Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Sony Akan Pakai APU AMD untuk PlayStation 6?

Sony PlayStation 6_1a
Sony PlayStation 6. (Sumber: Game Champions)

Unbox.id – Konsol game besutan Sony, PlayStation 6 atau dikenal dengan PS6 sempat disebut-sebut meski peluncurannya masih bertahun-tahun lagi. Sony belum memberikan penjelasan apapun mengenai konsol game PS5 generasi selanjutnya ini. Namun telah beredar bocoran di Internet mengenai spesifikasi konsol ini. Mengutip Android Headlines, Sony akan menggunakan AMD untuk APU-nya. APU sendiri merupakan unit pemrosesan yang dipercepat, khususnya rangkaian mikroprosesor 64-bit dari AMD yang menggabungkan unit pemrosesan pusat (CPU) serba guna dan unit pemrosesan grafis 3D terintegrasi dalam satu chip. APU AMD khususnya seri AMD akan mampu menghadirkan performa pemrosesan yang sangat baik dan kemampuan grafis yang baik, sehingga perangkat yang dilengkapi dengan APU AMD akan mampu menjalankan berbagai jenis game. Nah, ada rumor baru yang mengatakan bahwa Sony akan menggunakan AMD APU di konsol berikutnya yakni PlayStation 6. Ini bukan kali pertama Sony menggunakan AMD APU, sebelumnya di PS5 Sony juga menyertakan AMD enter. Tampaknya saat mendesain PS5, Sony berbicara dengan sejumlah pemasok chip tertentu, termasuk Nvidia.

Sony Kepincut AMD, Tak Pertimbangkan Merek Chip Lain

Sony PlayStation 6_2b

Sony PlayStation 6. (Sumber: IT Voice)

Namun, perusahaan tersebut baru-baru ini memutuskan untuk beralih ke AMD dan bekerja sama dengan tim AMD untuk memproduksi APU khusus untuk PlayStation 5, berdasarkan arsitektur RDNA 2 AMD. Rumor juga menyebutkan bahwa Sony telah memutuskan untuk terus menggunakan AMD untuk konsol generasi berikutnya.

Faktanya, Sony hanya akan mempertimbangkan untuk menggunakan AMD dan bukan chipset dari vendor lain. Jika rumor tersebut benar, Sony sepertinya cukup puas dengan performa APU AMD di konsol PS5 sendiri, hingga tidak mempertimbangkan merek lain.

PlayStation 6 Tengah Dalam Pengembangan?

Tidak hanya terdapat rumor mengenai penggunaan chipset AMD, namun sepertinya PlayStation 6 juga sedang dalam tahap pengembangan.

Sony telah berbicara dengan pihak studio mengenai konsol tersebut. Pasalnya Sony sedang mengumpulkan masukan dari studio untuk mengetahui apa yang mereka inginkan dan harapkan dari konsol terbaru tersebut.

PS6 Bakal Rilis 2028?

Sony PlayStation 6_3c

Sony PlayStation 6. (Sumber: ExPuter)

Perkiraan timeline perilisan Sony PlayStation 6 direncanakan pada tahun 2028. Sebelumnya PS4 dirilis pada pertengahan tahun 2013, sedangkan PS5 dirilis pada akhir November 2020, yakni kurang lebih 7 tahun dibandingkan jadwal rilis sebelumnya merilis versi konsol sebelumnya.

Tentu saja Sony belum memastikan tanggal rilis konsol PS6 ditetapkan pada tahun 2028. Selain itu, segala sesuatunya bisa berubah. Namun jika kabar ini akurat, maka akan menyebabkan jeda delapan tahun dalam siklus rilis antara PlayStation 5 dan PlayStation 6.

Baca juga: Sony Luncurkan Inzone Buds Dan Inzone H5 Ke Indonesia

Sekilas Tentang Playstation

Sony PlayStation adalah jajaran konsol permainan video yang dikembangkan dan diproduksi oleh Sony Interactive Entertainment, divisi hiburan interaktif dari perusahaan teknologi Sony Corporation. PlayStation pertama kali diluncurkan pada tahun 1994 dan sejak itu menjadi salah satu merek konsol paling sukses di dunia.

Setiap versi PlayStation telah menampilkan peningkatan teknologi, grafik yang lebih baik, kontrol yang lebih canggih, dan banyak fitur tambahan lainnya. PlayStation telah menjadi pusat berbagai jenis permainan, termasuk permainan eksklusif hanya untuk platform PlayStation.

Sejarah PlayStation mencakup banyak model berbeda, dimulai dengan PlayStation asli, PlayStation 2 (PS2), PlayStation 3 (PS3), PlayStation 4 (PS4), hingga PlayStation 5 (PS5) terbaru.

PS5 yang dirilis pada tahun 2020 menghadirkan pengalaman bermain game terkini dengan teknologi canggih seperti SSD (Solid-State Drive) yang mempercepat waktu muat, grafis 4K, pengontrol DualSense yang ditingkatkan, dan dukungan realitas virtual.

Selain fungsi utama. konsol, Sony PlayStation juga menawarkan layanan online seperti PlayStation Network (PSN), yang memungkinkan pemain bermain game online, berinteraksi dengan teman, membeli konten digital, dan berlangganan layanan berlangganan seperti PlayStation Plus, yang menyediakan akses ke game bulanan gratis dan layanan lainnya.

Secara keseluruhan, PlayStation telah menjadi salah satu merek terkemuka di industri video game, memperkenalkan teknologi mutakhir dan memberikan pengalaman bermain game yang mendalam kepada jutaan gamer di seluruh dunia.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) akan menjadi konsol Sony yang akan dipasarkan dengan pengumuman diharapkan pada akhir tahun 2024. Rumor terbaru tentang...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Spesifikasi PS5 Pro yang bocor menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan, membuat marah Sony. Investigasi telah diluncurkan untuk menemukan pelakunya. Saat ini Sony...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – PlayStation 5 Pro diperkirakan akan segera dirilis. Sejumlah bocoran mengenai konsol terbaru Sony mulai tersebar. Sebagai informasi, PlayStation 4 Pro dirilis tiga...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Setelah Sony meraih kesuksesan di bisnis konsol game PS5, perusahaan asal Jepang tersebut dikabarkan akan meluncurkan penggantinya, PlayStation 6. Ada rumor yang...