanan atas sehingga menyebabkan elektroda di dalam baterai rentan tertekuk. Hal itu memicu elektroda negatif dan positif mengalami kerusakan hingga memicu terjadinya korsleting.

https://www.youtube.com/watch?v=6s4uqr1serU

Sayangnya baterai pengganti yang dihadirkan oleh ATL juga tidak menyelesaikan masalah. Isu yang beredar bahwa hal ini disebabkan oleh penyuplai baterai yang diburu untuk meningkatkan produksi baterai pengganti untuk Galaxy note 7. Sedangkan untuk desainnya sendiri, Galaxy Note 7 terbilang cukup aman dan tidak memicu timbulnya ledakan.

Akibat rentetan kasus meledaknya Galaxy Note 7  ini Samsung akhirnya “menyerah”. Dengan alasan demi keselamatan penggunanya, Samsung akhirnya mengambil keputusan yang terbilang berat dengan menghentikan produksi dan penjualan Galaxy Note 7. Sedangkan untuk perangkat yang terlanjur ada di tangan konsumen, Samsung menghimbau para pengguna untuk segera mengembalikannya ke Samsung tentu dengan sejumlah kompensasi.

Hingga laporan ini diturunkan, Samsung mengklaim telah menerima kembali 96% perangkat yang sebelumnya sudah beredar ditangan konsumen di seluruh dunia.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru saja meluncurkan pembaruan OneUI 6.1 untuk seri Galaxy S21 di India, yang menambahkan fitur Galaxy AI ke ponselnya. Kini...

Artikel

Unbox.id – Mahasiswa sering kali dihadapkan pada tantangan dalam mencari dan mengolah informasi yang diperlukan untuk skripsi mereka. Dari mencari sumber berita yang relevan...

Artikel

Jakarta, Unbox.id — Samsung terus memperluas jajaran produknya. Sejalan dengan hal tersebut, langkah perusahaan selanjutnya adalah menambah anggota baru di seri F populernya, Galaxy...

Tech Industry

Unbox.id – Rumor mengenai Samsung Galaxy S25 mulai menyebar. Belakangan ini perusahaan asal Korea tersebut belum memperbarui beberapa fitur agar harga ponselnya tidak terlalu...