Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

PS5 Pro Bakal Rilis Akhir Tahun 2024

PS5 Pro_1a
PS5 Pro. (Sumber: Clutch Points)

Unbox.id – PS5 Pro dikabarkan akan meluncur pada tahun ini, setelah penjualan konsol baru Sony gagal memenuhi ekspektasi perusahaan. Analis mengatakan PS5 Pro akan diluncurkan pada pertengahan akhir tahun 2024. Kedatangan model “Pro” ini sudah dinantikan banyak orang. PS5 sendiri pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2020, saat pasar konsol sedang kekurangan chipset. Alhasil, pasokan chipset konsol baru Sony di pasaran terbatas, sehingga harga PS5 saat ini meroket. Namun pasokan terbatas konsol Sony akhirnya berakhir pada tahun 2023. Seiring pasokan yang berangsur normal, rumor terkait PS5 Pro pun langsung bermunculan. Salah satu rumor pertama muncul ketika para penggemar mencermati hak paten Sony, dan rumor terbaru datang dari laporan dari seseorang di industri video game. CEO Kantan Games Serkan Toto baru-baru ini membagikan kabar mengenai varian baru PS5 yang akan datang. Mengutip laporan CNBC via Gamerant, kemungkinan PS5 Pro bisa meluncur pada akhir tahun 2024. Rumor mengenai konsol Sony ini muncul setelah minggu lalu Sony melaporkan bahwa PS5 telah memasuki akhir siklus hidupnya. Oleh karena itu, wajar jika langkah selanjutnya yang menggantikan konsol Sony ini adalah PS5 Pro. Jika analis ini benar, maka PS5 Pro akan diluncurkan sebelum GTA 6 rilis pada tahun 2025.

Sony Sebut PS5 Telah Memasuki Akhir Siklus Hidupnya

PS5 Pro_2b

PS5 Pro. (Sumber: Eurogamers)

Sebelumnya dikabarkan penjualan PlayStation 5 dalam beberapa tahun terakhir tidak sesuai ekspektasi Sony. Kondisi ini juga akan mendorong perusahaan untuk terus menyesuaikan kembali target penjualannya.

Dengan kondisi penjualan saat ini, Sony tak segan-segan mengonfirmasi bahwa PS5 telah memasuki tahap akhir siklus hidupnya. Berdasarkan laporan Bloomberg, hal tersebut diungkapkan oleh Executive Vice President Sony Naomi Matsuoka.

Mengutip informasi dari IGN, Sony kini meyakini penjualan PS5 akan mulai menurun pada tahun fiskal berikutnya, dimulai pada April 2024 dan berakhir pada tahun Maret 2025. “Ke depannya, PS5 akan memasuki fase akhir siklus hidupnya,” kata Naomi. Jadi, menurut Naomi, Sony akan lebih memperhatikan keseimbangan keuntungan dan pendapatan.

Sony Pasang Target 25 Juta Unit PS5

Sebelumnya Sony memasang target ambisius untuk menjual 25 juta unit PS5 pada tahun fiskal berikutnya. Namun, perusahaan kemudian merevisinya kembali menjadi 21 juta.

Revisi ini kabarnya dilakukan karena penjualan PS5 pada kuartal liburan tahun 2023 lebih rendah dari perkiraan, padahal promosi telah dilakukan cukup besar.

Benar sekali menyebutkan Sony menjual 8,2 juta unit PS5 pada kuartal III yang berakhir 31 Desember 2023.

Jumlah tersebut naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni 7,1 juta unit, namun jumlah tersebut nampaknya masih belum mencapai target tinggi yang dipatok Sony. Oleh karena itu, perusahaan telah merevisi target konsol PlayStation terbaru pada kuartal mendatang.

Baca juga: Sony Gandeng Seagate Geber Produksi HDD

Sony Bakal Pakai APU AMD untuk PlayStation 6?

PlayStation 6_3c

PlayStation 6. (Sumber: Hardware Zone)

Di sisi lain, konsol game besutan Sony, PlayStation 6 alias PS6 sempat disebut-sebut meski diperkirakan masih butuh waktu bertahun-tahun untuk diluncurkan. Sony belum memberikan penjelasan apapun mengenai konsol game PS5 generasi selanjutnya ini. Namun, sudah ada bocoran di Internet mengenai spesifikasi konsol ini. Mengutip Android Headlines, Sony dikabarkan akan menggunakan AMD untuk APU-nya.

APU sendiri merupakan unit pemrosesan yang dipercepat, yaitu serangkaian 64 mikroprosesor 2-bit dari AMD yang menggabungkan unit pemrosesan pusat (CPU) tujuan umum dan prosesor grafis 3D terintegrasi dalam satu chip.

APU AMD, khususnya seri AMD, akan mampu menghadirkan performa pemrosesan yang sangat baik dan kemampuan grafis yang baik, sehingga perangkat yang dilengkapi dengan APU AMD akan mampu menjalankan berbagai macam game.

Nah, rumor baru menyebutkan bahwa Sony akan mampu menjalankannya. gunakan APU AMD ini di konsol gamenya. Berikutnya adalah PlayStation 6. Ini bukan pertama kalinya Sony menggunakan AMD APU, sebelumnya di PS5 Sony juga menyertakan AMD. Tentunya saat mendesain PS5, Sony membahas sejumlah pemasok chip tertentu, termasuk Nvidia.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Spesifikasi PS5 Pro yang bocor menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan, membuat marah Sony. Investigasi telah diluncurkan untuk menemukan pelakunya. Saat ini Sony...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – PlayStation 5 Pro diperkirakan akan segera dirilis. Sejumlah bocoran mengenai konsol terbaru Sony mulai tersebar. Sebagai informasi, PlayStation 4 Pro dirilis tiga...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Setelah Sony meraih kesuksesan di bisnis konsol game PS5, perusahaan asal Jepang tersebut dikabarkan akan meluncurkan penggantinya, PlayStation 6. Ada rumor yang...

Apps & Games

Unbox.id – Playstation VR 2 akhirnya akan tersedia di PC akhir tahun ini. Saat Sony meluncurkan headset PlayStation VR 2 pada tahun lalu, headset...